Sehari Jelang Penutupan, Baru 4 Pendaftar Direktur PDAM Grobogan
Mantan Direktur PDAM Bambang Pulunggono mendaftar untuk posisi yang sama di Bagian Perekonomian Setda Grobogan, Senin (15/2/2021).(Solopos.com/Arif Fajar Setiadi)

Solopos.com, PURWODADI – Satu hari menjelang penutupan pendaftaran pengisian jabatan Direktur PDAM Purwa Tirta Dharma Grobogan, baru ada empat pendaftar pada Senin (15/2/2021).

Pendaftar pertama adalah Adhi Yunantono, asal Bekasi, Jawa Barat. Kemudian ada dua pegawai dan mantan direktur PDAM periode sebelumnya. Yakni Kepala Unit Brati, Sudarsono dan Kepala Unit Godong, Eko Supriyanto. Kemudian mantan Direktur PDAM periode sebelumnya, Bambang Pulunggono.

Pegawai dan mantan Direktur PDAM Grobogan melakukan pendaftaran dalam waktu yang hampir bersamaan. Bambang Pulunggono masuk ke ruang Bagian Perekonomian Setda Grobogan, tak lama kemudian masuk dua kepala unit tersebut.

Baca jugaBanjir Kudus Belum Hilang Meski Sudah 2 Pekan, 632 Warga Masih Mengungsi

Ditemui setelah menyerahkan berkas pendaftaran, baik Bambang Pulunggono, Sudarsono, dan Eko Supriyanto mengaku siap memajukan PDAM Grobogan. Mereka juga siap berkompetisi untuk posisi Direktur PDAM Purwa Tirta Dharma Grobogan.

Ketiga juga mengaku sudah menyiapkan program-program yang akan dilaksanakan saat menjabat nanti. Harapan mereka seleksi dilaksanakan secara transparan dan bersih.

“Meski dulu saya sempat jadi pimpin kedua pendaftar dari internal PDAM, saat ini posisinya sama sebagai pendaftar. Hak dan kewajibannya pun sama. Saya juga senang, jika ada internal [PDAM] ikut dalam bursa calon direktur ini,” ujar Bambang Pulunggono.

Baca jugaCatat! Ini Persyaratan Daftar Jadi Direktur PDAM di Grobogan

Pendaftaran Direktur PDAM Grobogan
Kepala Unit PDAM Brati, Sudarsono (kiri) dan Kepala Unit PDAM Godong, Eko Supriyanto mendaftar posisi Direktur PDAM Grobogan, Senin (15/2/2021).(Solopos.com/Arif Fajar Setiadi)

Persyaratan Pendaftar

Sementara itu Kabag Perekonomian Setda Grobogan Agus BK mengatakan sesuai rencana, pendaftaran Direktur Perumdam Purwa Tirta Dharma Grobogan berakhir pada Selasa (16/2).

“Minimal ada enam calon yang mendaftarkan diri kemudian minimal ada tiga yang lolos administrasi. Sehingga bisa ke proses selanjutnya,” ujarnya.

Proses rekrutmen ini terbuka untuk umum. Artinya, selain dari kalangan internal Perumdam, dari pihak luar juga punya kesempatan untuk mengikuti seleksi.

Lebih lanjut dijelaskan, bagi para pelamar calon Direktur PDAM Grobogan ini ditentukan beberapa persyaratan. Antara lain, pendidikan minimal S1. Kemudian, punya pengalaman kerja paling singkat lima tahun dibidang manajerial perusahaan berbadan hukum dan pernah memimpin tim yang dibuktikan surat keterangan (referensi) dari perusahaan sebelumnya dengan penilaian baik.

Baca jugaJateng Klaim Bebas Zona Merah Covid-19, Berkat PPKM dan Jateng di Rumah Saja?

Persyaratan pendaftaran Direktur PDAM berikutnya, berusia paling rendah 35 tahun dan paling tinggi 55 tahun pada saat mendaftar pertama kali. Memiliki pengetahuan memadai dibidang usaha perusahaan. Dibuktikan dengan sertifikat kompetensi kerja dan/atau sertifikat pelatihan manajemen air minum yang dikeluarkan oleh lembaga penyelenggara di dalam atau di luar negeri yang telah terakreditasi.

“Selain itu, masih ada beberapa persyaratan administrasi lainnya. Untuk lebih jelasnya bisa melihat pengumuman yang ada di kantor Setda Grobogan atau melalui laman http://www.grobogan.go.id. Bagi pelamar harap mengirimkan berkas lamarannya ke panitia seleksi di bagian perekonomian setda Grobogan,” katanya.

 



Berita Terkini Lainnya








Kolom