Tutup Iklan
Tentara Jerman berupaya menerobos ke wilayah Polandia untuk melakukan serangan dan menandai dimulainya Perang Dunia II, 1 September 1939. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pasukan Jerman menyerang wilayah Polandia, 1 September 1939. Serangan itu sekaligus menandai dimulainya Perang Dunia II.

Meletusnya Perang Dunia II merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-244—hari ke-245 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 1 September. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 1 September yang dihimpun ">Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 1 September:

1870
Pasukan Kerajaan Prusia dan Kerajaan Bayern berhasil mengalahkan pasukan Prancis dalam Pertempuran Sedan di Sedan, Prancis. Pertempuran itu merupakan salah satu yang terbesar selama Perang Prancis-Prusia. Kerajaan Prusia dan Kerajaan Bayern mengerahkan 200.000 tentara dalam pertempuran itu, sedangkan Prancis mengerahkan 120.00 tentara.

1880
Pertempuran antara pasukan Inggris dan pasukan Afganistan meletus di Kandahar, Afganistan. Pertempuran tersebut adalah bentrok besar terakhir yang terjadi pada Perang Inggris-Afganistan II. Pertempuran yang menyebabkan ribuan orang, baik tentara maupun warga sipil, kehilangan nyawanya itu berhasil dimenangi pasukan Inggris.

1923
Gempa bumi berkekuatan antara 7,9 skala richter hingga 8,4 skala richter mengguncang wilayah Kanto di Pulau Honshu, Jepang. Gempa Bumi itu menimbulkan kerusakan massal di beberapa wilayah di Jepang, antara lain Tokyo, Yokohama, Chiba, Kanagawa, dan Shizuoka. Bencana alam tersebut juga menewaskan sedikitnya 105.385 orang.


Rocco Francis Marchegiano alias Rocky Marciano. (Wikimedia.org)
1923
Rocco Francis Marchegiano lahir di Brockton, Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Ia lantas dikenal sebagai petinju kelas berat dengan nama Rocky Marciano. Rocky merupakan juara dunia tinju kelas berat yang berkarier antara 1952 hingga 1956 dan satu-satunya juara kelas berat yang berhenti dari dunia tinju tanpa pernah terkalahkan. Selama kariernya sebagai petinju, Rocky telah meraih 49 kemenangan dan tak pernah kalah.

1939
Pasukan Jerman menyerang Polandia menandai dimulainya Perang Dunia II. Dalam Perang Dunia II, kemudian terbentuk Blok Poros yang beranggotakan Jerman, Italia, serta Jepang sebagai negara utama dan Sekutu yang terdiri atas Uni Soviet, Inggris, Amerika Serikat, dan China sebagai negara utama. Perang Dunia II lantas berlangsung selama enam tahun lebih satu hari dan berakhir dengan kemenangan Sekutu atas Blok Poros.

1958
Perang Kod antara Inggris dan Islandia meletus di perairan luar Islandia. Perang itu dipicu Islandia yang memperluas wilayah laut kekuasaannya demi memperluas area penangkapan ikan kod. Perang itu berlangsung selama 12 hari. Setelah perang, Inggris mengakui klaim Islandia atas perluasan kekuasaannya di laut.

1962
Ruud Gullit dilahirkan di Amsterdam, Belanda dengan nama lengkap Ruud Dil Gullit. Namanya lantas menjadi terkenal setelah dirinya berkairer di dunia sepak bola dan pernah membela sejumlah klub besar di Eropa, seperti AC Milan dan Chelsea.

1969
Sekelompok tentara pemberontak yang dipimpin oleh Muammar Gaddafi berhasil mengulingkan kekuasaan Raja Idris di Libya. Gaddafi lantas menyatakan negara tersebut akan menjadi republik dan pemerintah monarki telah digulingkan.

1983
Pesawat penumpang milik Korean Air ditembak jatuh oleh tentara Uni Soviet setelah melintas di atas wilayah Uni Soviet tanpa izin. Sebanyak 269 penumpang dan awak pesawat tewas dalam tragedi tersebut. Peristiwa itu merupakan salah satu momen Perang Dingin yang paling panas.


Daniel Andre Sturridge. (Reuters)
1989
Daniel Andre Sturridge lahir di Birmingham, Inggris. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Inggris, Liverpool, sejak 2013 hingga 2019. Kini, ia bergabung dengan salah satu klub di Turki, Trabzonspor.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten