SOLOPOS.COM - Land Rover 1967. (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – Berapa harga mobil tua Land Rover yang dipakai pasangan Anies-Cak Imin saat mendaftar ke KPU? Ternyata hampir Rp1 miliar.

Seperti diketahui bahwa pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mendaftar sebagai pasangan Capres dan Cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis 19 Oktober 2023.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Keduanya datang ke Kantor KPU dengan menggunakan kendaraan Land Rover tua berwarna putih. Mobil tersebut sempat diketahui menunggak pajak, namun kemudian dibayar lunas.

Selain itu, Land Rover tersebut juga sudah dimodifikasi. Atap mobil berpelat nomor B 8165 JH itu telah dipapas. Dikutip Bisnis dari informasi Samsat DKI, mobil tersebut keluaran 1967 dengan kapasitas mesin 2.200 cc.

Artinya, Landy–sebutan penggemar Land Rover–tersebut tipe long. Mobil besutan Inggris ini terbilang langka. Pasalnya, di pasaran toko online Indonesia jarang ditemukan. Rata-rata Landy yang dijual di Indonesia di atas tahun 1980-an.

 

Harga Land Rover yang Dipakai Anies

Apabila dilihat di situs jualan daring luar negeri, mobil Land Rover seperti yang ditumpangi Anies tipe Long 2A dibanderol mulai USD24.000 hingga USD55.000 per unit.

Apabila dikurskan rupiah harga mencapai Rp863 juta dengan kurs rupiah Rp15.7000 per USD. Nyaris tembus Rp1 miliar. Harga mobil Landy rata-rata gelap. Semakin tua dan orisinil harga bisa semakin mahal.

Land Rover salah satu merek mobil asal Inggris. Mobil ini diproduksi oleh Jaguar Land Rover. Perusahaan tersebut dibangun pada 1948 di Whitley, Coventry.

Mobil ini merupakan merek tertua setelah Jeep. Seperti dikutip berbagai sumber, nama Land Rover pada awalnya digunakan oleh Rover Company sebagai salah satu model. Pada tahun berikutnya nama itu berkembang menjadi merek tersendiri untuk kendaraan penggerak empat roda.

Pasangan Capres dan Cawapres 2024-2029 Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan) menyapa para pendukung dalam perjalanan ke KPU, Jakarta, Kamis (19/10/2023). Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) berangkat ke KPU untuk mendaftar sebagai pasangan capres dan cawapres. Keduanya berangkat dari kantor DPP NasDem menaiki kendaraan Land Rover dengan atap terbuka. (Bisnis/Himawan L Nugraha.)
Pasangan Capres dan Cawapres 2024-2029 Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan) menyapa para pendukung dalam perjalanan ke KPU, Jakarta, Kamis (19/10/2023). Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) berangkat ke KPU untuk mendaftar sebagai pasangan capres dan cawapres. Keduanya berangkat dari kantor DPP NasDem menaiki kendaraan Land Rover dengan atap terbuka. (Bisnis/Himawan L Nugraha)

Model yang dikeluarkan seperti Defender, Discovery, Freelander, Range Rover, Range Rover Sport, dan Range Rover Evoque. Land Rover saat ini memiliki pabrik di Halewood dan Solihull, dengan fasilitas riset dan pengembangan di di Gaydon dan Whitley.

Pada Juni 2008, Wikipedia menyebut, Ford menjual merek Land Rover dan Jaguar Cars ke Tata Motors. Penjualan ini juga termasuk merek Rover yang sementara tidak aktif. Presiden Joko Widodo sempat memakai Land Rover saat ke KPU pada 2018. Namun, bedanya Jokowi bersama Maruf Amin datang ke KPU saat mengambil nomor undian kontestasi pemilu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya