SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf meragukan hasil survei Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis). Survei itu menyebut selisih elektabilitas pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga tinggal 4,1%.

Dalam survei itu, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf disebut tinggal 45,90% dan Prabowo-Sandiaga sudah melesat menjadi 41,80%. Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo – Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding, menilai rekam jejak Puskaptis kerap keliru dalam melakukan survei dan hitung cepat. Jadi, Karding mengaku tidak khawatir dengan hasil survei Puskaptis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pada Pilpres 2014 Puskaptis pernah menyatakan pasangan Prabowo-Hatta menang dari Jokowi-JK, tapi nyatanya KPU menentapkan Jokowi-JK yang menjadi presiden dan wakil presiden,” ungkap Karding Rabu (30/1/2019).

“Saat Pilkada Jakarta 2012 Puskaptis menyebut Jokowi-Ahok tidak akan bisa mengalahkan petahana Fauzi Bowo-Nachrawi Ramli, tapi nyatanya yang dilantik di DPRD menjadi gubernur dan wakil gubernur adalah Jokowi-Ahok,” tambahnya.

Karding pun percaya diri, TKN Jokowi-Ma’ruf masih meyakini bahwa Jokowi-Ma’ruf akan memenangkan Pilpres dengan telak. “Ini berdasarkan sejumlah lembaga survei yang kredibel, bukan abal-abal,” sindir Karding.

Sementara itu, Data Lingkaran Survei Indonesia (LSI) per Desember 2018 menyatakan elektabilitas Jokowi-Ma’ruf masih unggul 54,2% dibandingkan Prabowo-Sandi yang memperoleh 30,6%.  Kemudian, elektabilitas kedua paslon yang dihimpun Litbang Kompas menyatakan Jokowi-Ma’ruf unggul 52,6%, sementara Prabowo-Sandi 32,7%.

Selain itu, Charta Politika menemukan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin unggul dengan perolehan 53,2%, sedangkan Prabowo-Sandi memperoleh suara 34,1%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya