SOLOPOS.COM - Asri Hartanti, guru SMK di Wonogiri yang viral berkat video percakapan dalam bahasa Inggris yang diunggah di Tiktok. Foto diambil Rabu (7/6/2023) di SMK Bhakti Mulia, Wonogiri. (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Ibu-ibu asal Wonogiri, Asri Hartanti, yang viral berkat video percakapannya dengan sang anak dalam bahasa Inggris yang ia unggah di Tiktok, Senin (5/6/2023), mengaku sempat dibuat sedih dan kesal ketika awal-awal menjadi content creator.

Asri mulai membuat konten-konten video percakapan dalam bahasa Inggris sejak 2020 lalu. Ia membuat konten lebih karena ingin menjaga dan mengasah kemampuannya berbicara dalam bahasa Inggris. Apalagi ia seorang guru bahasa Inggris salah satu SMK yang tiap hari harus mengajar murid-murid.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun demikian, di awal-awal menjadi content creator dan mengunggah video di media sosial, Asri sempat mendapat komentar negatif atau cibiran dari warganet.    

“Kadang memang ada yang memberikan komentar negatif, misalnya bilang sok pakai bahasa Inggris. Konten yang diniatkan dibuat bagus tetap saja ada yang komen jelek. Hal itu kadang buat saya kesal walaupun enggak lama,” ucap Asri saat diwawancarai Solopos.com di sekolah tempatnya mengajar SMK Bhakti Mulia Wonogiri, Rabu (7/6/2023).

Ibu-ibu asal Wonogiri itu menyampaikan sejak awal alasan utama dia membikin konten video percakapan dalam bahasa Inggris di media sosial bukan karena ingin viral atau untuk sok Inggris tapi karena ingin melatih dan menjaga keterampilan bicara dalam bahasa Inggris. 

Melalui konten-konten yang ia buat, Asri juga ingin memperlihatkan bahwa media sosial tidak selalu memberikan dampak negatif bagi penggunanya. Menurut dia, media sosial jika digunakan dengan tepat, dampaknya juga luar biasa baik.

Lewat konten-konten bikinannya, Asri sekaligus ingin mengajak agar orang-orang percaya diri berbicara dalam bahasa Inggris. Sebab kunci utama agar bisa berbicara dalam bahasa Inggris adalah dengan praktik.

Siaran Langsung Setiap Hari

“Jujur saja, waktu awal saya bikin konten, saya diam, bingung mau ngomong apa. Karena sudah lama sekali tidak ngomong bahasa Inggris. Setelah saya paksa, baru akhirnya bisa akhirnya terbiasa. Practice make perfect,” kata Asri.

Asri mengatakan setiap dua hari sekali ia mengunggah video percakapan dalam bahasa Inggris. Selain itu ia siaran langsung (live) setiap hari di media sosial Tiktok. Meski begitu Asri memastikan hal itu sama sekali tidak mengganggu jadwal mengajarnya maupun perannya sebagai orang tua bagi tiga anaknya.

“Saya konsisten buat konten setiap dua hari sekali, saya unggah. Tetapi saya live streaming dua kali setiap hari. Biasanya pukul 09.00 WIB-10.00 WIB dan pukul 14.00 WIB atau 16.30 WIB, itu jam-jam longgar. Tidak mengganggu jadwal mengajar,” ujar ibu tiga anak asal Giriwono, Wonogiri, itu.

Siaran live, bagi Asri, selain untuk membangun komunikasi dan melatih keterampilan bahasa Inggris, juga sebagai upaya membangun akun Tiktok agar segera berkembang karena banyak pengunjung.

Setelah video viral itu, pengikut akun Tiktok-nya ibu-ibu Wonogiri dengan nama @a5rihartanti itu meningkat pesat. Saat ini ia punya lebih dari 200.000 pengikut, bertambah 100.000 pengikut dalam kurun waktu dua hari sejak video percakapan bahasa Inggris itu diunggah.

Sebelumnya diberitakan, video seorang ibu-ibu asal Wonogiri yang tengah mengobrol dalam bahasa Inggris dengan anak perempuannya viral di media sosial Tiktok. Video yang diunggah pengguna akun Tiktok @a5rihartanti, pada Senin (5/6/2023) itu sudah ditonton hingga 8,3 juta kali pada Rabu (7/6/2023) pukul 13.00 WIB.

Obrolan Ibu-Anak

Selain itu video tersebut sudah mendulang 1 juta likes, 11.900 komentar, dan dibagikan sebanyak 74.100 kali. Dalam video itu tampak ibu dan anak perempuannya itu mengenai hijab warna cokelat.

Mereka duduk di tengah areal persawahan. Sang ibu mengajari anaknya untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Ia menggunakan kalimat-kalimat sederhana seperti “do you like it here?”.

Ketika anaknya menjawab “it’s so fresh”, ibu tersebut membetulkan kalimat anaknya dengan mengatakan “the air is fresh” dan meminta anaknya menirukan perkatannya. Obrolan ibu dan anak asal Wonogiri dalam video viral itu berlanjut ke hal-hal sederhana lain seperti warna langit, dan sebagainya.

Sang ibu juga meminta anaknya menggambarkan adiknya yang bermain di sekitar mereka, bagaimana pakaiannya, apa warnanya, dan seterusnya.

Video berdurasi 2 menit 6 detik itu dibanjiri pujian warganet di kolom komentar. “Gaada medoknya bahasa Inggrisnya keren banget si Ibu,” tulis warga Tiktok dengan akun @SeptianaNau.

Warganet lain dengan akun @Tezet Zauri memuji logat ibu tersebut. “kyk orang bule beneran logatnya, mantab,” tulisnya.

“bujuk pronon nya mantep bener kaya emak emak amrik,” komentar pengguna akun @NPC2898.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya