Sebulan Kursi DPRD Setyo Sukarno Kosong, Begini Teka-Teki Pengisinya
Setyo Sukarno, calon wakil bupati mendampingi Joko Sutopo (Jekek). (solopos)

Solopos.com, WONOGIRI — Kursi DPRD Wonogiri yang ditinggalkan politikus PDIP, Setyo Sukarno, sejak 23 September, tetap kosong setelah lebih dari sebulan ditinggalkan penggunanya. Setyo mengundurkan diri sebagai legislator setelah ditetapkan sebagai calon wakil bupati atau cawabup mendampingi calon bupati atau cabup petahana, Joko Sutopo, pada Pilkada Wonogiri 2020.

PDIP sebagai partai pengusungnya belum menunjuk pengganti antarwaktu atau PAW Setyo Sukarno di kursi DPRD Wonogiri. Setyo yang juga Sekretaris DPC PDIP Wonogiri, kepada Solopos.com, Selasa (27/10/2020), menyampaikan DPC PDIP sudah mengusulkan lima calon PAW dirinya kepada DPP PDIP. Nyatanya, DPP belum menetapkan satu di antara mereka yang bakal menduduki kursinya di DPRD.

Lima calon PAW tersebut merupakan calon anggota legislatif atau caleg satu daerah pemilihan atau dapil dengan Setyo, yakni dapil V. Pada Pemilu Legislatif 2019 lalu mereka tak lolos menjadi anggota DPRD. Secara kalkulasi normatif, calon PAW Setyo terkuat adalah caleg PDIP dapil V yang memperoleh suara sah terbanyak kelima atau urutan teratas setelah empat caleg yang lolos menjadi legislator.

Peluang Bisnis Coffee Bun Menggiurkan, Begini Kalkulasinya...

“Namun, partai kami punya mekanisme tersendiri dalam menentukan PAW anggota DPRD/DPR. Jadi, kami mengusulkan lima nama caleg sedapil dengan saya [dapil V] yang pada Pileg 2019 lalu tak lolos menjadi anggota DPRD. Jadi, caleg yang memperoleh suara sah terbanyak kelima belum tentu akan ditetapkan sebagai PAW saya. Kewenangan sepenuhnya di tangan DPP,” kata Setyo saat dihubungi.

Dia melanjutkan, kelima calon PAW dirinya hingga kini masih tercatat sebagai kader PDIP. Mereka sehat jasmani dan rohani. Hal itu berarti mereka tidak ada yang berhalangan tetap, sehingga mereka layak menjadi anggota DPRD. Berdasar ketentuan, caleg yang bisa menjadi PAW adalah caleg yang tak berhalangan tetap.

Mestinya Welas Handayani

Informasi yang dihimpun Solopos.com, kelima calon PAW Setyo Sukarno mengisi kursi DPRD yang diusulkan DPC PDIP kepada DPP PDIP secara berurutan meliputi Welas Handayani pada Pileg 2019 lalu memperoleh 3.210 suara, Nuryanto 3.187 suara, Hascaryo 1.727 suara, Agnes Wuri Yanuar Pancasunu 1.129 suara, dan Anastasia Hartini 418 suara.

Ahli Malaysia Yakin Bungkus Makanan Tak Tularkan Covid-19

Empat caleg dapil V yang lolos menjadi legislator, meliputi Setyo pada Pileg 2019 lalu memperoleh suara terbanyak pertama, yakni 14.772 suara dan Novri Roesmono memperoleh 7.037 suara. Dua lainnya, yakni Irwan Hadi Purnomo meraup 5.576 suara dan Soetarno S.R. 3.736 suara.

Terkait dengan posisi Ketua DPRD, Setyo menginformasikan DPP PDIP sudah menunjuk Sriyono untuk mengisinya. Sebelumnya, DPC PDIP mengusulkan dua nama, yakni Sriyono dan Gimanto.

Seperti diketahui, Setyo menjadi legislator selama lima periode. Dua periode terakhir dia menjadi Ketua DPRD.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom