SOLOPOS.COM - Presiden AS Roosevelt Meninggal pada 12 April 1945 (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 12 April 1945, presiden ke-32 Amerika Serikat (AS) Franklin D. Roosevelt meninggal dunia karena mengalami pendarahan pada otak besar. Ia meninggal saat masih menjabat sebagai presiden AS. Ia kemudian digantikan wakilnya, Harry S. Trauman.

Meninggalnya Presiden Amerika Serikat Roosevelt karena pendarahan otak besar merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 12 April.

Promosi Kisah Agen Mitra UMi di Karawang: Penghasilan Bertambah dan Bantu Ekonomi Warga

Selain wafatnya Presiden Amerika Serikat Roosevelt, masih banyak peristiwa bersejarah pada 12 April yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 12 April, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1204

Ekspedisi Mudik 2024

Tentara Salib berhasil menembus tembok pertahanan Kota Konstantinopel—kini Istanbul di Turki—dan melakukan serangan. Sehari kemudian, Tentara Salib berhasil merebut kota tersebut dari Kekaisaran Romawi Timur.

Kru kapal USS Wissahickon dari pihak Union dalam Perang Saudara Amerika Serikat. (Wikipedia.org)
Kru kapal USS Wissahickon dari pihak Union dalam Perang Saudara Amerika Serikat. (Wikipedia.org)

1861

Perang Saudara Amerika Serikat (AS) antara Union Amerika dan Konfederasi Amerika meletus pada 12 April. Adapun pemicu perang tersebut adalah perbedaan pendapat antara negara bagian AS di utara, yang kemudian disebut Union yang menentang perbudakan dan negara bagian AS bagian selatan yang kemudian disebut Konfederasi—yang masih tetap ingin mempertahankan perbudakan. Bahkan perang tersebut berlangsung hingga 9 April 1865 dan berakhir dengan kemenangan Union.

1877

Pasukan Inggris berhasil menguasai Transvaal atau kini lebih dikenal dengan nama Afrika Selatan (Afsel). Pemerintah Inggris kemudian mengontrol negara tersebut hingga 1881.

1912

Sri Sultan Hamengkubuwana IX atau Gusti Raden Mas Dorodjatun, lahir di Ngayogyakarta Hadiningrat, 12 April 1912 adalah raja Kesultanan Yogyakarta, wakil Presiden Indonesia kedua, dan pelopor Gerakan Pramuka Indonesia.

1917

Setelah bertempur selama berhari-hari, pasukan Kanada berhasil mengalahkan Pasukan Jerman dalam Pertempuran Bukit Vimy. Pasukan Kanada juga berhasil merebut Bukit Vimy dari cengkeraman Jerman. Kini, Bukit Vimy menjadi wilayah kekuasaan Prancis.

Chiang Kai-shek. (Wikipedia.org)
Chiang Kai-shek. (Wikipedia.org)

1927

Pemimpin Partai Nasionalis Tiongkok, Chiang Kai-shek, memberikan perintah kepada pasukan militernya beserta Tentara Revolusioner Tiongkok untuk melakukan pembantaian terhadap anggota Partai Komunis Tiongkok di Shanghai pada 12 April.

Pembantaian tersebut diperkirakan menelan korban jiwa mencapai 5.000 orang dari pihak Partai Komunis Tiongkok. Peristiwa itu kemudian memicu meletusnya Perang Saudara Tiongkok.

1945

Presiden ke-32 Amerika Serikat (AS) Franklin D. Roosevelt meninggal dunia karena mengalami pendarahan pada otak besar pada 12 April. Ia meninggal saat masih menjabat sebagai presiden AS. Ia kemudian digantikan wakilnya, Harry S. Trauman.

Roosevelt satu-satunya Presiden Amerika Serikat yang terpilih empat kali dalam masa jabatan dari tahun 1933 hingga 1945. Salah satu pencapaiannya adalah membantu Amerika Serikat memulihkan diri dari masa "Depresi Hebat".

1946

Suriah terbebas dari pendudukan Prancis setelah pasukan Prancis mulai menarik diri dari negara terseut. Evakuasi pasukan Prancis dari Suriah berakhir pada 17 April 1946.

1961

Kosmonaut asal Uni Soviet berhasil terbang ke luar angkasa menggunakan wahana luiar angkasa Vostok-1 yang diluncurkan dari Kosmodrom Baykonur, Kazakhstan. Keberhasilan itu menjadikan Yuri sebagai manusia pertama yang berhasil mencapai luar angkasa.

Jefri Al Buchori atau Uje
Jefri Al Buchori atau biasa disapa Uje (Kapanlagi.com)

1973

H. Muhammad Jefri Al Buchori atau lebih dikenal sebagai Ustadz Uje lahir di Jakarta, 12 April 1973 – meninggal di Jakarta, 26 April 2013 pada usia 40 tahun. Jefri Al Buchori adalah seorang pendakwah (ustaz), penyanyi, dan aktor.

1994

Oh Se-hun dilahirkan di Seoul, Korea Selatan. Kini, namanya dikenal luas sebagai anggota dari boyband ternama asal Korsel, EXO. Selain itu, Se-hun juga beberapa kali membintangi serial televisi.

1994



Sebuah bom meledak di bus yang dipenuhi penumpang di Israel pada 12 April. Serangan bom itu mengakibatkan enam orang tewas dan 25 lainnya mengalami luka-luka. Kelompok Hamas menyatakan diri sebagai pihak yang bertanggung jawab atas serangan bom tersebut.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Rekor! Penumpang KRL Jogja-Solo Hampir 40.000 Orang Sehari saat Libur Lebaran

Rekor! Penumpang KRL Jogja-Solo Hampir 40.000 Orang Sehari saat Libur Lebaran
author
Rohmah Ermawati Selasa, 16 April 2024 - 17:44 WIB
share
SOLOPOS.COM - Narasumber berbincang dalam Webinar Sapa BUMN bertajuk Lebaran, Saatnya Liburan yang digelar Solopos Media Group dan disiarkan di Youtube Espos Live, Selasa (16/4/2024). (Tangkapan layar)

Solopos.com, SOLO–Momen libur Lebaran membuat penumpang commuter line atau kereta rel listrik (KRL) Jogja-Solo hampir menyentuh 40.000 orang dalam sehari. Meski terjadi lonjakan penumpang, masyarakat dinilai adaptif dan tertib untuk mengikuti petunjuk yang ada.

Hal itu diungkapkan Vice President Corporate Secretary PT KCI, Anne Purba, dalam Webinar Sapa BUMN bertajuk Lebaran, saatnya Liburan yang digelar Solopos Media Group dan disiarkan di Youtube Espos Live, Selasa (16/4/2024).

Promosi Kisah Agen Mitra UMi di Karawang: Penghasilan Bertambah dan Bantu Ekonomi Warga

Webinar yang dipandu host Pemimpin Redaksi (Pemred) Solopos, Rini Yustiningsih, itu menghadirkan narasumber Anne Purba, Manager Humas PT KAI Daops 6 Yogyakarta Krisbiyantoro, General Manager Solo Safari Shinta Adithya, serta Direktur Utama The Lawu Group Parmin Sastro Wijono.

Anne menyebut pada 13 April 2024 menjadi puncak kepadatan KRL Jogja-Solo dengan jumlah pengguna mencapai 38.696 orang sementara hari sebelumnya tercatat hanya 27.321 orang. Selanjutnya, pada 14 April 2024, tercatat ada 37.744 penumpang.

Koran Solopos

Kenaikan penumpang juga terjadi dari stasiun keberangkatan Kutoarjo, yang biasanya hanya terdapat 2.000 penumpang, bisa naik menjadi 5.000 orang dalam sehari.

“Pertumbuhannya cukup signifikan untuk angkutan liburan, khususnya di libur Lebaran ini. Kami di Jogja-Solo-Kutoarjo rekor lagi. Jadi kami kemarin hampir 40.000 orang dalam sehari, hanya Jogja-Solo. Kemudian Kutoarjo, biasanya kami melayani 2.000 orang ini tembus 5.000 orang. Karena Kutoarjo saat ini bisa menggunakan KRL untuk lanjut ke Solo,” terang Anne.

Peningkatan volume pengguna KRL Jogja-Solo juga terlihat dari tahun ke tahun. Pada 2023, pengguna KRL Jogja-Solo tercatat sebanyak 6.453.099 orang atau naik 44% dari tahun sebelumnya. Dia memaparkan rata-rata pengguna KRL Jogja-Solo pada 2023, saat weekday mencapai 15.321 orang dan saat weekend 22.154 dalam sehari.

Anne menerangkan pada masa angkutan Lebaran mulai 31 Maret 2024 hingga 15 April 2024 tercatat ada 377.247 orang. Dengan volume tertinggi KRL Jogja-Solo sebanyak 38.696 orang sedangkan Prameks sebanyak 5.817 orang pada 13 April 2024.

Efisiensi Waktu dan Biaya

Dengan jumlah perjalanan dalam sehari untuk KRL Jogja-Solo sebanyak 30 perjalanan dan Prameks sebanyak 12 perjalanan.

“Orang yang menginap di Jogja bisa pindah ke Solo dengan efisiensi waktu dan biaya, dengan KRL cukup Rp8.000. Transportasi ini sangat mendukung potensi wisata di Solo khususnya,” kata Anne.

Emagazine Solopos

Dia mengungkapkan kepadatan pengguna KRL Jogja-Solo, juga tampak di Stasiun Palur dan Stasiun Solo Jebres. Sedikitnya ada 3.000 penumpang KRL dalam sehari yang naik di Stasiun Palur pada momen libur Lebaran kali ini.

“Masyarakat makin nyaman naik transportasi publik dan bahkan mengajak keluarga. Enggak pusing parkir dan waktu. Stasiun Solo Jebres dan Stasiun Palur ini jadi daerah penyangga, karena kami lihat banyak orang yang membangun properti di daerah sana,” kata dia.

Di stasiun relasi KRL Jogja-Solo yang terletak di Solo, mulai dari Stasiun Solo Balapan, Stasiun Purwosari, Stasiun Palur, dan Stasiun Solo Jebres mampu menyumbang 11.000 penumpang KRL dalam sehari.

Bahkan menurut Anne, animo masyarakat yang besar juga tampak di Stasiun Delanggu dengan sirkulasi penumpang rata-rata 1.200 orang per hari dan di Stasiun Klaten bisa tembus hingga 4.000 orang per hari.

Dengan adanya mobilitas masyarakat yang besar dan didukung akses transportasi umum yang mudah, menurut Anne, ini bisa memicu potensi wisata dan industri rumah tangga di wilayah sekitar. Misalnya banyak kafe-kafe kecil di dekat stasiun di Klaten.

Anne menyebut berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Klaten, sektor transportasi berkontribusi menjadi penyumbang kinerja pertumbuhan ekonomi terbesar dengan kenaikan hingga 79,27% pada 2022.

Pihaknya berkomitmen untuk mengintegrasikan wilayah agar mampu terkaver dengan transportasi umum. Hal ini bisa dilakukan juga untuk menambah kemudahan orang untuk berwisata, misalnya ke Kota Solo.

Interaktif Solopos

Kenaikan penumpang transportasi umum juga diungkapkan Manager Humas PT KAI Daops 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro. Dia menjelaskan pada mudik Lebaran 2024, jumlah kedatangan dan keberangkatan dari stasiun di wilayah Daops 6 Yogyakarta hampir merata setiap harinya.

Krisbiyantoro menerangkan rata-rata ada 9.360 pelanggan dalam sehari dalam angkutan Lebaran kali ini. Secara kumulatif pihaknya mencatat ada 179.711 pelanggan yang naik turun di stasiun wilayah setempat sepanjang 31 Maret 2024 hingga 16 April 2024.

“Kepadatan di stasiun kami tidak hanya kereta api jarak jauh tapi ada yang unik, ada KA Bandara, commuter line atau KRL, dan Prameks,” ungkap Krisbiyantoro.

Dia menjelaskan wilayah Solo dan Yogykarta yang bisa dinilai sebagai episentrum membuat kepadatan di stasiun setempat mengalami kenaikan. Misalnya pada 11 April 2024, tercatat ada 23.500 pelanggan yang naik dari stasiun Daops 6 Yogyakarta. Jumlah tersebut mengalami kenaikan cukup signifikan, pada hari sebelumnya tercatat ada 15.200 pelanggan.

Kemudahan Transportasi Berimbas ke Wisata

General Manager Solo Safari, Shinta Adithya, mengaku pihaknya menyiapkan sejumlah agenda untuk menggaet wisatawan. Hingga H+6 Lebaran, Shinta menyebut Solo Safari masih menjadi rujukan masyarakat untuk menghabiskan waktu berlibur. Rata-rata pengunjung di Solo Safari mencapai 8.000 orang per harinya.

“Hingga H+6 ini di Solo Safari masih ramai, kami prediksi hingga Minggu. Adanya KRL ini juga berimbas ke pengunjung, dari awal tahun pertama buka. Kemudahan transportasi imbasnya tentu ke tempat wisata,” terang Shinta.

Menurut Shinta, dengan kemudahan transportasi ini membuat orang luar Kota Bengawan bisa datang ke Solo Safari. Shinta menyebut wisatawan dari Klaten juga mendominasi pengunjung di Solo Safari, selain dari daerah lain seperti Soloraya, Yogyakarta, dan Magetan.



Untuk lebih memikat masyarakat, pihaknya rutin menggelar kegiatan bersama anak-anak, dalam waktu dekat Solo Safari menyiapkan sejumlah agenda seperti meet and greet bersama Tayo.

Selain itu, Shinta siap menghadirkan atraksi malam di Solo Safari seperti safari night dalam waktu dekat. Shinta juga menyebut saat ini di Solo Safari juga mempunyai koleksi tiga harimau benggala.

Direktur Utama The Lawu Group, Parmin Sastro Wijono, menjelaskan sektor transportasi menjadi unsur penting pariwisata selain, daya tarik, akomodasi, kuliner, dan lainnya.

Menurutnya, integrasi antara satu destinasi dengan lainnya perlu dikolaborasikan agar semakin memperkuat potensi yang ada. Pihaknya mencatat pada libur Lebaran kali ini, ada 10 April 2024 hingga saat ini, rata-rata pengunjung di destinasi wisata Lawu Group mencapai 13.000 orang per hari.

Selain itu, Parmin mengaku juga menggandeng sejumlah pelaku usaha lokal agar mampu menumbuhkan ekonomi sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Tangkal Serangan Bot, Pengguna Baru X bakal Dikenai Biaya

Tangkal Serangan Bot, Pengguna Baru X bakal Dikenai Biaya
author
Newswire , 
Akhmad Ludiyanto Selasa, 16 April 2024 - 17:18 WIB
share
SOLOPOS.COM - Logo X (Twitter). Freepik

Solopos.com, JAKARTA – Bos X (Twitter) Elon Musk berencana memungut biaya kecil dari pengguna baru X untuk membuat unggahan di media sosial tersebut dalam upaya mengatasi permasalahan yang ditimbulkan oleh bot.

Dalam balasannya kepada pengguna X pada unggahan mengenai perubahan di situs web X, Musk menyampaikan bahwa pengenaan biaya kecil pada akun baru merupakan “satu-satunya cara” untuk mengatasi serangan bot.

Promosi Kisah Agen Mitra UMi di Karawang: Penghasilan Bertambah dan Bantu Ekonomi Warga

“Sayangnya, sedikit biaya untuk akses menulis pengguna baru merupakan satu-satunya cara untuk mengekang serangan tanpa henti dari bot,” katanya melalui akun X @elonmusk.

Ia menilai sistem keamanan seperti Captcha kurang efektif untuk mengatasi serangan gencar bot, karena dapat dilewati dengan mudah menggunakan teknologi kecerdasan buatan yang ada saat ini.

Koran Solopos

Dalam balasannya kepada pengguna X yang lain, Musk menyampaikan bahwa biaya akses menulis unggahan hanya akan dikenakan pada pengguna baru. “Ini hanya untuk para pengguna baru. Mereka akan bisa menulis unggahan secara gratis setelah tiga bulan,” katanya.

Hingga saat ini, Musk maupun X belum menjelaskan detail rencana penerapan kebijakan tersebut, termasuk nominal biaya yang harus dibayar oleh pengguna baru untuk membuat unggahan.

Menurut siaran Tech Crunch pada Selasa (16/4/2024), X bulan Oktober tahun lalu menetapkan biaya USD1 atau sekira Rp16.000 pada pengguna baru yang tidak terverifikasi di Selandia Baru dan Filipina.

Emagazine Solopos

Pengguna baru yang mendaftar gratis di wilayah tersebut dapat melihat unggahan tetapi tidak bisa berinteraksi dengannya. Pengguna baru harus membayar untuk bisa mengunggah konten, menyukai, mengunggah ulang, membalas, dan mengakses fitur lainnya.

X juga berupaya membasmi akun spam sejak awal bulan lalu. Dalam pengumumannya, X menyatakan bahwa tindakan tersebut mungkin akan berdampak pada jumlah pengikut pengguna.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Lebarkan Sayap ke Asia, OpenAI Buka Kantor di Jepang

Lebarkan Sayap ke Asia, OpenAI Buka Kantor di Jepang
author
Newswire , 
Akhmad Ludiyanto Selasa, 16 April 2024 - 16:50 WIB
share
SOLOPOS.COM - OpenAI (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – Perusahaan teknologi pencipta chatbot ChatGPT, OpenAI melebarkan sayap ke Asia dengan membuka kantor perdana mereka di Jepang.

“Ini hanyalah langkah pertama dari apa yang saya harap akan menjadi kemitraan jangka panjang dengan masyarakat Jepang, para pemimpin pemerintahan, dunia usaha, dan lembaga penelitian,” kata CEO OpenAI Sam Altman dalam pesan video yang disampaikan pada konferensi pers di Tokyo sebagaimana dikutip Antara dari Kyodo News pada, Senin (15/4/2024).

Promosi Kisah Agen Mitra UMi di Karawang: Penghasilan Bertambah dan Bantu Ekonomi Warga

Kantor di Tokyo adalah kantor ketiga OpenAI yang berada di luar negeri setelah kantor di Inggris dan Irlandia menurut perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat tersebut.

Untuk pasar Jepang, perusahaan telah mulai menawarkan model chatbot khusus yang dioptimalkan secara khusus untuk bahasa Jepang, yang dapat menerjemahkan dan merangkum teks berbahasa Jepang secara lebih cepat dibandingkan dengan model yang sudah ada.

Koran Solopos

Altman bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Tokyo pada April tahun lalu, dan menyampaikan niatnya untuk mendirikan kantor di Jepang.

Dalam siaran persnya, OpenAI menyampaikan bahwa perusahaan memilih Tokyo sebagai lokasi kantor pertama di Asia karena kepemimpinan globalnya dalam teknologi, budaya pelayanan, dan komunitas yang merangkul inovasi.

Jepang adalah salah satu pasar utama OpenAI dengan lebih dari dua juta orang menggunakan chatbot perusahaan tersebut, kata Chief Operating Officer Brad Lightcap dalam konferensi pers di Tokyo.

Emagazine Solopos

Pemerintah Jepang telah mempercepat upaya untuk memanfaatkan teknologi guna meningkatkan perekonomian sambil berusaha memainkan peran utama dalam pembuatan peraturan.

Sejak dirilis pada November 2022, ChatGPT telah memicu ledakan AI generatif global dengan kemampuannya merespons pertanyaan dengan cara yang mirip manusia berdasarkan data besar yang telah diserap.

Teknologi itu sudah digunakan di beberapa perusahaan besar Jepang seperti raksasa ritel daring Rakuten Group Inc., pembuat AC Daikin Industries Ltd. dan anak perusahaan Toyota Motor Corp. menurut OpenAI.

Interaktif Solopos

OpenAI, yang berkantor pusat di San Francisco, dibangun tahun 2015 antara lain oleh Altman dan CEO Tesla Inc. Elon Musk.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories