Tutup Iklan

Sejarah Hari Ini: 10 Agsustus 1511, Portugal Serang Malaka

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Pada 10 Agustus 1511, pasukan Portugal pimpinan Alfonso de Albuquerque menyerang wilayah Kesultanan Malaka. Serangan itu awal dari runtuhnya Kesultanan Makala.

Serangan Portugal ke wilayah Kesultanan Malaka merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 10 Agustus yang layak dikenang. Selain itu, masih banyak hal bersejarah lain pada 10 Agustus yang layak dikenang. Berikut Solopos.com merangkumnya dalam Sejarah Hari Ini, 10 Agustus, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

1511
Pasukan Portugal pimpinan Alfonso de Albuquerque menyerang wilayah Kesultanan Malaka. Serangan itu sekaligus menjadi awal runtuhnya Kesultanan Malaka yang berdiri sejak 1400. Sultan Malaka Mahmud Syah lantas melarikan diri ke Pulau Bintan setelah kesultanan yang ia pimpin jatuh ke tangan Portugal.

1913
Kerajaan Bulgaria, Rumania, Serbia, Montenegro, dan Yunani menandatangani Traktat Bukares di Bukares, Rumania demi mengakhiri Perang Balkan II. Sebelumnya, Kerajaan Bulgaria telah menyerah kepada Kesultanan Ottoman, Rumania, Serbia, Montenegro, dan Yunani dalam Perang Balkan II. Traktat tersebut berisi perubahan perbatasan negara-negara tersebut. Kesultanan Ottoman tidak terlibat dalam penandatangan traktat tersebut meski terlibat dalam Perang Balkan II.


Mehmed VI. (Wikiwand.com)
1920
Sultan Ottoman, Mehmed VI, menandatangani perjanjian damai dengan Sekutu setelah Perang Dunia I berakhir. Dari perjanjian yang disebut dengan Perjanjian Serves itu, Kesultanan Ottoman harus rela wilayahnya dipecah oleh Sekutu. Dari perjanjian tersebut, berdirilah Kerajaan Hijaz, Republik Demokratik Armenia, dan Suriah. Selain itu, negara-negara Sekutu juga menguasai beberapa wilayah yang sebelumnya dikuasai Kesultanan Ottoman.

1944
Pertempuran Guam Kedua di Guam, Kepulauan Mariana yang melibatkan pasukan Amerika Serikat (AS) dan Jepang berakhir. Pertempuran yang berlangsung selama 20 hari itu berakhir dengan kemenangan pasukan AS yang berhasil merebut Guam dari kekuasaan Jepang.

1944
Pasukan Jerman dan Estonia berhasil mengalahkan pasukan Uni Soviet dalam Pertempuran Narva di Narva Estonia. Dalam pertmpuran itu, pasukan Jerman dan Estonia berhasil mengusir pasukan Uni Soviet yang berupaya menguasai Estonia sejak 2 Februari di tahun yang sama.

1945
Menyusul serangan bom atom yang dilancarkan Amerika Serikat (AS), Jepang mengumumkan penyerahan diri kepada Sekutu dalam Perang Dunia II. Jepang bersedia menyerah kepada Sekutu dengan syarat Hirohito tak digulingkan dari takhtanya sebagai kaisar Jepang.


Jose alias Antonio Banderas. (Reuters)
1960
Jose Antonio Dominguez Bandera lahir di Malaga, Spanyol. Kini. ia dikenal luas sebagai aktor yang berkarier di dunia perfilman di Hollywood dengan nama beken Antonio Banderas. Sejak memulai kariernya sebagai aktor, Antonio Banderas sudah membintangi tak kurang dari 50 judul film layar lebar.

1971
Roy Maurice Keane lahir di Cork, Republik Irlandia. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Inggris, Manchester United (MU), dari 1993 hingga 2005. Keane meraih 17 trofi selama 12 tahun berseragam MU. Setelah 12 tahun bersama MU, Keane bergabung ke klub di Skotlandia, Glasgow Celtic, selama satu musim sebelum dirinya gantung sepatu.

2007
Perdana Menteri Kanada Stephen Harper mengumumkan rencananya untuk membangun dua fasilitas militer di wilayah Kutub Utara. Pengumuman ini muncul setelah beberapa negara seperti Denmark dan Rusia mengklaim wilayah Kutub Utara.

2014
Pesawat HESA Iran-140 milik maskpai penerbangan Sepahan Airlines dengan nomor penerbangan HH5915 jatuh di dekat permukiman di Mina, Tehran, Iran. Seluruh penumpah berjumlah 40 orang dan delapan awak pesawat tewas dalam peristiwa tragis itu.


Berita Terkait

Berita Terkini

100 Warga Antre Bantuan, BLT Covid-19 Malah Disikat Kades

Pencairan dana BLT Covid-19 masing-masing tahap Rp30 juta untuk 100 keluarga penerima manfaat (KPM).

Waduh! Separuh Sanggar Seni di Kota Solo Sudah Tidak Aktif, Kenapa Ya?

Separuh dari 100-an sanggar seni yang ada di Kota Solo saat ini terpaksa vakum alias tidak aktif karena berbagai faktor, salah satunya biaya operasional.

FPKS DPRD Solo: Larang Konsumsi Daging Anjing Tak Harus Buat Perda

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka didorong segera mengeluarkan regulasi untuk larang perdagangan dan konsumsi daging anjing, bentuknya tak harus perda.

Sejarah Hari Ini: 30 November 2004, Lion Air JT 538 Tergelincir di Solo

Beragam peristiwa terjadi di dunia pada 30 November salah satunya tragedi tergelincirnya pesawat Lion Air di dekat Bandara Solo

Terlalu! Gubernur Sulsel Rela Korupsi Demi Belikan Jetski untuk Anak

Selain hukuman badan, majelis hakim juga mewajibkan Nurdin Abdullah membayar uang pengganti sebesar Rp2,187 miliar dan 350 ribu dolar Singapura subsider 3 tahun penjara.

Suami Istri di Pontianak Kompak Jual Sabu dan Ekstasi

Keduanya kami amankan berdasarkan informasi dari masyarakat ada pasangan suami istri diduga sedang membawa narkotika.

Kebiasaan Tidur yang Buruk Bikin Orang Merasa Tua, Ini Penjelasannya

Tim peneliti melaporkan ada hubungan penting antara kebiasaan tidur yang buruk dan merasa lebih tua secara umum.

Kecelakaan Karambol di Salatiga, Truk Tabrak 5 Mobil, 1 Meninggal

Kecelakaan karambol yang melibatkan truk dan lima kendaraan lain terjadi di Jalan Lingkar Selatan atau JLS Salatiga, Senin (29/11/2021) malam.

Gegara Kalah Pilkades, Calon Kades Petahana di Jember Blokade Jalan

Gegara kalah dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) Plerean, Kecamatan Sumberjambe, Jember, calon kepala desa petahana memblokade beberapa jalan.

Ini Dia Tukang Cukur Terkaya Pemilik 400 Mobil

Setelah menyelesaikan pendidikan menengah, Ramesh Babu memutuskan mulai menjalankan pangkas rambut yang ditinggalkan mendiang ayahnya.

Bacakan Pembelaan, Nani Terdakwa Satai Beracun Sisipkan Pesan Ini

Terdakwa kasus satai beracun, Nani Apriliani Nurjaman, 25, menyampaikan sejumlah permohonan kepada majelis hakim PN Bantul saat membacakan pembelaan, Senin (29/11/2021).

Marak Penipu Bermodus Beli Kendaraan, Ini Tips dari Kapolres Sukoharjo

Kapolres Sukoharjo membagikan sejumlah tips agar terhindar dari aksi penipu yang berpura-pura hendak membeli kendaraan namun kemudian dibawa kabur sebelum dibayar.

Kembali Tampil di Konser Offline, Ini yang Dirasakan BTS

Kini BTS akhirnya harus kembali tampil offline dengan tampil di SoFi Stadium, Los Angeles, dalam konser pertama mereka sejak 2019.

Banjir Bandang Landa Wonosoco Kudus, 62 Rumah Warga Terdampak

Banjir bandang kembali melanda Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengakibatkan 62 rumah dan satu tempat wisata terdampak.

Debut Gagal Jacksen F. Tiago di Persis Solo

PSCS Cilacap membuka peluang lolos melaju ke babak delapan besar jika PSIM Jogja kalah melawan Persijap Jepara pada Selasa (30/11/2021) malam.

Ada Kaitan Varian Omicron dengan Pengidap HIV, Ini Penjelasannya

Begini kaitan antara kemunculan varian Omicron dengan pengidap HIV di Afrika.