Seharian, Indonesia Diguncang 7 Gempa Bumi
Ilustrasi seismograf pencatat gempa bumi (Denesen.mk)

Solopos.com, JAKARTA — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG mencatat tujuh guncangan gempa bumi di tujuh wilayah berbeda di wilayah Republik Indonesia, Rabu (27/1/2021).

Kepala Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan rentetan gempa bumi di Indonesia itu terjadi sejak pagi pukul 04.00 WIB. Guncangan itu berlanjut bertutut-turut  hingga malam, pukul 20.00 WIB.

Baca Juga: Risikonya Kecelakaan, Cegah Rem Mobil Blong!

Gempa terbesar terjadi di Pesisir Barat Lampung dengan kekuatan magnitudo 5,4. Gempa bumi itu mengguncang wilayah pesisir barat Lampung.

Pusat gempa terdeteksi di laut pada kedalaman 10 km. BMKG menyebutkan episenter gempa berada pada 5.13 LS,103.76 BT atau 20 km barat laut pesisir barat Lampung. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Perincian Lokas

Guncangan gempa bumi di Indonesia itu 4dirasakan juga di Liwa, Bengkulu Selatan, Krui Sekincau dan Lampung Barat pada skala III MMI, dan II MMI di Tanggamus dan Way Kanan.

Selain itu gempa bumi mengguncang Pacitan dengan kekuatan magnitudo 4,0,  Kupang magnitudo 4,9, dan Gorontalo magnitudo 4,9. Kemudian, di Morowali magnitudo 3,9, Pesisir barat, Lampung magnitudo 5,4,  Pesisir Barat, Lampung magnitudo 3,4, dan  Mamberamo, Papua magnitudo 4,9.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Sumber: Bisnis



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom