Sedekahan, Tradisi Usai Panen di Petilasan Sunan Kalijaga di Sragen

Tradisi sedekahan dilakukan warga Dusun Dukuh sejak zaman simbah-simbah dulu dan masih lestari sampai sekarang.

 Ratusan tampah berisi makanan yang dibawa warga dikumpulkan di Punden Sumber yang dipercaya sebagai petilasan wali di Dusun Dukuh, Desa Tenggak, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, Sabtu (18/6/2022). (Istimewa/Muh. Husnul Azis)

SOLOPOS.COM - Ratusan tampah berisi makanan yang dibawa warga dikumpulkan di Punden Sumber yang dipercaya sebagai petilasan wali di Dusun Dukuh, Desa Tenggak, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, Sabtu (18/6/2022). (Istimewa/Muh. Husnul Azis)

Solopos.com, SRAGEN — Puluhan warga dari lingkungan RT 007 dan RT 008 Dusun Dukuh, Desa Tenggak, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, berbondong-bondong membawa makanan ke punden sumber di pinggiran desa, Sabtu (18/6/2022) pagi. Konon, Sunan Kalijaga dan Joko Tingkir pernah singgah di punden yang di dalamnya terdampak sumber air yang hingga kini belum pernah mengering.

Sumber air di punden sumber Sragen itu dulunya sebuah sendang kemudian menjadi sumur kawak. Tempat itu merupakan sumber kehidupan pada masa lampau. Untuk sampai ke tempat itu, warga harus melewati pematang sawah karena punden itu berada di tengah areal persawahan. Setelah didoakan bersama, makanan tradisional itu dibawa pulang untuk dinikmati satu keluarga.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Acara tersebut dikenal dengan sebutan sedekahan. Tradisi sedekahan dilakukan warga Dusun Dukuh sejak zaman simbah-simbah dulu dan masih lestari sampai sekarang. Momentum sedekahan itu mengambil momentum habis panen pada musim panen II atau walikan dengan memilih hari Sabtu Kliwon.

“Acara sedekahan ini dilakukan setiap tahun sekali. Biasanya habis panen walikan. Tradisi ini peninggalan simbah-simbah dulu. Sedekahan itu dilakukan di dua tempat, yakni di permakaman umum dan di punden Eyang Sumber. Makanan yang dibawa ke punden itu macam-macam, ada ayam panggang, pisang, nasi, aneka lauk dan makanan tradisional lainnya,” ujar Ketua RT 007 Dusun Dukuh, Muh. Husnul Azis, Sabtu pagi.

Azis, sapaan akrabnya, mengungkapkan punden sumber itu sejarahnya merupakan peninggalan para wali. Azis menyebut dari cerita simbah-simbah dulu, Sunan Kalijaga dan Joko Tingkir pernah singgah di punden itu.

Baca juga: Berburu Senja di Objek Wisata Baru Embung Nawang Wulan Sambirejo Sragen

Dia menyampaikan Joko Tingkir mampir di tempat itu kemudian menuju ke Tambak yang ada di Desa Sribit, Sidoharjo. Joko Tingkir ini memang murid Sunan Kalijaga yang kemudian menjadi Sultan Pajang bergelar Sultan Hadiwijaya.

“Sumber itu sekarang berupa sumur kawak yang terbuat dari batu bata. Diameter sumur berbelung tabung itu sekitar 1 meter dengan kedalaman sumur kurang dari 8 meter. Sekarang air sumur itu tidak lagi digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Paling hanya para petani yang berteduh di tempat itu dan mengambil airnya untuk mencuci muka. Katanya saat cuaca panas, air itu bisa mendinginkan muka saat membasuhnya,” ujar Azis.

Pada menjelang Ramadan, lanjut dia, warga mengambil air dari sumur kawak kemudian dicampurkan dengan air di bak mandi kemudian untuk mandi satu keluarga. Dia mengatakan ada pula yang mandi di punden itu tetapi tidak sampai lepas baju.

Baca juga: Bocah Karangmalang Sragen Ini Dinobatkan Hero Anak oleh Unicef

“Padusan itu juga dilakukan menjelang Sura. Tradisi lainnya seperti pengantin itu juga cuci muka dan cuci kaki dan tangan di sumber itu. Orang hamil pertama juga mandi di tempat itu. Tujuannya mencari berkah karena tempat petilasan wali. Khusus bagi yang hamil pertama itu bukan mengambil hari Sabtu Kliwon tetapi Sabtu Wage,” jelasnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Teknologi Biogas Untuk Selamatkan Air Terjun Ponogoro dari Kotoran Sapi

+ PLUS Teknologi Biogas Untuk Selamatkan Air Terjun Ponogoro dari Kotoran Sapi

Penggunaan teknologi biogas bisa membantu menyelamatkan Objek Wisata Air Terjun Pletuk di Dusun Jurug, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo, yang sepi pengunjung karena tercemar limbah kotoran sapi.

Berita Terkini

Sang Legenda! Naik Damar Sasongko Solo-Sukoharjo Serasa Bus Perang

Bus perintis Solo-Jatipuro, Damar Sasongko, merupakan sang legenda di Sukoharjo yang memacu adrenalin penumpang karena serasa menumpang bus perang.

60 Mobil Ikuti Bhayangkara Autoshow di Wonogiri, Ini Keseruannya

Polres Wonogiri menggelar Bhayangkara autoshow yang diikuti 60 peserta mobil modifikasi dari sejumlah daerah di Tanah Air

Baru 6 Hari Dimakamkan, Tim Dokter Polda Jateng Autopsi Warga Sragen

Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama melalui Kanit Pidana Umum Polres Sragen Ipda Setya Pramana mengatakan autopsi ini atas permintaan keluarga karena adanya kecurigaan dan kejanggalan saat meninggal dunia.

Desain Bangunan Pasar Jongke Tak Berubah, Kios Akan Tampak dari Luar

Kepala Bidang Sarana Distribusi Perdagangan Dinas Perdagangan Solo, Joko Sartono menjelaskan kios Pasar Kabangan dan Jongke nanti kelihatan dari jalan.

Nostalgia Naik 7 Bus Legend Rute Solo-Sukoharjo, Sensasinya Hmm Mantap

Deretan bus perintis yang legend di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah sampai saat ini masih cukup eksis meskipun jumlah penumpangnya terus menurun.

Gagal Diraih Solo, Ini Potensi 4 Kota Kreatif Unesco di Indonesia

Kota Solo dua kali gagal meraih predikat The Unesco Creative Cities Network (UCCN) atau Kota Kreatif Unesco. Di Indonesia, terdapat empat kota yang sudah dinobatkan sebagai Kota Kreatif Unesco.

Obati Rindu! CFD Klaten di Jl Mayor Kusmanto Diserbu Warga

Penyelenggaraan CFD perdana di Klaten setelah dua tahun tutup akibat pandemi Covid-19 diserbu warga.

Disebut Tak Punya Bumel, Ini Deretan Bus Kota Legend di Sukoharjo

Masih ingat dengan deretan bus perintis yang legend di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah?

Bulan Bakti IIDI, Bagikan 1.000 Telur untuk Anak-Anak di CFD

Sebanyak 1.000 telur dibagikan dalam rangka Bulan Bakti Ikatan Istri Dokter Indonesia, yang mengusung tema dukung program prioritas nasional cegah stunting.

Warga Banjiri CFD Perdana di Jl. Mayor Kusmanto Klaten

Warga membanjiri kawasan jalan Mayor Kusmanto yang digunakan untuk area CFD.

Round Up Masalah PPDB SMA/SMK di Solo: Zonasi - Manipulasi Bikin Pusing

Sederet masalah mewarnai proses PPDB SMA/SMK di Kota Solo pada tahun ini.

Round Up Remaja Wonogiri Hilang - Hamil, Ayah Bayi Masih Misterius

Sosok ayah bayi dalam kandungan remaja Wonogiri yang hilang setahun lalu sampai saat ini belum diketahui dengan pasti.

Murah Banget! Harga Makanan di Warung Pak Solet Makamhaji Mulai Rp8.000

Harga makanan di warung makan Pak Solet, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, murah meriah, mulai Rp8.000 per porsi.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Bakal Hujan Lama

Prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini, Minggu (3/7/2022), hujan akan turun sejak siang hingga malam.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini Minggu 3 Juli 2022 Hujan Siang Malam

Inilah prakiraan cuaca untuk kawasan Sukoharjo pada hari Minggu (3/7/2022).