Sederet Penemuan Harta Karun Fenomenal di Indonesia, Termasuk di Bengawan Solo
Pipa besar di dasar sungai Bengawan Solo mengeluarkan limbah pekat hitam, panas, dan berbau busuk di Sukoharjo-Wonogiri, Rabu (22/11/2019). (Solopos/Cahyadi Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Belakangan ini pemerintah Indonesia baru saja membuka investasi dari pihak asing untuk mencari harta karun di Indonesia.

Hal tersebut tertuang pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10/2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal.

Izin investasi asing mengenai pencairan harta karu di Indonesia ini juga dibenarkan oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia.

Baca Juga: Mirip Brompton, Berapa Harga Sepeda yang Dipakai Gibran Saat Mider Praja?

"Jadi dari 20 bidang usaha, enam ditutup, 14 dibuka. Tapi buka tanpa ada persyaratan. Dibuka ada syarat khusus. Dari 20, 14 yang dibuka [salah satunya] pengangkatan berharga muatan kapal tenggelam. Jadi, kalau mau cari harta karun di laut-laut bisa lah kau turun," ujar dia dilansir Detik.com, Selasa (2/3/2021).

Terlepas dari itu, di Indonesia sendiri ada pihak yang pernah menemukan beberapa harta karun yang kala itu terbilang fenomenal. Apa dan di mana saja harta karun tersebut ditemukan di Indonesia?

Baca Juga:  Viral Polwan Cantik Grobogan, Katanya Mirip Prilly Latuconsina dan Awkarin

4 Harta Karun Fenomenal di Indonesia

Berikut ini 5 penemuan harta karun di Indonesia, sebagaimana telah diberitakan Liputan6.com.

1. Aceh

Seorang warga Desa Gampong Pande, Aceh bernama Fatimah ketiban rezeki setelah menemukan harta karun berupa koin-koin emas di dalam kotak pada 2013.

Kota tersebut ia temukan ketika mencari tiram. Ia pun kaget mendapatkan kotak berisi koin-koin emas tersebut.

Baca Juga:  Wali Kota Solo Gibran Suka Pakai Jam Tangan di Sebelah Kiri, Apa Maknanya?

"Koin-koin itu tumpah ketika ia membuka peti itu," ujar tetangga Fatimah, Abdullah.

Penemuan harta karun di Indonesia ini menjadi salah satu hal yang fenomenal dan viral kala itu.

Baca Juga:  Tak Hanya Waduk Cengklik, Ini 5 Tempat Wisata Hits Lainnya di Boyolali

2. 80 Mil dari Pelabuhan Cirebon

Harta karun di Indonesia yang fenomenal selanjutnya adalah ditemukannya 270 ribu objek berharga, seperti kristal, permata, keramik, porselen China, mutiara, dan emas di sekitar 80 mil Pelabuhan Cirebon, antara Pulau Kalimantan dan Pulau Jawa. Nilai harta karun itu diperkirakan Rp720 miliar.

Peristiwa penemuan harta karun tersebut diduga berasal dari sebuah bangkai kapal yang karam pada abad ke-10. Dan harta karun itu ditemukan pada 2004 oleh para nelayan.

Baca Juga: Merinding! Ada 5 Penampakan Ngeri di Solo, Pernah Lihat?

Di antara penemuan berharga itu, ada batu permata besar yang disebut-sebut milik Dinasti Fatimiyah, seorang perempuan yang diduga keturunan Nabi Muhammad.

3. Pulau Belitung

Seorang direktur perusahaan beton asal Jerman, Tilman Walterfang menemukan harta karun bernilai jutaan dolar AS di perairan Pulau Belitung.

Sekitar 60 ribu artefak ditemukan. Beberapa di antaranya, kendi minuman anggur, mangkuk teh dengan pola timbul dari emas, piala perak, dan juga piring yang berusia 1.200 tahun.

Baca Juga:  Catat Baik-baik! Ini Cara Mendapatkan Rumah DP 0 Persen

Harta karun ini konon katanya berasal dari bangkai kapal layar jenis dhow yang tenggelam sekitar 830 Masehi di 1,6 kilometer dari lepas pantau Pulau Belitung.

4. Bengawan Solo

Pada 2018 lalu, warga bantaran Sungai Bengawan Solo berduyun-duyun ramai berburu emas di kali terpanjang di Jawa itu.

Fenomena tersebut terjadi di Bojonegoro, Jawa Timur. Mereka mencari perhiasan emas yang diperkirkan berasal dari pedagang kuno yang perahunya karam di Bengawan Solo.

Baca Juga:  Meski Tetanggaan, Kisah Cinta Wali Kota Solo Gibran dan Selvi Berawal di Singapura

Hal tersebut dibenarkan oleh Arkeolog Dinas Kebudayan dan Periwisata (Disbudpar) Bojonegoro, Nunung Dianawati.

"Bengawan Solo tidak memiliki potensi tambang emas. Itu bisa jadi karena jalur perdagangan dahulunya. Jadi kemungkinan itu harta perhiasan dari para pedagang yang perahunya karam di zaman dahulu," jelas Nunung kepada Okezone.com, Selasa (16/10/2018).

Baca Juga:  Deretan Artis Indonesia yang Meninggal karena Covid-19



Berita Terkini Lainnya








Kolom