SOLOPOS.COM - Salah satu gelaran seni, Beksan Lawung yang ditampilkan dalam Gelar Budaya Nusantara, Minggu (4/5/2014) di Lapangan Banaran, Kecamatan Galur, Kulonprogo. (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N.S)

Harianjoogja.com, KULONPROGO- Budaya sebagai identitas suatu bangsa sudah selayaknya dilestarikan. Gelar Budaya Nusantara yang diselenggarakan, Minggu (4/5/2014) dimeriahkan berbagai atraksi budaya di Lapangan Banaran, Kecamatan Galur, Kulonprogo.

“Gelar budaya ini merupakan wujud sedekah kami pada Indonesia. Ada berbagai seni yang ditampilkan di acara ini,” ujar Penyelenggara Gelar Budaya Nusantara, Ki Sabdalangit.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gelaran budaya nusantara ini dimeriahkan dengan berbagai atraksi seni dan pementasan wayang semalam suntuk dengan lakon Satriya Piningit. Lakon  ini disesuaikan dengan momentum jelang pemilihan presiden 2014.

Perhelatan budaya ini juga dikemas dengan sarasehan yang turut disampaikan oleh Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo, Bupati Kutai Timur Isran Noor serta akademisi UGM Arie Sujito. Sarasehan bertajuk Menggali Budaya Agraris dan Maritim sebagai Identifikasi Jati Diri Bangsa Indonesia Demi Kembalinya Kejayaan Nusantara mencoba mengajak masyarakat untuk menyerukan pelestarian budaya.

“Tema ini  juga sangat tepat bagi Kulonprogo. Kabupaten ini juga diarahkan oleh gubernur dari bertani juga dagang layar. Kami ingin sekali menggali potensi laut yang ada di kabupaten ini,” jelas Hasto.

Hasto mengatakan acara ini dapat menjadi media untuk mengajak masyarakat turut serta dalam melestarikan budayanya. Tak hanya sekedar nguri-nguri budaya Jawi, tetapi juga dapat berperan aktif dalam melestarikan budaya Indonesia.

Isran Noor memaparkan slogan Bela Kulonprogo Beli Kulonprogo yang dicetuskan Bupati Kulonprogo menjadi isyarat lain. Warga Kulonprogo tak hanya peduli pada potensi pangan dan pertaniannya semata.

“Tetapi warga Kulonprogo, khususnya warga Banaran dan Galur telah ikut membeli dan membela budaya-budaya Nusantara,” jelas Isran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya