SOLOPOS.COM - Sebuah bengkuang raksasa dipamerkan di stand SMKN 1 Kedawung, Sragen, saat KTNA Exporience 2022 di Gedung SMS Sragen, Kamis (28/7/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Bengkuang hasil panen SMKN 1 Kedawung Sragen mencuri perhatian para pengunjung KTNA Exporience 2022 di Gedung Sasana Manggala Sragen. Bagaimana tidak, ukurannya yang jumbo dengan berat mencapai 11 kg, membuat bengkuang itu terlihat sangat mencolok.

Jika Anda penasaran, silakan datang ke KTNA Exporience yang masih dibuka hingga 31 Juli 2022 dan langsung menuju stan SMKN 1 Kedawung. Apabila setelah melihat langsung bengkuangnya dan tertarik memilikinya, Anda harus siap-siap kecewa. Karena bengkuang itu tidak dijual.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun Anda masih bisa memiliki bengkuang dengan ukuran jumbo seperti itu dengan menanam bibitnya. SMKN 1 Kedawung menjual bibit bengkuang jumbo itu dalam bentuk biji. Satu paket biji bengkuang jumbo hanya seharga Rp10.000. Di dalamnya ada liam butir biji bengkuang.

Menurut Teknisi Agronomi SMKN 1 Kedawung, Indratno, bibit bengkuang jumbo ini diperoleh dari temannya. Kemudian bibit itu ditanam di kebun kelengkeng. Ternyata hasilnya luar biasa, ukuran bengkuang yang dipanen diameternya enam kali lipat dari ukuran bengkuang pada umumnya.

Baca Juga: SMKN Kedawung Sragen Panen Bengkuang Jumbo, Ini Penampakannya

“Bengkuang satunya besar-besar tetapi ada tiga umbi. Ukurannya tak sebesar yang hanya satu umbi. Bengkuang ini terbesar di se-Kabupaten Sragen. Saya belum tahu ada bengkuang yang lebih besar dari ini. Bengkuang ini tidak dijual, tetapi dipajang untuk pameran,” ujarnya, Kamis (28/9/2022).

Diameter bengkuang itu mencapai 30 sentimeter. Umbi itu dipanen di usia 11 bulan.

Lantas bagaimana dengan rasanya? Sama seperti bengkuang pada umumnya, bengkuang jumbo berasa manis. Setelah dua hari, menurut Indratno, biasanya kandungan airnya lebih banyak.

Baca Juga: Food Estate Jadikan Indonesia Lumbung Pangan Dunia, Mungkinkah?

Selain memamerkan bengkuang jumbo, SMKN 1 Kedawung itu juga memajang produk pertanian lainnya seperti jambu air, kelengkeng, dan buah-buahan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya