SOLOPOS.COM - Warga berfoto di patung gitar yang tersebar di setiap wilayah rukun tetangga (RT) Desa Ngrombo, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Sabtu (4/9/2021). (Istimewa/Saryadi)

Solopos.com, SUKOHARJO–Selain disambut pengrajin gitar, para delegasi anggota G20 bakal disuguhi kuliner khas Desa Ngrombo yakni sega guwakan.

Pemerintah desa dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Ngrombo Kuncoro juga menyiapkan suvenir berupa miniatur gitar untuk rombongan delegasi G20.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Desa Ngrombo, Sri Partini, mengatakan telah menyiapkan seremoni penyambutan saat rombongan delegasi G20 berkunjung di sentra industri gitar pada 25 Juni 2022.

Lokasi pertama penyambutan di gapura berbentuk gitar yang menjadi pintu gerbang wilayah Desa Ngrombo.

“Perwakilan delegasi bakal dikalungi bunga saat tiba di gapura gitar Desa Ngrombo. Proses penyambutan dilakukan oleh pemerintah desa dan 75 pengrajin gitar yang menyanyikan lagu Ngrombo Kuncoro,” kata dia, saat ditemui Solopos.com, Selasa (21/6/2022).

Rombongan delegasi G20 lantas diarahkan menuju showroom kerajinan gitar.

Baca Juga: Mau Dolan ke Kampung Gitar? Cek Paket Wisata Desa Ngrombo Sukoharjo Ini

Di lokasi itu, mereka bisa belajar cara memproduksi gitar mulai dari awal hingga tahap finishing. Perwakilan pengrajin gitar berkumpul di area showroom kerajinan gitar.

Di showroom itu juga dipamerkan beragam jenis gitar seperti klasik, ukulele hingga akustik.

“Kami juga menyiapkan makanan khas Desa Ngrombo yakni sega guwakan. Makanan tradisional ini menjadi bekal para petani yang bekerja di sawah,” kata dia.

Lebih jauh, Partini menambahkan rombongan delegasi anggota G20 bakal diberi cinderamata berupa gitar berukuran kecil karya para pengrajin gitar.

Gitar itu sebagai oleh-oleh untuk delegasi anggota G20 dan dibawa pulang ke negaranya masing-masing.

Baca Juga: Ada 212 Perajin Gitar, Desa Ngrombo Sukoharjo Siap Sambut Delegasi G20

“Harapan kami, para delegasi bisa menceritakan potensi dan keunikan Desa Ngrombo kepada kerabat, teman atau rekan kerja di negara masing-masing. Sehingga, nama Desa Ngrombo juga dikenal di luar negeri.”

Sementara itu, Kepala Desa Jangglengan, Kecamatan Nguter, Sutoyo, mengatakan rombongan delegasi anggota G20 juga bakal mengunjungi desa tersebut. Mereka bakal mengupas pengembangan digitalisasi desa dan potensi unggulan.

“Untuk seremoni khusus tidak ada karena waktunya sangat mepet. Mungkin waktu kunjungan rombongan delegasi G20 hanya satu jam-dua jam di setiap lokasi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya