SOLOPOS.COM - Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Karanganyar berupaya memadamkan api yang membakar lahan tebu di wilayah Kabupaten Karanganyar sejak Selasa-Rabu (25-26/8/2020). (Istimewa-Dokumentasi Unit Damkar Satpol PP Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR—Terjadi tiga kebakaran di lahan tebu yang ditanam di tanah kas desa di Kecamatan Gondangrejo dan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, pada Selasa-Rabu (25-26/8/2020).

Unit Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Karanganyar menerima tiga laporan kebakaran lahan tebu mulai Selasa pukul 13.20 WIB. Lahan tebu di Dukuh Ngumbul Pring, RT 003/RW 003, Desa Plesungan, Kecamatan Gondangrejo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut laporan yang dihimpun Solopos.com dari Satpol PP Kabupaten Karanganyar, tanah tersebut diduga milik desa tetapi disewa salah seorang warga. Kepala Seksi (Kasi) Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Kabupaten Karanganyar, Renggo Buono, menyampaikan dugaan awal penyebab kebakaran adalah pembakaran sampah.

PJJ SMPN 2 Karanganyar, Libatkan Orang Tua Kumpulkan Tugas Siswa

Ekspedisi Mudik 2024

“Dugaan kami ada yang membakar sampah kemudian api merembet ke lahan yang ditanami tebu. Pukul 14.33 WIB, api dapat dipadamkan. Dua unit damkar Karanganyar, satu  unit truk tangki BPBD berupaya memadamkan api. Kami belum bisa menaksir kerugian,” kata Renggo saat dihubungi Solopos.com, Rabu.

Kejadian kedua di Dukuh Winong RT 003/RW 004, Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo. Kebakaran terjadi di lahan tebu pukul 18.10 WIB.

Menurut informasi, tanah tersebut berstatus tanah kas Desa Jatikuwung. Renggo menyampaikan penyebab kebakaran diduga seseorang membakar sampah dan api merembet ke kebun tebu. Api berhasil dipadamkan pukul 19.55 WIB.

Karanganyar Zona Merah, Guru Jangan Beri Tugas Banyak saat PJJ

 

Dua Mobil Damkar

Kejadian ketiga, kebakaran lahan tebu di Desa Papahan, Kecamatan Tasikmadu, pada Rabu pukul 10.00 WIB. Menurut data yang dihimpun dari Satpol PP, tanah tersebut juga berstatus tanah kas desa. Upaya memadamkan api melibatkan dua unit mobil pemadam kebakaran, satu unit tangki BPBD Kabupaten Karanganyar, dan satu unit ambulans PMI Cabang Karanganyar.

“Sama, kami terima laporan kebakaran. Dugaan penyebab sama, ada orang membakar sampah dan merembet ke perkebunan tebu. Sampai lokasi, kami dibantu instansi terkait berupaya memadamkan api. Pukul 11.30 WIB api berhasil dipadamkan,” tutur dia.

Strategi Jitu Janda Purbalingga Gagalkan Pemerkosaan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya