Sehari 10-15 Orang Pendonor, Stok Darah di PMI Sragen Aman?

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sragen mengungkapkan stok darah di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah aman.

 Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sragen mengecek kesehatan calon pendonor sebelum melakukan donor darah di Kantor PMI Kabupaten Sragen, Minggu (24/7/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

SOLOPOS.COM - Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sragen mengecek kesehatan calon pendonor sebelum melakukan donor darah di Kantor PMI Kabupaten Sragen, Minggu (24/7/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SRAGEN — Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sragen mengungkapkan stok darah di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah aman.

Hal ini dibuktikan dalam sehari terdapat 10-15 pendonor darah yang datang langsung untuk mendonorkan darah di Kantor PMI Kabupaten Sragen Jl. Sukowati No.542 D, Ngrandu, Kelurahan Sragen Wetan, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah 57215.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Dilansir dari akun Instagram resmi PMI Kabupaten Sragen, @pmikabsragen, stok golongan darah A sejumlah 75 kantong, golongan darah B sebanyak 199 kantong, golongan darah O sejumlah 164 kantong, dan golongan darah AB sejumlah 33 kantong.

“Keuntungan donor darah dilihat dari kesehatan, pendonor bisa sekaligus cek kesehatan dengan gratis. Sebelum diberikan ke pasien, kami ada screening dulu. Apabila ada HIV, Hepatitis C, Sipilis. Kalau orang cek sendiri di laboratorium itu kan mahal tapi kalau donor darah saja jadi semacam cek kesehatan gratis,” terang Ketua Palang Merah Indonesia, Ismail Joko Sutrisno, saat ditemui Solopos.com pada Minggu (24/7/2022).

Ketika darah tidak memenuhi syarat akan dikarantina dan dimusnahkan sesuai prosedur. Darah tersebut tidak akan diberikan kepada pasien. Dia menjamin darah yang sampai kepada pasien itu sudah aman. Lalu, lanjutnya, apabila dalam darah tersebut terindikasi penyakit menular maka pihak PMI akan menghubungi pendonor darah.

Baca Juga : Pengumuman, Stok Darah di PMI Sragen Menipis, Ayo Donor

PMI Kabupaten Sragen membuka layanan donor darah langsung ke kantor tanpa harus konfirmasi terlebih dahulu dan terbuka untuk umum atau bukan hanya warga Kabupaten Sragen.

Selain itu, PMI juga menyelenggarakan kegiatan donor darah terencana atau pada momen tertentu, seperti pada Agustus akan melaksanakan donor darah dalam rangka Hari Koperasi. Donor darah akan dilaksanakan di hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Sragen.

Ada juga agenda donor darah melalui mobile unit. Donor darah menggunakan layanan mobile unit dapat dilakukan sesuai permintaan dari pihak penyelenggara. Pada akun Instagram resmi PMI Kabupaten Sragen agenda donor darah mobile unit PMI Sragen terjadwal Kamis (28/7/2022) di Masjid Al Huda Nglorog Sragen mulai pukul 08.00 WIB.

Berikutnya, pada Minggu (31/7/2022) akan dilaksanakan di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Masaran Sragen mulai pukul 18.00 WIB. “Kesadaran masyarakat Kabupaten Sragen ini tinggi sekali. Dalam satu hari bisa 10 hingga 15 pendonor. Jadi memang luar biasa,” terang Ismail.

Salah satu pendonor, Elma Bintarti, mengaku sering melakukan donor darah. Dia mengaku kali ketujuh melakukan donor darah hingga Minggu (24/7/2022).

Baca Juga : Aksi Perbankan Himpun Darah untuk Tambah Stok PMI

“Tapi awalnya donor darah di PMI Kota Solo karena kuliah di UIN Raden Mas Said Surakarta. Sekarang sudah menetap di Sragen jadi kalau mau donor darah ya ke sini [PMI  Kabupaten Sragen]. Saya biasanya dua bulan sekali pasti donor darah karena jika sudah terbiasa di badan itu jadi enak,” ungkap warga Sukodono, Kabupaten Sragen ini.

Sekarang, Anda dapat mengakses informasi seputar donor darah secara mudah melalui aplikasi AyoDonor PMI yang bisa diunduh di Playstore atau Appstore. Aplikasi tersebut dilengkapi fasilitas Kartu Donor Digital, riwayat donor darah, stok darah di UDD PMI, jadwal donor darah mobile unit, mendaftar donor darah dari rumah, mendapatkan informasi tentang kegiatan donor darah, dan berinteraksi dengan pendonor darah seluruh Indonesia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Dilema Hak Asasi Manusia, Destinasi Wisata Prioritas, dan Investasi

      + PLUS Dilema Hak Asasi Manusia, Destinasi Wisata Prioritas, dan Investasi

      Konflik antara pelaku wisata di Taman Nasional Komodo dengan aparat kepolisian pada Senin (1/8/2022) adalah akibat kebijakan pemerintah yang mementingkan urusan investasi dibanding mendengar aspirasi masyarakat yang langsung terdampak kebijakan.

      Berita Terkini

      Upacara Detik-Detik Proklamasi di Karanganyar Digelar di Alun-Alun

      Pemkab Karanganyar memastikan menggelar upacara detik-detik proklamasi di Alun-Alun Karanganyar.

      Karanganyar Imbau Peternak Jaga Kebersihan Kandang Babi, Ini Tujuannya

      Pemkab Karanganyar mengimbau peternak babi memperhatikan kebersihan kandang mencegah penularan wabah PMK

      Kenapa Orang Solo Doyan Makan Sate Kambing & Tengkleng?

      Tahukah Anda kenapa orang Solo doyan makan aneka olahan kuliner kambing?

      Wow, Ada 9 Pasangan Suami-Istri di Sragen Maju di Pilkades 2022

      Ada 18 orang yang merupakan pasangan suami-istri yang maju dalam Pilkades serentak di Sragen.

      Kabar Duka, Kades Gladagsari Boyolali Meninggal Dunia

      Setelah menjalani perawatan di rumah sakit selama sepekan, Kades Gladagsari Edy Suryanto meninggal dunia di rumahnya.

      Ada Senjata Api di Daftar Aset Pemkot Solo, Ini Kenyataannya

      Laman resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Solo menyebutkan ada dua senjata api yang menjadi aset Pemkot Solo.

      Karyawan Pabrik Pergoki Api Menyala dari Rumah Warga Jetak Sragen

      Sumber api diduga berasal dari obat nyamuk yang menyalat kain di sekitar lokasi.

      Ditinggal Pergi, Dapur Rumah Warga Mandong Klaten Terbakar

      Kapolsek Trucuk AKP Sarwoko menjelaskan saat kejadian pemilik rumah tidak berada di tempat

      Sego Trondol Mbok Kam Boyolali Rp5.000, Beri Penasaran Pengunjung

      Sego Trondol Mbok Kam itu mirip nasi kucing dengan menu bandeng, mi, sambal, dan cap jay.

      Dari Pecandu Kini Jadi Pengedar Narkoba, Warga Baki Dibekuk Polisi

      Tersangka sudah membeli obat-obatan terlarang sebanyak lima kali melalui online.

      Vaksinasi PMK di Sukoharjo Masuki Dosis Kedua

      Jumlah vaksin dosis kedua yang diterima Kabupaten Jamu sebanyak 2.100 dosis. Dari jumlah tersebut telah disuntikkan 1.000 dosis.

      KKN UGM Rintis 3 Desa Wisata di Sambungmacan Sragen, Ini Lokasinya

      3 Desa yang dirintis menjadi desa wisata di Kecamatan Sambungmacan, Sragen memiliki potensi yang berbeda untuk mendatangkan pengunjung menikmati desa wisata.

      Inilah Daftar 19 Desa di Sragen yang akan Menggelar Pilkades

      Pilkades serentak akan berlangsung 25 Oktober 2022

      Cuaca Sukoharjo Selasa 9 Agustus Ini, Cerah Berawan Siang Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo secara lengkap untuk hari ini, Selasa (9/8/2022).

      Bukan Magic, Ini Sebab Kebo Bule Keraton Solo Warnanya Putih Kemerahan

      Meski kerap dikaitkan dengan hal-hal magis, warna kulit pada kebo bule seperti yang ada di Keraton Solo bisa dijelaskan secara ilmiah.

      Cuaca Boyolali Selasa 9 Agustus Ini: Cerah Berawan Siang Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Selasa (9/8/2022), tersaji dalam artikel ini secara lengkap.