SOLOPOS.COM - Hakim di Persidangan Nurnberg. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 1 Oktober 1946, persidangan kasus-kasus yang melibatkan petinggi Nazi Jerman yang berlangung sejak 20 November 1945 berakhir. Para petinggi Nazi itu lantas dijatuhi hukuman mati atas tuduhan kejahatan perang di masa Perang Dunia II.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-274—hari ke-274 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 1 Oktober. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 1 Oktober yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 1 Oktober:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

331 SM
Pasukan Kekaisaran Makedonia pimpinan Alexander III berhasil mengalahkan pasukan Kekaisaran Persia pimpinan Darius III dalam Pertempuran Gaugamela di dekat Gaugamela, Mosul yang kini menjadi bagian dari Irak. Atas kemenangan itu, Kekaisaran Makedonia berhasil seluruh menguasai Babilonia dan separuh wilayah yang sebelumnya dikuasai Persia.

1730
Pemimpin Kesultanan Ottoman, Ahmed III, harus turun dari takhtanya yang sudah ia kuasai selama 27 tahun. Ahmed III melepas takhtanya atas desakan para pemberontak yang terus menerus membuat keonaran di wilayah kekuasaan Kesultanan Ottoman.

1787
Pasukan Kekaisaran Rusia pimpinan Alexander Suvorov berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Ottoman di dekat Ozi, Kesultanan Ottoman atau kini Ochakiv, Ukraina. Kekalahan di salah satu pertempuran di masa Perang Rusia-Turki itu lantas memicu pasukan Ottoman untuk melakukan pengepungan di wilayah Ozi pada 1788.

Thomas Alva Edison. (Reuters)

Thomas Alva Edison. (Reuters)

1880
Pabrik lampu listrik pertama di dunia didirikan oleh Thomas Alva Edison di Michigan, Amerika Serikat (AS). Setahun sebelumnya, Thomas Alva Edison memang telah mengklaim sebagai penemu bola lampu pijar.

1939
Pasukan Jerman akhirnya berhasil menduduki Kota Warsawa di Belgia setelah melakukan pengepungan selama hampir sebulan. Kota Warsawa lantas dikuasai pasukan Jerman hingga akhir Perang Dunia II pada 1945.

1943
Pasukan Sekutu berhasil merebut Kota Napoli dari kekuasaan Italia dan Jerman. Keberhasilan itu diraih setelah pasukan Sekutu membombardir kota tersebut. Akibat serangan Sekutu, Napoli menjadi kota yang paling hancur di Italia selama Perang Dunia II.

1946
Persidangan kasus-kasus yang melibatkan petinggi Nazi Jerman yang berlangung di Nurnberg, Jerman, sejak 20 November 1945, berakhir. Para petinggi Nazi itu lantas dijatuhi hukuman mati atas tuduhan kejahatan perang di masa Perang Dunia II. Mereka lantas dieksekusi mati dengan cara digantung, 15 hari setelah persidangan yang disebut sebagai Persidangan Nurnberg itu berakhir.

 

Julio Cesar Clemente Baptista. (Wikimedia.org)

Julio Cesar Clemente Baptista. (Wikimedia.org)

1981
Julio Cesar Clemente Baptista lahir di Sao Paulo, Brasil. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub raksasa di Eropa, Real Madrid, dari 2005 hingga 2008. Sebelum pensiun pada musim panas 2019 ini, Baptista membela salah satu klub di Rumania, CFR Cluj, dari 2018 hingga 2019.

1991
Pasukan Yugoslavia mulai mengepung Kota Dubrovnik di Kroasia demi merebutnya dari pasukan Kroasia. Peristiwa yang terjadi di masa Perang Kemerdekaan Kroasia itu berlangsung hingga 31 Mei 1992. Meski sudah melakukan pengepungan selama lebih dari tujuh bulan, pasukan Yugoslavia gagal menguasai Kota Dubrovnik.

2005
Serangan bom bunuh diri menyasar wilayah Kuta dan Jimbaran, Bali. Akibatnya, 23 orang tewas dan 196 orang lainnya luka-luka. Pelaku bom bunuh diri dinyatakan ada hubungannya dengan kelompok Jemaah Islamiyah dan Al-Qaeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya