Sehari! Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Wonogiri Bertambah 12 Orang
Ilustrasi penanganan pasien Covid-19. (Reuters)

Solopos.com, WONOGIRI -- Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Wonogiri bertambah 12 orang dalam sehari pada Senin (26/10/2020).

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Bupati Wonogiri, Edy Santosa, kepada wartawan di Terminal Giri Adipura Wonogiri, Selasa (27/10/2020). Dia mengatakan penambahan itu didominasi dari klaster perjalanan. Klaster tersebut memang masih mendominasi penambahan kasus di Wonogiri.

10 Berita Terpopuler : Fakta Pembunuhan Yulia di Sukoharjo Terungkap dalam Rekonstruksi

Edy menambahkan terdapat satu kasus dari ibu hamil. Ibu hamil yang positif Covid-19 merupakan klaster perjalanan. Dengan adanya penambahan itu, maka total ibu hamil yang positif Covid-19 di Wonogiri menjadi 14 orang.

"Ia belum sempat menjalani tes swab serentak kepada ibu hamil beberapa waktu lalu. Saat datang ke Wonogiri sudah mepet waktu persalinannya. Akhirnya bayi yang lahir juga positif Covid-19. Ini kasus pertama di Wonogiri, ada bayi yang terpapar Covid-19," ungkap dia.

Preview Liga Champions: Kemenangan atas Barcelona jadi Booster Real Madrid Hadapi Moenchengladbach

Saat ini, ibu dan bayi yang terpapar Covid-19 itu dirawat diĀ  RSUD Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. Mereka merupakan warga Kecamatan Jatisrono.

Edy mengatakan, dengan rentannya ibu hamil yang positif Covid-19, itulah sebabnya Pemkab Wonogiri selalu melalukan tes swab kepada ibu hamil yang sudah memasuki tri semester ketiga. "Kalau diketahui sejak awal kan deteksinya lebih cepat," kata dia.

Kasus Aktif

Edy mengatakan, saat ini ada 29 kasus aktif positif Covid-19 di Wonogiri. Dengan perincian 17 orang dirawat di rumah sakit dan 12 orang menjalani karantina mandiri. Menurut Edy, kasus aktif terbanyak saat ini berada di Kecamatan Tirtomoyo dengan jumlah kasus lima orang.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar selalu taat dalam menjalankan protokol kesehatan. Terutama saat menjalankan aktivitas. Liburan panjang pada akhir pekan ini sebaiknya jangan digunakan untuk berpergian ke zona merah," kata Edy.

Kasus Covid-19 Terus Meningkat, SMPN 2 Klaten Tetap Lanjutkan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Secara kumulatif, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Wonogiri menjadi 331 orang. Dengan perincian, 29 kasus aktif, 20 orang dinyatakan meninggal dunia dan sisanya telah sembuh.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom