SOLOPOS.COM - ilustrasi sedekah laut (JIBI/dok)

Harianjogja.com, Gunungkidul-Setiap satu hari menjelang Satu Sura, pedagang di Pantai Baron menggelar sebuah prosesi yang melambangkan doa.

Pada suatu siang tepatnya Senin (4/11/2013) di Pendapa Pantai Baron tampak ramai warga berkumpul. Mereka tampak antusias menyaksikan sebuah prosesi yang tersaji di hadapan mata.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tampak puluhan wanita pedagang memakai kebaya serta kemben. Laki-laki pun tak kalah penampilannya. Mereka mengenakan pakaian adat jawa lengkap.

Mereka duduk melingkari nasi tumpeng yang digunakan untuk kenduri. Usai sesepuh membacakan doa yang diamini semua warga yang hadir. Usai menggelar kenduri, puluhan pasukan lombok abang dengan sigap berbaris.

Di tengah-tengah mereka tampak sesepuh membawa tungku yang baranya tengah membakar kemenyan. Di belakangnya disusul empat orang domas yang membawa senampan kembang setaman.

Para wanita dan laki-laki pedagang pun mengekor di belakang. Disusul para pria yang membawa lima gunungan dengan kelengkapan isinya mulai dari aneka masakan, bubur merah dan putih hingga kepala kambing.

Arak-arakan itu berjalan perlahan menuju bibir Pantai Baron. Sesampainya di bibir pantai, doa dipanjatkan kembali sambil menabur bunga. Lima gunungan pun dengan segera dinaikkan ke lima perahu jungkung untuk dibawa ke tengah laut. Gunungan itu pun dilarung untuk dipersembahkan kepada Ratu Kidul.

Pamengku Adat Desa Kemadang MB Joyo Suwarno mengisahkan segala prosesi itu selalu digelar sebagai peringatan tahun baru Jawa. Pedagang Baron selalu menggelar prosesi satu hari sebelum Satu Sura.

“Prosesi ini sebagai wujud rasa syukur atas kelancaran rejeki yang sudah diterima selama ini. Selain itu melalui prosesi ini para pedagang juga memanjatkan doa kepada Tuhan melalui perantara Ratu Kidul agar diberikan kelimpahan kemudian,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya