SOLOPOS.COM - Ilustrasi banjir bandang. (Freepik.com)

Solopos.com, PATI — Sebanyak tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Pati bagian selatan diterjang banjir bandang, Rabu (30/11/2022). Ketiga kecamatan itu yakni Tambakromo, Winong, dan Gabus.

Musibah itu menerjang beberapa desa di tiga kecamatan tersebut. Desa yang tergenang banjir itu antara lain Desa Gondo di Kecamatan Winong, Desa Gabus di Kecamatan Gabus, dan beberapa desa di Kecamatan Tambakromo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Camat Tambakromo, Mirza Nur Hidayat, menyebutkan ada setidaknya enam desa di wilayahnya yang mengalami banjir bandang. “Keenam desa itu yakni Angkatan Lor, Angkatan Kidul, Sinomwidodo, Keben, Mangunrekso, dan Tambakromo,” jelas Mirza dikutip dari Murianews.com, Rabu petang.

Ia menyebutkan tinggi air di Desa Sinomwidodo mencapai 2 meter. Hal tersebut pun mengakibatkan ratusan rumah di desa tersebut terendam banjir. Saat ini warga Desa Sinomwidodo di Kecamatan Tambakromo, Pati, yang terdampak banjir bandang itu pun tengah dievakuasi.

Menurut Mirza, banjir yang melanda wilayahnya kali ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah. Hal itu dikarenakan Kantor Kecamatan Tambakromo pun turut tergenang banjir.

Baca juga: Puluhan Rumah di Pati Rusak Diterjang Banjir Bandang, Begini Kondisinya

“Ini Kantor Kecamatan Tambakromo ikut tergenang. Sepanjang sejarah [banjir] yang terbesar,” ujar Mirza.

Mirza mengatakan banjir bandang yang melanda tiga kecamatan di Kabupaten Pati itu disebabkan hujan deras yang melanda wilayah tersebut sejak Rabu siang hingga petang. Ia pun mengaku baru warga enam desa yang melapor, sementara sisanya belum.

“Sampai saat ini baru enam desa yang melapor. Tadi listrik sempat mati sehingga komunikasi sempat terganggu. Ini sudah hidup,” ujarnya.

Baca juga: Banjir Bandang Pati Gegara Luapan Waduk Gembong?

Banjir bandang yang melanda Pati ini bukanlah yang kali pertama pada tahun 2022 ini. Sepanjang tahun ini, tercatat sudah ada dua kali peristiwa banjir bandang di Pati. Kali pertama, banjir bandang terjadi pada bulan Juli 2022 lalu di wilayah Kecamatan Margoyoso akibat jebolnya tanggul Sungai Sat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya