Sejarah Hari Ini: 1 Agustus 1914, Jerman Perangi Rusia
Tentara Rusia yang ditahan pihak Jerman setelah kalah dalam Pertempuran Tannenberg di Prussia Timur, kini Olsztyn, Polandia, Agustus 1914. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Jerman mendeklarasikan perang terhadap Rusia, 1 Agustus 1914. Deklarasi perang di awal Perang Dunia I itu dikirim pemerintah Jerman dalam bentk surat kepada mentyeri luar negeri Rusia.

Deklarasi perang Jerman terhadap Rusia adalah satu dari sekian banyak peristiwa penting dan bersejarah di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada hari ke-213—hari ke 214 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregorian, 1 Agustus. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam Sejarah Hari Ini, 1 Agustus:

1759
Pertempuran Minden meletus di Minden, Minden-Ravensberg, Prussia—sekarang Rhine-Westphalia Utara, Jerman—melibatkan pasukan Inggris dan Prancis. Salah satu pertempuran dalam Perang Tujuh Tahun itu berhasil dimenangi pasukan Inggris.


Muhammad Darwis alias Ahmad Dahlan. (Wikimedia.org)
1868
Muhammad Darwis lahir di Yogyakarta, Hindia Belanda atau kini Indonesia. Ia lantas dikenal luas sebagai Ahmad Dahlan, pendiri organisasi Muhammadiyah. Kini, nama Ahmad Dahlan dikenang sebagai salah satu pahlawan nasional di Indonesia.

1914
Pada awal Perang Dunia I, Jerman mendeklarasikan perang terhadap Rusia. Deklarasi perang itu dikirim pemerintah Jerman dalam bentuk surat kepada menteri luar negeri Rusia.

1936
Olimpiade di Jerman dibuka di Kota Berlin dan dipimpin langsung oleh pemimpin Jerman Adolf Hitler. Olimpiade itu justru dimanfaatkan Jerman untuk melakukan propaganda. Rakyat Jerman yang bukan dari ras Arya bahkan dilarang mengikuti Olimpiade.

1943
Pasukan Amerika Serikat (AS) memulai Operasi Tidal Wave dengan membombardir kilang minyak di Rumania yang dikuasai Blok Poros. Operasi tersebut terhitung gagal karena jumlah korban tewas dari kubu AS justru lebih banyak dibandingkan dengan kubu Blok Poros. AS kehilangan 440 tentaranya sedangkan pasukan blok poros hanya kehilangan 16 tentaranya.

1944
Pemberontakan rakyat Warsawa terhadap pasukan Jerman yang menduduki Kota Warsawa, Polandia dimulai. Pemberontakan itu berlangsung selama 63 hari dan berakhir dengan kemenangan pasukan Jerman.

1957
Amerika Serikat (AS) dan Kanada membentuk North American Aerospace Defense Command (Norad) atau Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara. Organisasi itu dibentuk untuk melindungi dan mempertahankan kedaulatan udara AS dan Kanada.


Bastian Schweinsteiger. (Bundesliga.com)
1984
Bastian Schweinsteiger lahir di Kolbermoor, Jerman Barat. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Jerman, Bayern Munchen, sejak 2002 hingga 2015. Ia juga dipercaya menjadi bagian dari Tim Nasional Jerman dari 2004 hingga 2016. Kini, ia membela klub besar di Inggris, yakni Manchester United.

1988
Nemanja Matic lahir di Sabac, Yugoslavia. Kini, ia menjadi pemain sepak bola terkenal yang bermain untuk klub raksasa di Inggris, Chelsea. Matic membela Chelsea sejak 2009, namun sempat pindah ke Benefica pada 2011 dan kembali ke Chelsea pada 2014.

2000
Bom meledak dari sebuah mobil dan sepeda motor yang parkir di depan rumah duta besar Filipina di Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Peristiwa itu menewaskan dua orang dan melukai 19 orang.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom