SOLOPOS.COM - Infografis Hari Lahir Pancasila (Solopos/Khoirul Tri CP)

Solopos.com, SOLOHari Lahir Pancasila diperingati setiap 1 Juni. Pemerintah menjadikan 1 Juni sebagai hari libur nasional atau tanggal merah melalui Keputusan Presiden (Kepres) No 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Hari Lahir Pancasila mengacu pada sejarah dicetuskannya Pancasila 1 Juni 1945 lewat pidato Presiden pertama RI, Soekarno, dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau Dokuritsu Junbi Cosakai. Selain Soekarno, perumusan Pancasila juga disodorkan oleh Mohammad Yamin dan Soepomo dalam sidang pertama BPUPKI pada 29 Mei-1 Juni 1945.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seluruh usulan dari ketiga tokoh bangsa Indonesia tersebut kemudian ditampung dan dibahas dan dirumuskan oleh Panitia Sembilan yang dibentuk BPUPKI. Panitia Sembilan kemudian merumuskan naskah Rancangan Pembukaan UUD yang bernama Piagam Jakarta.

Selanjutnya Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 18 Agustus 1945 menetapkan Pancasila sebagai dasar ideologi negara Indonesia dengan mengubah Sila pertama menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa”.

Infografis Hari Lahir Pancasila (Solopos/Khoirul Tri CP)
Infografis Hari Lahir Pancasila (Solopos/Khoirul Tri CP)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya