Gambaran istana kenegaraan Kesultanan Banjar di Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan pada 1843. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pemerintahan Hindia-Belanda di Banjarmasin mengumumkan penghapusan kerajaan di seluruh wilayah Kalimantan, 11 Juni, 1860. Gubernur F.N. Nieuwenhuijzen yang memiliki kuasa di Kalimantan juga mencabut dukungan kepada Tamjidullah II sebagai Sultan Banjar.

Hal itu adalah satu dari sekian banyak peristiwa penting dan bersejarah di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada hari ke-162—hari ke 163 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregorian, 11 Juni. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 11 Juni:

631
Kaisar Tiongkok, Taizong, dari Dinasti Tang mengirim utusan ke Xueyantuo membawa emas dan sutra demi membebaskan tahanan yang diperbudak setelah ditangkap pada masa transisi dari Dinasti Sui ke Dinasti Tang. Dengan langkahnya itu, Kaisar Taizong berhasil membebaskan 80.000 tahanan pria dan wanita.

1860
Pemerintahan Hindia-Belanda di Banjarmasin mengumumkan penghapusan kerajaan di seluruh wilayah Kalimantan, termasuk pemerintahan Kesultanan Banjar. Gubernur F.N. Nieuwenhuijzen yang memiliki kuasa di Kalimantan juga mencabut dukungan kepada Tamjidullah II sebagai Sultan Banjar.

Joseph Stalin. (Onthisday.com)
1937
Pemimpin Uni Soviet Joseph Stalin memerintahkan pembunuhan terhadap delapan petinggi militernya. Hal itu dilakukan demi membersihkan lawan politik yang berpotensi menggulingkan Stalin dari jabatannya sebagai pemimpin Uni Soviet.

1938
Pertempuran Wuhan yang melibatkan Tentara Revolusioner Tiongkok dan pasukan Kekaisaran Jepang meletus di Wuhan, Tiongkok. Salah satu pertempuran yang terjadi pada masa Perang Tiongkok-Jepang II itu berhsail dimenangi Jepang. Tentara Jepang berhasil mencaplok wilayah Wuhan dari tangan Tiongkok.

1942
Amerika Serikat (AS) menyatakan bersedia untuk mengirimkan bantuan ke Uni Soviet demi mengalahkan Blok Poros pada Perang Dunia II. Bantuan tersebut meliputi kapal perang, pesawat tempur, dan senjata lainnya.

Raden Mas Suryaguritna atau Sri Susuhunan Pakubuwono XII. (Wikimedia.org)
1945
Raden Mas Suryaguritna dinobatkan sebagai raja di Kasunanan Surakarta menggantikan raja sebelumnya Raden Mas Antasena atau Sri Susuhunan Pakubuwono XI yang meninggal dunia. Raden Mas Suryaguritna lantas menyandang nama Sri Susuhunan Pakubuwono XII. Pakubuwono XII memimpin Kasunanan Surakarta hingga akhir hayatnya pada 11 Juni 2004 silam.

1964
Komisi bersama Indonesia-Belanda terbentuk untuk menyelesaikan sengketa Irian Barat sesuai dengan ketentuan dalam Perjanjian New York yang ditandatangani pada 1962. Perjanjian tersebut berisi tentang pemindahan kekuasaan atas Papua barat dari Belanda ke Indonesia.

1998
Program Pangan Dunia PBB menyatakan bahwa kelaparan ekstrem telah terjadi di Sudan. Sekitar 1 juta orang di Sudan diperkirakan meninggal dunia karena kekurangan makanan.

2003
Fosil manusia yang diklaim sebagai yang tertua di dunia ditemukan di wilayah Afar di Etopia. Fosil tersebut diperkirakan berusia 160.000 tahun.

2011
Serangan bom melanda sebuah pasar di Peshawar, Pakistan. Sedkitinya 90 orang terluka dan 34 orang tewas karena ledakan bom tersebut. Pihak berwenang setempat menyatakan serangan tersebut dilakukan kelompok Taliban. Namun perwakilan organisasi Taliban yang berada di Pakistan membantah tuduhan tersebut.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten