Sejarah Hari Ini: 12 Agustus 1099, Muslim Kalah dalam Perang Salib I

Bermacam-macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 12 Agustus. Salah satu peristiwa bersejarah pada 12 Agustus adalah kalahnya pasukan muslim dalam Perang Salib I.

Sejarah Hari Ini: 12 Agustus 1099, Muslim Kalah dalam Perang Salib I

SOLOPOS.COM - Lukisan di The Bridgeman Art Library, Inggris yang menggambarkan Tentara Salib berhasil menguasai Yerusalem di masa Perang Salib I. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pasukan muslim yang terdiri atas Kekhalifahan Fatimiyah, Kesultanan Seljuk, dan Kekhalifahan Abbasiyah kalah dalam Perang Salib I, 12 Agustus 1099. Pasukan muslim dikalahkan pasukan gabungan Kerajaan Prancis, Inggris, Romawi, Tentara Salib, dan pasukan dari negara lain.

Kalahnya pasukan muslim dalam Perang Salib I itu menjadi salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah di dunia yang layak dikenang pada 12 Agustus. Berikut sejumlah peristiwa sejarah dunia pada 12 Agustus yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

1099
Perang Salib I yang berlangsung sejak 1096 berakhir. Dalam perang tersebut, pasukan muslim, yaitu pasukan Kekhalifahan Fatimiyah yang dibantu Kesultanan Seljuk dan Kekhalifahan Abbasiyah, dikalahkan pasukan gabungan Kerajaan Prancis, Inggris, Romawi, Tentara Salib, dan pasukan dari negara lain.

1121
Pasukan Kerajaan Georgia berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Seljuk dalam Pertempuran Didgori di Tbilisi, Georgia. Dalam pertempuran tersebut, Georgia juga berhasil merebut kembali wilayah Tbilisi yang sebelumnya berhasil dikuasai Kesultanan Seljuk.

1914
Inggris mendeklarasikan perang terhadap Austria-Hungaria dalam Perang Dunia I. Negara-negara anggota Kerajaan Inggris Raya lantas mengikutinya.

1914
Pertempuran antara pasukan Jerman dan pasukan Belgia meletus di Halen, Limburg, Belgia. Dalam pertempuran yang disebut dengan Perempuran Halen itu, pasukan Belgia berhasil mengalahkan pasukan Jerman yang berusaha menguasai Belgia.


Monumen Pembantaian Sant’anna. (Wikimedia.org)
1944
Pasukan Jerman membantai sekitar 560 orang di Sant’anna, Stazzema, Italia. Semua orang yang dibantai adalah warga sipil yang 130 di antara mereka adalah anak-anak. Peristiwa tragis itu lantas dikenang dengan nama Pembantaian Sant’anna.

1944
Pembantaian panjang yang dilakukan pasukan Jerman di Wola, Warsawa, Polandia berakhir. Pembantaian yang berlangsung selama sepekan itu menewaskan 40.000 hingga 50.000 orang.

1944
Pasukan Prancis pimpinan Philippe Leclerc de Hauteclocque berhasil merebut Kota Alencon dari cengkeraman Jerman. Alencon menjadi kota pertama di Prancis yang berhasil lepas dari cengkeraman Jerman.

1950
Setelah berhasil menyerang wilayah Masan, Korea Selatan (Korsel), pasukan Korea Utara (Korut) membantai 75 tentara Amerika Serikat (AS) yang tertangkap. Peristiwa itu dikenang dengan sebutan Pembantaian Jurang Berdarah.

1976
Tentara Front Lebanon membantai sekitar 1.000 hingga 3.500 pengungsi Palestina di Tel Al-Zaatar, Lebanon. Kini, peristiwa tersebut dikenang dengan sebutan Pembantaian Tel Al-Zaatar. Pembantaian Tel Al-Zaatar adalah salah satu peristiwa paling berdarah semasa Perang Saudara Lebanon.


Fosil Tyrannosaurus Rex bernama Sue. (Reuters)
1990
Fosil Tyrannosaurus Rex terlengkap dan terbesar ditemukan di Dakota Selatan, Amerika Serikat (AS). Fosil tersebut lantas diberi nama Sue. Fosil tersebut diperkirakan berusia 65 juta tahun hingga 67 juta tahun.

Berita Terkait

Berita Terkini

Tersangka Ilham Siregar Meninggal karena Sakit, Bagaimana Kelanjutan Kasus Korupsi ASABRI?

Tersangka kasus dugaan korupsi PT ASABRI Ilham W Siregar meninggal dunia setelah dirawat di rumah sakit.

Geger! Teror Bra Gelantungan Bikin Heboh Warga Rembang

Teror bra bergelantungan di sejumlah lokasi menggegerkan warga di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Kempis-Kempis, 8.000 Karyawan Lion Air Dirumahkan

Sekitar 8.000 karyawan maskapai penerbangan Lion Air bakal dirumahkan agar perusahaan mampu bertahan menghadapi pandemi.

Kuliner Solo, Memanjakan Selera Harus Tahu Batas

Laman Kementerian Komunikasi dan Informatika menggolongkan informasi bahwa satai brutu menyebabkan mudah lupa atau mudah pikun sebagai disinformasi.

Kebakaran Kandang di Grobogan: 13.000 Ekor Ayam Hangus, Rugi hingga Rp1,2 Miliar

Kebakaran terjadi di kandang berisi 13.000 ekor ayam di Grobogan, Jawa Tengah, yang menimbulkan kerugian mencapai Rp1,2 miliar.

Kasus Kematian Covid-19 di Jateng Tinggi, 90% dari Pasien Usia 40 Tahun ke Atas

Kasus kematian atau crisis fatality rate (CFR) akibat Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) masih terbilang tinggi.

Kisah Tragis 2 Wanita Kembar Dijuluki PSK Tertua di Dunia

Kisah tragis kali ini tentang wanita kembar yang dijuluki sebagai PSK tertua di dunia.

Pembangunan Fisik Capai 95%, Bendungan Bendo Ponorogo Mulai Diisi Air

Bendungan Bendo yang berada di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, mulai diisi air awal atau impounding, Sabtu (31/7/2021)

Terlibat Kejar-kejaran dengan Orang Tak Dikenal, Remaja Meninggal Seusai Tabrak Pohon di Jogja

Seorang remaja meninggal setelah menabrak pohon perindang di Jalan AM. Sangaji, Jetis, Kota Jogja, Sabtu (31/7/2021) dini hari.

Jurus Cegah Jakarta Tenggelam, Mampukah Bertahan?

Wagub DKI Jakarta menegaskan wilayahnya tidak akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan karena sederet jurus pencegahan yang dilakukan.

Warga Karangudi Jadi Korban ke-19 yang Meninggal Tersetrum Jebakan Tikus di Sragen

Warga Desa Karangudi, menjadi korban meninggal tersetrum jebakan tikus berlistrik ke-19 dalam kurun waktu dua tahun terakhir di Sragen.

BSI Muda Galakkan Sedekah 3 In 1, Sekali Bantu Untuk UMKM, Isoman, dan Ojol

Bank Syariah Indonesia (BSI) membagikan 200 paket isoman untuk masyarakat yang membutuhkan di kawasan Tanah Abang Jakarta.