SOLOPOS.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani, berbincang dengan warga Girpasang saat melewati jembatan gantung Girpasang, Kamis (20/1/2022). Jembatan gantung itu dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk memudahkan akses warga Girpasang. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATENJembatan gantung Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten, resmi difungsikan untuk penyeberangan.

Peresmian jembatan itu digelar Kamis (20/1/2022) sore. Jembatan diresmikan Ketua DPR RI, Puan Maharani. Puan Maharani datang bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) Basuki Hadimuljono, sejumlah anggota DPR RI dan DPRD Provinsi Jawa Tengah, serta Forkompimda Klaten. Sejumlah kepala daerah di Soloraya dari PDIP turut hadir pada peresmian jembatan itu.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pada kesempatan tersebut, Puan menyempatkan diri menyeberangi jembatan gantung dan mengunjungi perkampungan di Girpasang di bawah guyuran gerimis. Puan terlihat tenang melintasi jembatan tersebut. Dia ditemani sejumlah warga Girpasang dan berbincang di tengah jembatan sembari melihat ke sisi jurang.

Baca Juga: Hari Ini Jembatan Girpasang Diresmikan, Masyarakat: Matur Suwun…

Puan juga memasuki perkampungan serta berbincang dengan sesepuh Girpasang, Mbah Padmo. Sementara itu, pada samping ujung jembatan yang berada di Dukuh Girpasang, terpasang spanduk bertuliskan “Kepak Sayap Kebhinekaan” dan bergambar foto Puan Maharani.

Puan mengatakan jembatan gantung Girpasang tak hanya berfungsi untuk mempermudah warga Girpasang. Jembatan itu belakangan menjadi daya tarik wisata.

“Tadi disampaikan Sabtu-Minggu hampir 5.000 orang antre [menyeberangi jembatan] pasti mau foto,selfie, mau ngonten, pasang di medsos, dan lain-lain. Namun, tentu saja harus diutamakan keselamatan. Jangan sampai orang itu berdesak-desakan. Yang pertama, sekarang masih pandemi Covid-19. Kedua, bagaimana kekuatan dan kapasitas jembatan gantung ini,” jelas Puan.

Baca Juga: Puan Dijadwalkan Hadiri Peresmian Jembatan Gantung Girpasang

Puan berharap warga bergotong royong merawat jembatan gantung tersebut. Selain itu, jembatan harus dicek secara berkala untuk memastikan keamanan jika dilintasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya