SOLOPOS.COM - Peluncuran Apollo 13 pada 11 April 1970 (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Apollo 13 diluncurkan pada 11 April 1970, merupakan misi berawak ketujuh dalam Program Apollo NASA, sekaligus misi ketiga yang ditargetkan mendarat di Bulan. Misi ini diluncurkan dari Pusat Luar Angkasa Kennedy.

Peluncuran Apollo 13 dari Pusat Luar Angkasa Kennedy itu menjadi salah satu peristiwa bersejarah pada 11 April.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain peluncuran Apollo 13, masih banyak peristiwa bersejarah pada 11 April yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 11 April, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

Pertempuran Mohi antara Mongol dan Hungaria. (Wikipedia.org)
Pertempuran Mohi antara Mongol dan Hungaria. (Wikipedia.org)

1241

Pasukan Kerajaan Mongol pimpinan Batu Khan berhasil mengalahkan pasukan Hungaria dalam Pertempuran Mohi pada 11 April. Bahkan kemenangan pasukan Mongol itu sekaligus membuat Batu Khan berhasil merebut Hungaria dari Bela IV. Adapun pertempuran Mohi berlangsung di dekat Sungai Sajo di Hungaria.

1544

Pasukan Prancis mengalahkan pasukan Kekaisaran Romawi Suci yang dibantu pasukan Spanyol di dekat Ceresole d'Alba, sebelah tenggara Turin yang kini menjadi wilayah Italia. Kemudian di salah satu pertempuran dalam Perang Italia itu, pasukan Prancis mampu menumpas sekitar 5.000 tentara hingga 6.000 tentara. Bahkan menangkap sedikitnya 3.150 prajurit dari pihak Kekaisaran Romawi Suci dan Spanyol.

1779

Messier 60 juga dikenal sebagai NGC 4649, adalah sebuah galaksi eliptis yang berjarak sekitar 55 juta tahun cahaya di rasi bintang Virgo. Adapun Messier 60 ditemukan oleh Johann Gottfried Koehler pada tanggal 11 April 1779

Napoleon Bonaparte napoleon bonaparte diasingkan
Lukisan terkenal karya Jacques-Louis David bertajuk Napoleon Melintasi Alpen. (Wikimedia.org)

1814

Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte menandatangani Perjanjian Fontainebleau dengan perwakilan dari Austria, Prusia, dan Rusia. Kemudian dengan perjanjian tersebut secara resmi mengakhiri Perang Koalisi Keenam setelah Prancis mengalami kekalahan. Sehingga setelah perjanjian tersebut ditandatangani, Napoleon Bonaparte turun dari takhtanya dan diasingkan ke Pulau Elba.

1919

International Labour Organisation (ILO) atau Organisasi Buruh Internasional didirikan pada 11 April. Untuk diketahui, ILO adalah sebuah wadah yang menampung isu buruh internasional di bawah Liga Bangsa-Bangsa (LBB). Kemudian organisasi ini menjadi bagian Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) setelah pembubaran LBB pada akhir Perang Dunia II.

1944

I Gusti Ngurah Putu Wijaya lahir di Puri Anom Tabanan, Tabanan, Bali, 11 April 1944, adalah seorang sastrawan yang dikenal serba bisa. Ia adalah seorang pelukis, penulis drama, cerpen, esai, novel, skenario film, dan sinetron.

1945

Pasukan Amerika Serikat (AS) berhasil merebut penampungan dan membebaskan tahanan di Buchenwald, Jerman dari tangan pasukan Jerman. Para tahanan penampungan itu kemudian dibebaskan tentara AS. Penampungan di Buchenwald sebelumnya digunakan pihak militer Jerman untuk menampung kaum Yahudi selama Perang Dunia II.

1970

Apollo 13 diluncurkan pada 11 April 1970, merupakan misi berawak ketujuh dalam Program Apollo NASA, sekaligus misi ketiga yang ditargetkan mendarat di Bulan. Misi ini diluncurkan dari Pusat Luar Angkasa Kennedy.

Dua hari kemudian, tangki oksigen cair pada modul layanan (SM) mengalami kegagalan yang berakibat pada dibatalkannya misi pendaratan. Awak misi kemudian hanya terbang melintasi Bulan dan kembali ke Bumi dengan selamat pada 17 April 1970.

1979

Presiden Uganda Idi Amin digulingkan dari jabatannya oleh militer Uganda yang dibantu pihak Tanzania. Idi Amin kemudian mengungsi ke Libya untuk meminta suaka ke Jeddah, Arab Saudi. Idi Amin menjabat sebagai presiden di Uganda sejak 1971.

1982

Inggris menempatkan kapal perangnya di perairan dekat Kepulauan Falkland, dekat Argentina pada 11 April. Hal itu dilakukan Inggris karena Argentina telah menyatakan akan merebut Kepulauan Falklan dari Inggris.

1991

Thiago Alcantara do Nascimento dilahirkan di San Pietro Vernotico, Italia. Kini, namanya dikenal sebagai pemain sepak bola yang membela salah satu klub raksasa di Eropa, Bayern Munchen, sejak 2013 lalu. Meski lahir di Italia, Thiago merupakan pemain sepak bola berkewarganegaraan Spanyol.

Mahmoud Ahmadinejad. (Reuters)
Mahmoud Ahmadinejad. (Reuters)

2006

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengumumkan klaim bahwa negaranya telah berhasil mengembangkan uranium pada 11 April. Seperti diketahui, uranium merupakan unsur kimia yang kerap dimanfaatkan dalam pembuatan bom nuklir.



2012

Gempa bumi berkekuatan 8,6 skala Richter mengguncang perairan sebelah barat Pulau Sumatra. Gempa bum itu juga terasa hingga sebagian wilayah Bangladesh, India, Malaysia, Singapura, Thailand, hingga Sri Lanka. Beberapa saat setalah gempa terjadi, tsunami terjadi di beberapa pulau. Gempa bumi itu menewaskan lima orang dan melukai tujuh orang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya