Tutup Iklan

Sedang Hamil, Mahasiswi UNS Solo Raih Medali Pencak Silat PON XX Papua

Nadia Haq Umami Nur Cahyani, sukses mengoleksi medali perunggu dalam cabang olahraga (cabor) pencak silat dalam PON XX Papua.

 Nadia Haq Umami Nur Cahyan. (Instagram)

SOLOPOS.COM - Nadia Haq Umami Nur Cahyan. (Instagram)

Solopos.com, SOLO – Putri Solo kelahiran 12 Agustus 1998, Nadia Haq Umami Nur Cahyani, sukses mengoleksi medali perunggu dalam cabang olahraga (cabor) pencak silat dalam PON XX Papua.

Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, meraih medali pencak silat saat dirinya tengah mengandung buah hati.

Lewat akun media sosial Instagram miliknya, @nadiahaqumaminurcahyani ia membagikan video saat pertandingan pencak silat. “alhamdulillah calon debayku kuat banget nemenin mamahnya berjuang di PON sampai semifinal, udah ikut PON sejak dini ya nak,” kata Nadia di akun Instagramnya.

Baca Juga: Keren! Penutupan PON XX Papua Malam Ini Diwarnai Pesta Kembang Api

Mahasiswi angkatan 2016 itu mulai menekuni bela diri nusantara itu sejak duduk di kelas 3 sekolah dasar (SD). Nadia terinspirasi dari sosok ayahnya yang juga seorang atlet pencak silat. Nadia meyakini selain dapat melindungi diri, pencak silat dapat melatih konsentrasi.

“Kebetulan Bapak mantan atlet nasional, waktu kecil di tinggal sama Bapak main di Sea Games. Bapak sudah mengenalkan pencak silat dari kecil, jadinya saya tertarik. Saya sering lihat Bapak saya berlatih,” kenang Nadia dilansir dari website resmi uns.ac.id.

Ia menambahkan bapaknya lah pelatih pencak silat sejak anak-anak dulu. Orang tuanya juga terus berpesan agar giat berlatih. Bahkan, bapak Nadia lah sosok inspirasi hingga membuat Nadia mencatatkan berbagai prestasi.

“Yang melatih Nadia dari kecil itu ya Bapak. Bapak baru melepas Nadia latihan baru waktu kuliah. Selama masih pelajar dulu, Bapak yang terus melatih saya,” ungkap dia.

Nadia sapaan akrabnya, mengoleksi banyak medali nasional dan internasional sejak fokus di dunia pencak silat. PON 2016 lalu, Nadia sukses menyabet medali perunggu. Lalu, Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2017 ia mendapat medali emas di kelas Fighter, dan medali perunggu untuk kelas seni tunggal.

Baca Juga: Disiarkan TVRI, Ini Jadwal Piala Thomas Indonesia vs Malaysia Malam Ini

Kemudian, di ajang ASEAN School Games 2013 di Vietnam Nadia menyabet juara 2, lalu ia berhasil keluar sebagai juara pertama dalam Kejuaraan Silat Antar Bangsa Feskom 2017 di Malaysia. Lalu, kompetisi UNJ Open pada Mei 2018 ia mendapatkan juara pertama.

“Latihan rutin dari Senin sampai Sabtu, setiap latihan dibagi dua sesi, sore sama malam. Setiap sesi sekitar 2 jam. Tidak ada pilihan lain selain berlatih keras dan pantang menyerah untuk menjadi juara,” terang Nadia.

Nadia mengatakan dari sekian banyak perlombaan yang ia ikuti, PON adalah perlombaan yang paling berkesan untuk Nadia. Menurutnya, PON merupakan ajang bergengsi di Indonesia.


Berita Terkait

Espos Premium

Gamelan Memengaruhi Musik Barat Sejak Awal Abad XX

Gamelan Memengaruhi Musik Barat Sejak Awal Abad XX

Pagodes dari Estampes pour Piano (1903), misalnya, menggunakan sistem pentatonik dan tempi bertingkat (semakin tinggi nada, semakin cepat suaranya; semakin rendah nadanya, semakin lambat suaranya) yang membangkitkan suara gamelan

Berita Terkini

Tundukkan Crystal Palace, Steven Gerrard Bangga pada Pemain Aston Villa

Steven Gerrard bangga atas kerja keras para pemain Aston Villa saat mereka menundukkan tuan rumah Crystal Palace dengan skor 2-1.

Liverpool Benamkan Southampton 4-0, Klopp Sanjung Diogo Jota

Liverpool mencukur Southampton 4-0 dalam laga pekan ke-13 Liga Inggris di Stadion Anfield, Sabtu (27/11/2021).

Resmi Bergabung ke Persis Solo, Ini Komentar Jacksen F Tiago

Persis Solo secara resmi menunjuk Jacksen Ferreira Tiago sebagai Manajer Tim Laskar Sambernyawa.

Ganjar: Borobudur Marathon 2021 Momen Majukan Sport Tourism Indonesia

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyadari ajang Borobudur Marathon 2021 menjadi momentum memajukan sport tourism di Indonesia.

Resmikan Persis Store & Cafe, Ini Kata Wawali Solo

Persis Store and Cafe milik klub sepak bola kebanggaan wong Solo, Persis Solo, resmi beroperasi pada Sabtu (27/11/2021) sore.

Gandeng UMKM, Persis Solo Luncurkan Official Merchandise Store Pertama

Persis Store berlokasi di kompleks Stadion Manahan di Jl. Menteri Supeno No.10, Banjarsari, Kota Solo. Selain merchandise Persis Solo, ada juga produk UMKM yang dijajakan.

Susul Greysia/Apriyani, Marcus/Kevin Tembus Final Indonesia Open 2021

Ganda putra andalan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, sukses menembus babak final Indonesia Open 2021.

Jacksen Jadi Manajer di Persis Solo, Eko Purdjianto Tetap Jadi Pelatih

Persis Solo resmi menunjuk Jacksen Ferreira Tiago sebagai manajer. Posisi pelatih kepala masih diduduki oleh Eko Purdjianto.

Berikut Daftar Pemenang Borobudur Marathon 2021

Pelari nasional, Agus Prayogo, dan Odekta Naibaho, tampil sebagai yang tercepat pada ajang Borobudur Marathon 2021 yang digelar di kawasan Candi Borobudur.

Sah! Jacksen F Tiago Gabung Persis Solo

Mantan Pelatih Persipura Jacksen Fereirra Tiago resmi bergabung ke Persis Solo.

Prediksi Skor Liverpool vs Southampton, Bisa Menang Besar The Reds?

Liverpool akan menghadapi tantangan Southampton pada pekan ke-13 Liga Premier Inggris.

Jos! Greysia/Apriyani Lolos ke Final Indonesia Open 2021

Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu sukses melaju ke babak final Indonesia Open 2021.

Agus Prayogo dan Odekta Naibaho Juara Borobudur Marathon 2021

Agus Prayogo berhasil memecahkan rekor PON Papua saat menjuarai Borobudur Marathon 2021.

Top! Egy Maulana Vikri Cetak Gol Pertama di Liga Slovakia

Bintang Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri, sukses mencetak gol pertamanya di Liga Slovakia bersama klub FK Senica.

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Arsenal vs Newcastle United

Arsenal akan menghadapi tantangan dari Newcatle United dalam lanjutan pekan ke-13 Liga Premier Inggris.