SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Untuk kali pertama, pemerintah Israel mengadakan peringatan Holocaust atau Holokaus di Tel Aviv, Israel yang didedikasikan untuk kaum gay dan lesbian pada 10 Januari 2014. Holocaust merupakan pembunuhan besar-besaran terhadap sekitar enam juta penganut Yahudi di Eropa semasa Perang Dunia II.

Pembantaian Yahudi di Eropa itu didukung Jerman yang kala itu dipimpin Adolf Hitler. Peringatan Holocaust itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi pada 7 Januari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

1806
Orang-orang Belanda yang tinggal di Cape Town, Afrika Selatan (Afsel) menyerah kepada pasukan Inggris yang tiba di wilayah tersebut. Dengan menyerahnya para pemukim Belanda itu, Inggris lantas menguasai wilayah Cape Town.

Lukisan yang menggambarkan sosok Josephine de Beauharnias, istri pertama Napoleon Bonaparte. (Wikimedia.org)
1810
Pemimpin Prancis, Napoleon Bonaparte, bercerai dengan istri pertamanya, Josephine de Beauharnias. Perceraian itu dipicu perselingkuhan Napoleon dengan gadis Polandia bernama Maria Walewska.

1863
Bagian pertama jalur kereta bawah tanah di London, Inggris yang disebut London Underground Railway dibuka. Jalur kereta bawah tanah pertama di London itu menghubungkan kawasan Paddington ke Farringdon Street.

1916
Pasukan Rusia mulai menyerang wilayah Erzurum, Kesultanan Ottoman. Serangan Rusia itu memecah pertempuran dengan Kesultanan Ottoman selama lebih dari sebulan dan berakhir dengan kemenangan Rusia.

1920
Pertemuan pertama negara-negara anggota Liga Bangsa-Bangsa (LBB) digelar demi meratifikasi Perjanjian Versailles. Perjanjian yang diratifikasi itu berisi tentang kesepakatan antara Blok Sekutu dan Blok Sentral untuk mengakhiri Perang Dunia I.

1923
Pasukan Lithuania mulai menyerang wilayah Memel atau Klaipeda demi menguasainya. Lithuania kemudian berhasil menguasai wilayah yang sebelumnya dikuasai Jerman tersebut. Hingga kini, Klaipeda masih menjadi wilayah kekuasaan Lithuania.

1941
Pasukan Yunani berhasil mengalahkan pasukan Italia di Kelcyre Gorge, Albania setelah bertempur selama lima hari. Sehari kemudian, pasukan Italia angkat kaki dari Kelcyre Gorge sehingga wilayah tersebut dikuasai pasukan Yunani.

1946
Sidang umum pertama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) diselenggarakan di Methodist Central Hall di London, Inggris. Sidang umum pertama itu dihadiri perwakilan dari 51 negara.

David Robert Jones alias David Bowie. (Reuters)
2016
David Robert Jones atau yang lebih kondang dengan nama David Bowie meninggal dunia di New York, Amerika Serikat (AS) setelah berjuang melawan kanker yang menjangkitnya. Semasa hidupnya, David Bowie dikenal luas sebagai penyanyi, penulis lagu, sekaligus produser rekaman dari Inggris yang telah berkarya selama lebih dari empat dekade.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya