Segar dan Nikmat, Ini 5 Manfaat Minum Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan
Air kelapa muda miliki banyak manfaat (ilustrasi/istimewa)

Solopos.com, SOLO--Air kelapa muda memang sangat nikmat dan jadi primadona terutama saat cuaca yang panas atau setelah beraktivitas berat. Tak hanya itu, minuman ini juga punya banyak manfaat kesehatan yang setara dengan kenikmatannya.

Air kelapa muda mengandung nutrisi yang melimpah, mulai dari Vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, asam folat, dan lain-lain. Minuman ini juga bisa dikonsumsi secara teratur, asal jangan berlebihan. Merangkum dari beberapa sumber belum lama ini, berikut manfaat kelapa muda bagi kesehatan.

Ekonomi China Pulih Ke Tingkat Pertumbuhan Prapandemi, 2 Sektor Ini Jadi Kunci

Mencegah Dehidrasi

Kandungan elektrolit dalam kelapa muda sangat tinggi, sehingga dapat dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh ketika sedang beraktivitas.

Bahkan, menurut penelitian, manfaat air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang dengan cepat bila dibandingkan air biasa atau minuman olahraga.

Minuman ini juga mengandung potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah. Selain itu, air kelapa muda juga sangat mudah diserap tubuh. Hal itulah yang menjadi alasan manfaat air kelapa muda dapat menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

Menghilangkan Racun dalam Tubuh

Air kelapa muda dapat menetralisir racun di dalam tubuh, sebab kandungan Tanin dan antidotum (anti racun) pada air kelapa muda sangat tinggi. Minuman ini juga mengandung enzim yang dapat mengurai sifat racun dalam tubuh.

Tanin bersifat antibakteri yang akan menghambat pertumbuhan bakteri dalam tubuh, sehingga bermanfaat dalam membantu penyembuhan diare akibat bakteri.

Melansir dari klikdokter.com, Jumat (22/01/2020), gejala diare diasumsikan sebagai tanda keracunan makanan. Hal ini dapat membuat penderita kehilangan banyak kalium bersama feses, sehingga tubuh akan mengalami kekurangan kalium.

Akibat kekurangan kalium perut akan kembung dan sakit. Namun, dengan mengkonsumsi air kelapa, kalium dalam tubuh akan tergantikan, sehingga mengurangi gejala kembung.

Mungkin inilah yang menyebabkan banyak orang menganggap air kelapa menghilangkan racun. Sebab, air kelapa membantu penderita diare atau gangguan pencernaan lainnya untuk merasa lebih baik.

Menurunkan Tekanan Darah

Kadar kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah. Air kelapa muda juga dianggap dapat membantu menurunkan risiko terbentuknya gumpalan darah di pembuluh darah.

Dalam penelitian yang dimuat pada West Indian Medical Journal menjelaskan hasil observasi pada penderita tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin. Hasilnya menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi mereka secara rata-rata menurun.

Selain itu, air kelapa juga dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi pembentukan plak gigi, mengatur penyerapan gula, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Jangan Takut Vaksin Covid-19

Mengandung Antioksidan

Melansir dari sehatq.com, air kelapa muda juga dipercaya dapat membantu menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas yang dapat muncul apabila seseorang berolahraga terlalu keras. Radikal bebas, dalam jumlah berlebih, dapat menyebabkan kerusakan sel, dan memicu berbagai penyakit.

Senyawa fenolik dalam air kelapa muda merupakan senyawa antioksidan untuk menangkal dampak buruk radikal bebas. Senyawa ini juga diketahui dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan oksidatif pada sel tubuh.

Selain itu, para peneliti menemukan bahwa air kelapa muda atau hijau mengandung peptida alami atau partikel protein kecil yang dapat membunuh sel kanker secara in vitro. Protein ini memiliki antioksidan yang luar biasa, sehingga manfaat air kelapa muda juga untuk meningkatkan kekebalan tubuh, memiliki sifat anti-mikroba, dan anti-inflamasi.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Air kelapa juga dapat membantu memperbaiki proses metabolisme di dalam tubuh. Inilah yang mampu menurunkan risiko sejumlah penyakit metabolik, seperti penyakit jantung. Penyakit metabolik ditandai dengan tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, trigliserida tinggi, kadar kolesterol jahat (LDL) tinggi, kolesterol baik (HDL) rendah, dan lemak perut berlebih.

Dalam suatu penelitian yang dilakukan pada hewan uji, hewan yang mengonsumsi air kelapa muda, mengalami penurunan kadar kolesterol dalam darah dan trigliserida, serta menurunkan perlemakan hati. Namun, penelitian lebih lanjut tentang hal ini masih perlu dilakukan.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom