Segera Dibentuk, Perbakin di Tiap Daerah di Soloraya

Sejumlah klub menembak seperti Senopati dan Mega Bintang yang hadir dalam Rakerkot itu mengusulkan perlu segera dibentuk pengurus Perbakin tingkat daerah

 Caecilia Sekar Maharani, 16, siswi SMAN 3 Sragen menunjukkan piagam penghargaan dua kali Juara I pada ajang National Perbakin Jateng Open Online Shooting 2020, Senin (22/2/2021). (Solopos-Moh. Khodiq Duhri)

SOLOPOS.COM - Caecilia Sekar Maharani, 16, siswi SMAN 3 Sragen menunjukkan piagam penghargaan dua kali Juara I pada ajang National Perbakin Jateng Open Online Shooting 2020, Senin (22/2/2021). (Solopos-Moh. Khodiq Duhri)

Solopos.com, SOLO — Pembentukan pengurus Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) tingkat cabang menguat menjelang Musyawarah Kota (Muskot) Perbakin pada Desember mendatang.

Hal itu mencuat dalam Rapat Kerja Kota (Rakerkot) Perbakin Surakarta yang digelar di Hotel Harris, Sabtu (27/11/2021) malam.

Sejumlah klub menembak seperti Senopati dan Mega Bintang yang hadir dalam Rakerkot itu mengusulkan perlu segera dibentuk pengurus Perbakin tingkat daerah kepada Plt Ketua Perbakin Kota Solo, Helly Sulistyanto yang juga memimpin Rakerkot.

Usulan itu memicu perdebatan sengit antar klub disaat klub menembak Gajah Mungkur tetap menginginkan agar sembilan club yang sebagian anggotanya dari luar Solo tetap menginduk ke Perbakin Kota Solo.

Perdebatan sengit tersebut akhirnya mereda setelah Helly Sulistyanto menjelaskan bahwa Rakerkot bertujuan untuk menyiapkan berbagai ketentuan seperti tata tertib hingga syarat-syarat bakal calon ketua Perbakin Kota Solo dalam pelaksanaan Muskot mendatang.

Muskot sebagai agenda pemilihan ketua sekaligus pembentukan pengurus definitif Perbakin Kota Solo.

Baca Juga: Punya Banyak Senpi, Tersangka Penembakan Mobil Bos Duniatex Dipastikan Bukan Anggota Perbakin Solo 

“Ketua Perbakin Kota Solo terpilih bersama pengurus definitif yang nantinya memiliki tugas berat yakni bisa memisahkan pengurus Perbakin Kota Solo dengan pengurus Perbakin di daerah,” jelas Helly dalam keterangan yang diterima Solopos.com, Minggu (28/11/2021).

Helly merupakan Pengurus Provinsi Perbakin Jateng dan sebagai Plt Ketua Perbakin Kota Solo atau caretaker setelah terjadi kekosongan pengurus usai berakhirnya kepengurusan Perbakin Kota Solo yang diketuai Mudrick Sangidoe.

Selama ini, keanggotaan Perbakin Solo tidak hanya berasal dari klub-klub di Kota Bengawan. Tetapi sejumlah klub yang berada di Soloraya juga menjadi anggota Perbakin Kota Solo.

Baca Juga: Biaya Pakan Satwa TSTJ Disumbang Perbakin Solo 

Dalam Rakerkot juga sempat diwarnai interupsi dari sejumlah klub terutama dalam membahas tentang anggaran dasar atau anggaran rumah tangga (AD/ART) Perbakin, tata tertib dan syarat-syarat bakal calon ketua Perbakin yang akan mendaftar. Termasuk ketentuan bakal calon tidak diperbolehkan berafiliasi dengan partai politik.

Meski sempat terjadi pembahasan alot mengenai tata tertib sesuai AD/ART Perbakin, Rakerkot akhirnya mencapai berbagai kesepakatan mengenai persyaratan bakal calon ketua Perbakin, mekanisme penjaringan calon serta pemilihan ketua Perbakin Kota Surakarta.

“Setelah ada sejumlah kesepakatan dalam Rakerkot yang diikuti 9 klub dengan tiga perwakilan setiap klub, Muskot rencana akan kami gelar pada akhir Desember 2021. Namun berhubung akan ada pemberlakukan PPKM di akhir Desember, Muskot akan kami ajukan tanggalnya. Namun kami belum bisa menjelaskan tanggal berapa Muskot akan digelar,” kata Helly Sulistyanto. (Ichsan Kholif Rahman)

Berita Terkait

Berita Terkini

Bupati Sukoharjo: Masyarakat Tak Perlu Takut Divaksin Booster!

Saat ini, BUpati mengungkapkan status Sukoharjo masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2.

Tepergok Coret-Coret Pintu Toko di Solo, 2 Pelaku Vandalisme Ditangkap

Tim Sparta Polresta Solo menangkap dua pemuda yang tepergok tengah melakukan aksi coret-coret pintu bekas toko di Jl A Yani, Rabu (19/1/2022) dini hari.

Keindahan WKO Bisa Dinikmati Maksimal di Gunung Kemukus pada Bulan Ini

Keberadaan Waduk Kedung Ombo menambah daya tarik Objek Wisata Gunung Kemukus di Sragen. Keindahan maksimal bisa dinikmati wisatawan saat air Waduk Kedung Ombo mencapai ketinggian puncak.

Kecemplung Kali Pas Naik Motor, Warga Trucuk Klaten Ditemukan Meninggal

Titik Dwi Sumiati, 60, warga Desa Gaden, Trucuk, Klaten, meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan tunggal di Kali Kuning, Kecamatan Trucuk, Kamis (20/1/2022) malam.

Di Sukoharjo, Anak-Anak Diajak Naik Mobil Patroli Polisi Usai Divaksin

Adanya varian baru virus Covid-19 jenis Omicron menjadi tantangan bersama untuk menurunkan angka penularan dengan cara percepatan vaksinasi maupun penerapan protokol kesehatan.

Ini Rahasia Kenikmatan Seduhan Teh Kemuning

Cita rasa teh asli Kemuning, Karanganyar begitu sedap dan berbeda dari produk lain karena diolah dengan cara tradisional.

Sedapnya Teh Kemuning Karanganyar, Beda dari Pabrikan

Cita rasa teh tradisional dari perkebunan di Kemuning, Ngargoyoso, Jawa Tengah, amat sedap dan berbeda dengan buatan pabrik.

Ini Kronologi Motor Tukang Ojek Asal Jumapolo Dibawa Kabur Penumpang

Entah apa yang membuat Sabar Mualim, tukang ojek asal Matesih, Karanganyar, mau menyerahkan sepeda motornya dipinjam penumpang yang belakangan diketahui adalah penipu ini begitu saja.

Niat Cari Jalan Halus, 2 Truk Ini Terperosok ke Jalan Rusak di Sragen

Dua truk sarat muatan terperosok ke jalan yang rusak di Jl. Gabugan-Sumberlawang tepatnya di dekat SMPN 1 Tanon, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Jumat (21/1/2022).

Tega! Bukannya Bayar, Pengojek Solo-Karanganyar Bawa Kabur Motor Sabar

Sepeda motor milik tukang ojek asal Karanganyar, Sabar Mualim, 49, digondol penumpang saat mengantarkan dari Solo-Karanganyar, Kamis (20/1/2022).

Vaksinasi Booster di Wonogiri Menyasar Petugas Pelayanan Publik

Petugas pelayanan publik yang divaksinasi booster di Wonogiri seperti polisi, TNI, perangkat desa, dan pegawai instansi pemerintah.

Warga Lansia Ditemukan Meninggal Dunia di Parit Miri Sragen

Seorang warga lansia ditemukan meninggal dunia di parit Dukuh Sumberjo RT 013, Desa Girimargo, Kecamatan Miri, Sragen.

Berkat Jembatan Gantung, Warga Girpasang Bisa Keluar Kampung Malam Hari

Sebelum ada jembatan gantung, warga Girpasang tidak berani keluar malam karena jalan setapak di tepian jurang kondisinya  licin.

Meski Deg-Degan, Warga Girpasang Kini Bisa Bawa Pulang Motor ke Rumah

Selama ini, akses utama warga melewati jalan setapak di tepian jurang dan dikenal dengan nama 1.001 anak tangga.

Kerabat Mangkunegaran Solo soal Calon MN X: Bhre Sosok yang Visioner

Kerabat Pura Mangkunegaran Solo yang juga penari Irawati Kusumorasri menyebut GPH Bhre Cakrahutomo sebagai sosok yang visioner dan punya jaringan luas.

Naik Drastis, Produksi Ikan di Klaten 30.109 Ton Setahun

Produksi ikan di Kabupaten Klaten pada 2021 naik drastis hingga 2.109 ton dibandingkan setahun sebelumnya.