SOLOPOS.COM - Ilustrasi minum air putih. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Air merupakan salah satu faktor penting yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan air dalam tubuh laki-laki dewasa sekitar 50-60% dari berat badan, sementara pada perempuan dewasa memiliki 50% dari berat badan.

Air putih biasanya dikonsumsi untuk melepas dahaga. Namun, tanpa disadari air putih memiliki segudang manfaat lainnya bagi tubuh.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Total air yang terkandung di dalam tubuh juga dipengaruhi oleh keberlangsungan proses metabolisme.

Dalam laman Kementerian Kesehatan, disebutkan bahwa orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi air putih sebanyak delapan gelas atau setara dengan dua liter sehari.

Salah satu fungsi air adalah agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Bukan sebagai pelepas dahaga saja, air putih juga memiliki segudang manfaat lainnya, salah satunya untuk kesehatan kulit.

Berikut manfaat air putih yang dikutip dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (23/3/2023):

  1. Melancarkan Pencernaan

Salah satu fungsi air putih ialah untuk melancarkan pencernaan. Bila tidak mengonsumsi air putih secara teratur dan cukup, maka akan membuat feses mengeras dan dapat menyebabkan sembelit.

  1. Menjaga Tekanan Darah

Apabila memiliki masalah pada tekanan darah, sebaiknya perbanyak minum air putih. Ini karena air putih dapat berfungsi untuk mengencerkan kandungan garam yang mengikat air. Hal tersebut merupakan salah satu penyebab tekanan darah tinggi.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Air yang mengandung mineral tinggi memiliki kandungan kalium. Kandungan tersebut dapat membantu mengaktifkan elektrolit pada otak yang dapat meningkatkan konsentrasi.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Mengonsumsi air putih secara rutin dapat membuka jalur yang tersumbat dalam peredaran darah. Tekanan darah yang stabil dapat mencegah hadirnya penyakit jantung.

  1. Melembabkan Kulit

Air dapat melembabkan kulit dan membuat kulit tampak lebih sehat. Oleh sebab itu, apabila memiliki masalah kulit seperti kusam dan berjerawat, sebaiknya sering mengonsumsi air putih agar tampak lebih glowing atau berbinar.

  1. Membantu Memecah Lemak

Manfaat air putih lainnya ialah dapat membantu menghindari penumpukan lemak. Mengonsumsi air putih dapat membantu memecahkan lemak sampai membakar beberapa lapisan lemak dalam tubuh. Namun, apabila ingin menurunkan berat badan, sebaiknya didukung dengan olahraga rutin.

Setelah mengetahui segudang manfaat dari mengonsumsi air putih, alangkah lebih baiknya konsumsi air putih secara rutin dan sesuaikan dengan kebutuhan tubuh, yaitu delapan gelas sehari atau setara dengan dua liter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya