SOLOPOS.COM -  Prosesi pemakaman dengan standar penanganan Covid-19 yang berlangsung di TPU Dusun Bendo RT 003 RW 006, Desa Bakalan, Kecamatan Purwantoro, Wonogiri, Kamis (9/2/2022). (Istimewa/Polres Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI—Sejak awal Februari hingga Sabtu (19/2/2022), peningkatan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Wonogiri telah menyebabkan 22 orang di antaranya meninggal dunia.

Dari catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Covid-19 yang menyebabkan korban meninggal dunia itu paling banyak berada di Kecamatan Wonogiri, yaitu 10 orang. Kenyataan tersebut sebanding dengan data Pemkab Wonogiri yang menyebut warga terkonfirmasi Covid-19 terbanyak berada di Kecamatan Wonogiri.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Artinya, tingkat fatalitas akibat Covid-19 erat berkaitan dengan banyaknya jumlah kasus positif Covid-19 di suatu daerah. Ditambah, kasus positif Covid-19 yang berada di pusat kota dengan fasilitas kesehatan (faskes) lebih baik dari kecamatan-kecamatan di Wonogiri lainnya, belum membuktikan faskes dapat mencegah fatalitas korban positif Covid-19.

Baca Juga: Waduh, Seluruh Kecamatan di Wonogiri Sudah Terinfeksi Covid-19

Dalam pantauan Solopos.com, salah satu warga yang dimakamkan dengan protokol kesehatan (prokes) korban Covid-19 diketahui tak memiliki riwayat vaksinasi. S, 73, warga Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri, sebelum dinyatakan positif Covid-19, Jumat (18/2/2022) siang, mengeluh batuk dan badan menggigil pada malam sebelumnya.

Seusai dibawa ke RSUD di Soediran Mangun Sumarso guna mendapat perawatan, pada Jumat malam, S dinyatakan meninggal dunia dengan keterangan riwayat belum pernah divaksin.

Seiring dengan kematian korban Covid-19 yang cenderung mengalami peningkatan sejak awal Februari 2022, dalam rilis Instagram @kabupaten_wonogiri (instagram resmi Pemkab Wonogiri), hingga Kamis (17/2/2022), positive rate atau rasio hasil tes positif dari keseluruhan tes PCR telah mencapai angka 26,21 persen.

Baca Juga: Lansia di Purwantoro Wonogiri Meninggal seusai 4 Hari Positif Covid-19

Dengan angka persentase tersebut, Pemkab Wonogiri mengingatkan pada warganya untuk tetap wawas diri selalu menaati prokes Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya