SOLOPOS.COM - Paus Benediktus XVI

Paus Benediktus XVI

JAKARTA– Paus Benediktus XVI menyatakan pengunduran dirinya per 28 Februari 2013 dari Tahta Suci Vatikan karena alasan kesehatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabar tentang pemimpin 1,2 miliar umat Katolik Roma sedunia itu mengejutkan dan menjadi topik perbincangan di berbagai media massa dunia pada Senin (11/2/2013).

Dia merupakan Paus pertama yang mengundurkan diri dalam 600 tahun terakhir. Paus biasanya menjabat sampai meninggal dunia. Dalam laman Guardian, dikatakan kesehatan tubuh yang menurun menyebabkan Benediktus tidak bisa melaksanakan tugas-tugasnya.

Menanggapi isu tekanan dari pihak Vatikan, kakak Paus Benediktus, Georg Ratzinger, mengatakan adiknya disarankan oleh dokter untuk beristirahat dan mundur dari tahta sudah sejak berbulan-bulan yang lalu.

Dari rumahnya di Regensburg, Berlin, Georg mengatakan kepada media bahwa kakaknya sudah kesulitan berjalan dan pengunduran dirinya (Sang Paus) merupakan ‘proses alami’.

“Usianya semakin membebaninya,” ujar Georg, 89, tentang kondisi adiknya, Joseph Ratzinger (Paus Benediktus  XVI), 85. Paus Benediktus XVI terpilih sebagai Uskup Roma pada 2005, menggantikan Paus Yohanes Paulus II yang sangat populer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya