Neemat Abdullah Kheir. (Sudan Daily)

Solopos.com, KHARTUM – Seorang wanita bernama Neemat Abdullah Kheir ditunjuk sebagai Ketua Mahkamah Agung Sudan. Neemat Abdullah Kheir yang merupakan hakim veteran ditunjuk Dewan Kedaulatan Sudan sebagai pemimpin lembaga peradilan tertinggi di Sudan.

Dikutip dari Al Araby, Senin (14/10/2019), dengan demikian Neemat Abdullah Kheir menjadi wanita pertama yang memangku jabatan sebagai Ketua Mahkamah Agung di Sudan. Anggota Dewan Kedaulatan Sudan yang terdiri dari 11 orang bersepakat menunjuk dirinya menempati jabatan tersebut.

Neemat Abdullah Kheir agaknya sengaja dipilih sebagai wujud transisi pemerintahan dengan tujuan mencapai kesetaraan gender. Dia ditunjuk beberapa pekan setelah Perdana Menteri Abdalla Hamdok menunjuk Asma Mohamed Abdalla menjadi Menteri Luar Negeri pertama dari kalangan wanita Sudan.

Sayangnya, tidak dijelaskan detail bagaimana kinerja Neemat Abdullah Kheir sebelum menjadi Ketua Mahkamah Agung Sudan. Tidak banyak informasi yang diketahui tentang dirinya. Namun, Dewan Kedaulatan yang berfungsi mengawasi transisi pemerintahan militer ke sipil bersepakat memilihnya menduduki jabatan tersebut.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten