Panser Jerman yang ikut serta dalam Pertempuran Prancis. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pertempuran yang melibatkan Jerman dan Italia dalam melawan pasukan Prancis dan sekutunya dimulai, 10 Mei 1940. Pertempuran yang disebut Pertempuran Prancis itu berlangsung lebih dari sebulan dengan kemenangan Jerman dan Italia.

Pertempuran Prancis merupakan salah satu dari sekian peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 10 Mei. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 10 Mei:

70
Pasukan Kekaisaran Romawi di bawah pimpinan Pangeran Titus, putra Kaisar Vespasian, melancarkan serangan besar-besaran ke Yerusalem. Serangan tersebut dilakukan pasukan Kekaisaran Romawi demi merebut Yerusalem dari tangan orang-orang Yahudi.

1655
Pasukan Inggris pimpinan Laksamana William Penn dan Jenderal Robert Venables berhasil merebut Jamaika dari cengkeraman Spanyol. Sebelumnya, Jamaika diklaim sebagai wilayah kekuasaan Spanyol melalui Christopher Colombus.

1773
Parlemen Inggris mengesahkan Undang-Undang Teh. Undang-undang tersebut dibuat demi menyelamatkan perekonomian Inggris dari monopoli perdagangan teh yang dilakukan negara-negara di Amerika Utara.

1926
Para buruh di Inggris melakukan aksi mogok kerja besar-besaran sehingga membuat perindustrian terhenti. Pihak pemerintah Inggris menuding pihak Uni Soviet sebagai dalang di balik aksi mogok tersebut.

1933
Pembakaran buku di Jerman yang bertentangan dengan pemerintahan Nazi Jerman dimulai. Peristiwa itu adalah awal mula tindakan fasisme dari pemerintahan Nazi Jerman di Eropa.

Winston Curchill. (Medium.com)
1940
Winston Curchill menjadi pemimpin pemerintahan koalisi setelah Perdana Menteri Inggris Neville Chamberlain mengundurkan diri. Chamberlain mengundurkan diri setelah Jerman menyerang Belanda, Belgia dan Luksemburg melalui udara dan darat. Sehari kemudian, Winston Chircill juga menggantikan Chamberlain sebagai Perdana Menteri Inggris.

1940
Pertempuran yang melibatkan Jerman dan Italia yang melawan pasukan Prancis dan sekutunya dimulai. Pertempuran yang disebut Pertempuran Prancis itu berlangsung lebih dari sebulan dengan kemenangan Jerman dan Italia.

1941
Wakil pemimpin Jerman Adolf Hitler, Rudolf Hess, terjun ke Skotlandia dengan alasan membawa misi perdamaian. Ia lantas ditangkap oleh militer Inggris dan ditahan hinggan Perang Dunia II berakhir pada 1945. Setelah itu, Hess dijatuhi hukuman penjara seumur hidup atas tuduhan kejahatan perang dan meninggal pada 1987.

1964
Perhimpunan Kanker Amerika menyatakan bahwa merokok dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Penelitian yang dilakukan Perhimpunan Kanker Amerika menunjukkan bahwa pembekuan darah lebih cepat terjadi setelah merokok.

Dennis Bergkamp. (Premierleague.com)
1969
Dennis Bergkamp lahir di Amsterdam, Belanda. Ia kemudian dikenal sebagai pemain sepak bola ternama yang aktif hingga 2006. Bergkamp adalah tokoh yang dipuja bagi penggemar klub sepak bola asal Inggris, Arsenal, karena dedikasinya terhadap klub tersebut. Bergkamp membela Arsenal sejak 1995 hingga akhir kariernya pada 2006.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten