SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Keutamaan dan manfaat sedekah tak bisa dipandang sederhana. Ibadah ini bahkan dikatakan sebagai salah satu ibadah yang bisa memudahkan penyelesaian segala bentuk urusan dan permasalahan manusia di muka bumi.

Ustad Ahmad Andres Bahari dalam Program Bincang Zakat di Radio Star Jogja menyatakan bagi umat Islam,Sedekah menjadi satu kewajiban yang harus dikeluarkan.Lewat sedekah, Masyarakat dapat juga meningkatkan derajat ekonomi kaum dhuafa.Sedekah juga bisa membawa kemudahan dan tak jarang mendapatkan ganjaran di luar perkiraan.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Ia menuturkan Surat At Taubah Ayat 60 menyebutkan ada 8 golongan yang wajib diutamakan dalam penerimaan sedekah.Mereka adalah kaum fakir, miskin, amil (pengurus sedekah),gharim ( orang yang punya hutang ),orang yang berjuang di jalan Allah, budak, orang yang kehabisan bekal di jalan serta muallaf atau orang yang baru masuk agama Islam.

Perbincangan yang hadir setiap Hari Selasa minggu ketiga tiap bulannya ini langsung mendapat tanggapan dari Jogja Lovers,Pendengar Radio Star Jogja.Adi di Jogja lewat telpon meminta tanggapan tentang memberi sedekah kepada orang yang menunggu ( Njagake ) pemberian kita.

Menjawab pertanyaan ini,Ustad Ahmad mengajak Semuanya untuk iklas dalam memberikan sedekah tanpa mengungkit-ungkit apa yang pernah diberikan.Agar penerima tidak selalu berharap dan menunggu pemberian,sebaiknya sedekah yang dilakukan diwujudkan dalam bentuk modal usaha.Ini menjadi pancingan agar penerima mau berusaha dan menjadi mandiri.

Sementara itu ,Arifin di kulonprogo menanyakan bagaimana menjadi pribadi yang lurus di jalan Allah.Ustad Ahmad memberi saran agar mengamalkan ajaran tombo ati, cari lingkungan yang lebih baik dengan teman yang baik.Diharapkan juga mereka bisa datang ke pengajian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya