SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelamar dalam seleksi lelang jabatan. (freepik)

Solopos.com, WONOGIRI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri segera mengadakan seleksi terbuka pengisian jabatan sekretaris daerah atau sekda dan lima jabatan eselon II lainnya pada Juni 2024 mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Wonogiri, Antonius Purnama Adi, mengatakan Sekda Wonogiri, Haryono, bakal purnatugas atau pensiun per 1 Juni 2024.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Maka dari itu, BKPSDM Wonogiri akan mengadakan seleksi terbuka jabatan sekda pada Juni. Saat ini BKPSDM tengah menyiapkan sejumlah hal termasuk berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk pembukaan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi tersebut.

Anton menyebut BKPSDM juga sedang menyiapkan pembentukan panitia seleksi yang antara lain terdiri atas akademisi, pejabat pimpinan tinggi dari instansi pemerintah terkait, dan pejabat pimpinan tinggi instansi pemerintah lain.

“Kami rencanakan seleksi terbuka dibuka Juni 2024 ini. Kami akan lakukan secepatnya,” kata Anton saat dihubungi Solopos.com, Senin (6/5/2024). Dia melanjutkan saat ini Sekda Wonogiri masih cuti hingga akhir Rabu (29/5/2024).

Jabatan Sekda untuk sementara diemban Asisten Sekda II, FX Franata, sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda. Setelah Haryono resmi pensiun pada awal Juni, jabatan itu akan diisi Penjabat (Pj) Sekda hingga terpilih sekda baru berdasarkan hasil seleksi terbuka.

”Kami belum tahu siapa yang akan menjadi Pj Sekda Wonogiri nanti. Sebab hal itu harus ada izin dari Gubernur Jawa Tengah,” ujar dia. Selain Sekda, Pemkab Wonogiri juga membuka seleksi terbuka untuk lima jabatan eselon II.

Lima jabatan itu meliputi Sekretaris DPRD, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), dan Staf Ahli Bupati.

Anton menjelaskan jabatan Kepala Badan Kesbangpol dan Kepala BPBD Wonogiri saat ini kosong sebagai konsekuensi perubahan kelas dan nomenklatur kedua lembaga tersebut menjadi badan daerah. Sedangkan jabatan pimpinan tinggi lain kosong karena pejabat sebelumnya purnatugas.

”Nanti jadwal seleksi terbuka pengisian enam JPT itu dilaksanakan bareng. Ini terbuka untuk pejabat eselon III yang mau naik eselon II [untuk ikut seleksi],” ungkap Anton.

Sebelumnya, Sekda Wonogiri, Haryono, menyampaikan akan pensiun setelah menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di Pemkab Wonogiri selama 38 tahun. Tidak seperti beberapa pejabat sekda lain di sejumlah daerah yang terjun ke dunia politik selepas pensiun, Haryono memilih kembali ke kampung halaman di Sleman, Yogyakarta.

“Saya pensiun per 1 Juni 2024. Setelah ini saya akan kembali ke rumah, menjadi warga biasa, kembali bersama keluarga,” kata Haryono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya