SOLOPOS.COM - Mantan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Tokoh senior PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo menyindir kader partai banteng moncong putih yang hanya memikirkan duit dengan menyebut mereka banteng celengan.

Hal itu diungkapkan Rudy, sapaan akrabnya, saat dimintai tanggapan wartawan mengenai pernyataan Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Bambang “Pacul” Wuryanto, yang menyebut kader PDIP pendukung Ganjar Pranowo bukan banteng melainkan celeng.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti diketahui, celengan adalah benda berbentuk tabung yang berfungsi untuk menyimpan uang. Kata itu bisa juga diartikan tabungan.

Ditemui wartawan di kediamannya, Pucangsawit, Jebres, Solo, Kamis (14/11/2021), Rudy mengaku lebih suka disebut sebagai banteng celeng. Hal itu karena menurutnya banteng celeng ini lah yang tegak lurus dengan keputusan partai.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Rudy Dukung Ganjar, Begini Reaksi Pimpinan PAC PDIP di Solo

Ketua DPC PDIP Solo itu justru mempertanyakan kader-kader partai yang hanya berorientasi pada mengumpulkan uang. Ia menyebut mereka sebagai banteng celengan.

“Mereka, banteng celengan ini, berbeda dengan banteng celeng. Banteng celeng ini berjuang bagaimana mencari suara sebanyak-banyaknya, tidak menggantungkan kepada orang lain. Tapi bagaimana mendapatkan sesuatu yang nanti bermanfaat bagi bangsa dan negara,” tegas Rudy.

Rudy Ngaku Sempat Tersinggung Perkataan Bambang Pacul

Lebih lanjut, mantan Wali Kota Solo tersebut mengatakan tugas celeng adalah meluruskan dan menjalankan aturan-aturan partai. Saat Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, sudah memutuskan, Rudy memastikan keputusan itu pasti akan diikuti para kader partai yang disebut celeng itu.

Rudy mengakui, sebagai kader senior PDIP, ia merasa tersinggung dengan pernyataan Bambang Pacul yang menyebut kader PDIP pendukung Ganjar Pranowo bukan banteng tapi celeng.

Baca Juga: Kata Rudy, Celeng Lebih Baik Timbang Banteng Celengan, Sindir Pacul?

“Ya jelaslah. Kalau kader yang seperti saya dan teman-teman yang lain yang tua-tua, mulai dari banteng segi lima, sampai sekarang banteng bulat ini sangat-sangat tersinggung,” ungkapnya.

Namun demikian, Rudy mengatakan tak mau memperpanjang hal itu. Ia memilih mengambil sisi positifnya. “Ambil positifnya saja, bahwa banteng celeng itu lah yang tegak lurus, namun kalau banteng celengan itu lah banteng yang hanya mengurus pundi-pundi saja,” katanya.

Sebagaimana diberitakan, Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo memberikan pembelaan kepada kader PDIP yang disebut oleh Bambang Pacul sebagai celeng karena mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres pada 2024 mendatang.

Rudy meminta para kader tersebut untuk tidak berkecil hati atau merasa terlukai dengan pernyataan tersebut. Ia juga mempersilakan apabila ada kader PDIP Solo yang ingin deklarasi mendukung Ganjar di Pilpres mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya