Sehari 15 Pasien Terpapar Covid-19, Sukoharjo Masih Zona Kuning

Status tingkat risiko Covid-19 di Sukoharjo masih risiko rendah atau zona kuning dan pemerintah masih menerapkan PPKM level dua sejak Oktober 2021.

 Ilustrasi virus corona atau Covid-19. (freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus corona atau Covid-19. (freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO — Dalam sehari pada Kamis (27/1/2022), ada 15 pasien diketahui terkonfirmasi positif Covid-19 yang tersebar di sejumlah desa/kelurahan di Kabupaten Sukoharjo. Angka kasus harian itu naik, setelah selama hampir tiga bulan lebih jumlah pasien positif corona di wilayah itu tak lebih dari 10 orang per hari.

Mengutip update data yang diunggah akun Instagram dinkes_kab_sukoharjo, kasus Covid-19 di Kabupaten Sukoharjo pada Kamis (27/1/2022) yakni:
Positif = +15
Isolasi mandiri = +13
Isolasi terpusat = 0
Rawat inap = +2
Sembuh dan selesai isoman = 0
Meninggal = 0

PromosiKisah Kesaktian Sunan Bayat, Mengutuk Penyamun Jadi Manusia Domba

Menyikapi kenaikan angka kasus harian Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat terkait pengetatan pembatasan kegiatan masyarakat. Status tingkat risiko Covid-19 di Sukoharjo masih risiko rendah atau zona kuning dan pemerintah masih menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level dua sejak Oktober 2021.

“Kami menunggu instruksi dari Satgas Covid-19 Nasional ihwal kebijakan khusus untuk pengetatan pembatasan kegiatan masyarakat. Sampai hari ini, Sukoharjo masih zona kuning dan menerapkan PPKM level dua,” kata Sekda Sukoharjo, Widodo, saat ditemui Solopos.com di Pendapa Graha Satya Praja (GSP) di kompleks Gedung Setda Sukoharjo, Jumat (28/1/2022).

Baca juga: IDI Sukoharjo Pantau Perkembangan Kasus Harian Covid-19

Menurut Widodo, pengetatan pembatasan kegiatan masyarakat mengacu pada beberapa indikator persebaran kasus Covid-19. Selain kasus harian Covid-19, indikator lainnya adalah tingkat keterisian tempat tidur atau bed rumah sakit dan pola transmisi penularan virus di masyarakat.

Tingkat Keterisian Bed RS

Saat penerapan PPKM Darurat pada pertengahan Juni-Juli 2021, terjadi ledakan kasus Covid-19 yang berimplikasi pada meningkatkan tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit. Bahkan, beberapa rumah sakit rujukan Covid-19 kewalahan merawat pasien positif baru.

“Untuk saat ini, kasus Covid-19 di Sukoharjo masih bisa ditangani kendati ada indikasi tren meningkat. Tempat tidur di rumah sakit masih banyak yang kosong,” ujar dia.

Baca juga: Jembatan Tambakboyo Sukoharjo Dibangun Lagi, Semoga Rampung Februari

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, menyatakan total jumlah pasien positif aktif per 27 Januari sebanyak 31 orang. Pasien positif yang menjalani rawat inap di rumah sakit sebanyak 10 orang. Sedangkan pasien positif yang menjalani isolasi mandiri sebanyak 21 orang.

Direktur RSUD Ir Soekarno Sukoharjo itu mengingatkan agar masyarakat terus mengencangkan protokol kesehatan di lingkungan kantor, sekolah, maupun fasilitas publik. Masyarakat harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai skrining di berbagai fasilitas umum. Hal ini untuk mencegah terjadinya ledakan kasus Covid-19 varian Omicron.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Ini Daftar Wisata Candi di Klaten, dari Prambanan hingga Merak

Salah satu daya tarik Kabupaten Klaten, yakni menyimpan deretan candi bersejarah.

61 CPNS & 788 PPPK Terima SK, Bupati Sragen: Jangan Terus Beli Mobil!

Sebanyak 61 CPNS dan 788 PPPK mendapatkan SK pengangkatan, Jumat (20/5/2022), Bupati Sragen berpesan jangan menambah motor atau mengganti dengan mobil.

Hantu KKN Rumah Kosong Klaten Ternyata Mbah-Mbah

Wujud hantu dalam kisah KKN di Rumah Kosong Klaten adalah mbah-mbah.

Bikin Deg-degan, Damkar Wonogiri Tangkap Ular Sanca di Permukiman Warga

Petugas Damkar Wonogiri membantu warga mengevakuasi ular sanca jenis Pythonidae yang masuk ke pekarangan rumah warga di Pokoh Kidul, Wonogiri, Kabupaten Wonogiri pada Kamis (19/5/2022).

Kenapa Jalan Solo-Boyolali Kerap Terjadi Kecelakaan?

Kira-kira kenapa jalan di Solo-Boyolali kerap terjadi kecelakaan, bahkan ada korban yang meninggal dunia?

Bupati Karanganyar: Pilih Pengurus PGRI yang Rajin!

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, meminta Konferensi Kerja tahun ke-2 Kabupaten (Konkerkab) Karanganyar PGRI untuk memilih pengurus yang rajin.

Disdik Kota Solo Izinkan Kantin Sekolah Dibuka, Tapi Ada Syaratnya

Dinas Pendidikan Kota Solo, Jawa Tengah tidak melarang kantin sekolah membuka usahanya selama pembelajaran Tatap Muka (PTM) saat ini.

KPU Sukoharjo Bocorkan Cara Memelihara Data Pemilih, Begini Lo...

Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda, menyampaikan beberapa cara memutakhirkan atau memperbarui Daftar Pemilih Tetap (DPT), salah satunya untuk mempersiapkan Pemilu 2024.

Simak! Inilah Daftar SMK Negeri di Kabupaten Boyolali

Berikut daftar SMK Negeri yang tersebar di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Pemkab Wonogiri Berniat Hentikan PTM Terbatas, Lo... Kenapa?

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri berniat menghentikan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT).

Catat Gaes, Ini Daftar Lengkap SMA Negeri di Boyolali

Inilah daftar SMA Negeri di Kabupaten Boyolali.

Terbaru! Laka Kereta Kelinci di Andong Boyolali, Begini Kondisi Sopir

Sopir kereta kelinci yang terlibat kecelakaan maut di wilayah Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Rabu (11/5/2022) belum dapat dimintai keterangan karena masih sakit.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Cek Pemadaman Listrik di Sukoharjo Hari Ini

Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Sukoharjo, Jawa Tengah, pada hari ini, Jumat, 20 Mei 2022.

12 Klub Ponpes Boyolali Unjuk Gigi dalam Liga Santri Piala Kasad 2022

Liga Santri sekaligus menjadi wadah silaturahmi kebangsaan untuk santri di Boyolali.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini (20/5/2022): Siang-Malam bakal Hujan

Berikut ini tersaji prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini Jumat 20 Mei 2022 secara lengkap.