SOLOPOS.COM - 12 Desember 1959 Sea Games Pertama Digelar (wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO – SEA Games adalah ajang olahraga yang diadakan setiap dua tahun dan melibatkan 11 negara Asia Tenggara. Pesta pertama olahraga Asia Tenggara yang hanya berlangsung selama 6 hari (12 sampai 17 Desember 1959).

12 Desember adalah hari ke-346 (ke-347 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian dengan 19 hari menjelang akhir tahun.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

Peristiwa tersebut adalah salah satu peristiwa bersejarah pada 12 Desember. Selain itu, masih ada peristiwa bersejarah lainnya yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 12 Desember, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com, Okezone.com, dan Wikipedia.org.

1915

Francis Albert Sinatra yang kemudian dikenal dengan nama panggung Frank Sinatra lahir di Hoboken, New Jersey, Amerika Serikat (AS). Ia kemudian dikenal luas sebagai penyanyi beraliran jaz dan swing ternama. Tak hanya itu, Frank juga seorang aktor yang pernah meraih penghargaan Academy Award atau lebih dikenal dengan nama Piala Oscar itu.

Penyanyi Frank Sinatra (wikipedia.org)

1941

Dalam satu hari, beberapa negara mendeklarasikan perang terhadap beberapa negara lain dan membuat mereka terlibat dalam Perang Dunia II. Inggris mendeklarasikan perang terhadap Bulgaria, sedangkan Hungaria dan Rumania mendeklarasikan perang terhadap Amerika Serikat (AS), serta India menyatakan perang terhadap Jepang.

1946

Eyang Subur, atau secara resmi ditulis Eyang saja, lahir di Jombang, 12 Desember 1946 adalah seorang pengusaha, kolektor kristal, sekaligus penasihat spiritual. Kemudian terkenal akibat pernyataan Adi Bing Slamet dan pelaporan ke MUI atas tindakan perdukunan dan penyebaran ajaran sesat. Namun hal ini dibantah oleh Eyang Subur dan pengacaranya.

1950

Penyelenggaraan transmigrasi pertama kali dilaksanakan pada 12 Desember. Inilah yang kemudian diresmikan menjadi Hari Transmigrasi yang diperingati setiap tahun. Diawali pada 1950, pemerintah memberangkatkan 25 kepala keluarga atau 98 jiwa. Lokasi awal transmigrasi kala itu yakni Lampung dan Lubuk Linggau.

1959

SEA (Southeast Asian) Games atau yang saat itu bernama Southeast Asian Peninsula Games disingkat SEAP Games, pertama kali diadakan di Bangkok pada 12 Desember 1959.
Pesta pertama olahraga Asia Tenggara yang hanya berlangsung selama 6 hari (12 sampai 17 Desember 1959) tersebut diikuti oleh lebih dari 527 atlet dan panitia dari Thailand, Burma, Malaysia, Singapura, Vietnam dan Laos yang berlaga dalam 12 cabang olahraga.

1962

Pertempuran antara pasukan Inggris dan Tentara Nasional Kalimantaran Utara meletus di Limbang, Sarawak yang kini menjadi wilayah Malaysia. Pertempuran itu hanya berlangsung selama sehari dan berakhir dengan kemenangan Inggris. Atas kemenangan itu, Inggris berhasil membebaskan beberapa tentaranya yang ditawan Tentara Nasional Kalimantan Utara.

1963

Kenya mendeklarasikan kemerdekaannya dari Inggris yang telah berkuasa di negara tersebut sejak 1888. Tepat setahun kemudian, Kenya secara resmi menjadi negara republik dan Jomo Kenyatta menjadi presiden pertamanya.

1991

Candi Borobudur, Candi Prambanan, Taman Nasional Komodo, dan Taman Nasional Ujung Kulon pada 12 Desember secara resmi terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Hal itu diputuskan pada Sidang Konferensi Warisan Dunia yang ke-15 di Carthage, Tunisia.

Candi Borobudur (wikipedia.org)

1992

Tsunami melanda Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Wilayah yang terkena dampak paling parah dari tsunami itu adalah Kota Maumere. Sedikitnya 2.500 orang tewas dalam bencana tersebut.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya