SOLOPOS.COM - Suasana Candi Borobudur saat libur Lebaran 2022. (Solopos.com-GM Candi Borobudur)

Solopos.com, SOLO-Sebelum naik menjadi Rp750.000, intip yuk berapa harga tiket masuk ke Candi Borobudur. Sebagaimana diketahui nama candi Buddha ini sedang jadi perbincangan warganet.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan akan membatasi jumlah pengunjung di kawasan wisata berupa candi di Jawa Tengah tersebut.  Pembatasan itu juga diiringi kebijakan tarif baru tiket masuk, yakni US$100 untuk wisatawan mancanegara dan Rp750.000 untuk wisatawan domestik.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Lalu berapakah harga tiket masuk ke Candi Borobudur sebelum ada rencana naik menjadi Rp750.000 tersebut? Dikutip dari laman borobudurpark.com, Minggu (5/6/2022), sejak awal memang sudah ada pembedaan tarif kunjungan untuk turis domestik dan mancanegara.

Bukan hanya itu, pihak pengelola yaitu Taman Wisata  Candi Indonesia Heritage Management juga menyediakan paket terusan misalnya Borobudur-Prambanan atau Borobudur-Ratu Boko. Paket terusan ini tarifnya beda.

Baca Juga: Jadi Sorotan Warganet, Candi Borobudur Trending di Twitter

Sebelumnya, ketahui dulu yuk sejarahnya. Dinasti Sailendra membangun peninggalan Budha terbesar di dunia antara 780-840 Masehi. Dinasti Sailendra merupakan dinasti yang berkuasa pada masa itu. Peninggalan ini dibangun sebagai tempat pemujaan Budha dan tempat ziarah.

Tempat ini berisi petunjuk agar manusia menjauhkan diri dari nafsu dunia dan menuju pencerahan dan kebijaksanaan menurut Buddha. Peninggalan ini ditemukan oleh Pasukan Inggris pada tahun 1814 dibawah pimpinan Sir Thomas Stanford Raffles. Area candi berhasil dibersihkan seluruhnya pada tahun 1835.

Borobudur dibangun dengan gaya Mandala yang mencerminkan alam semesta dalam kepercayaan Buddha. Struktur bangunan ini berbentuk kotak dengan empat pintu masuk dan titik pusat berbentuk lingkaran. Jika dilihat dari luar hingga ke dalam terbagi menjadi dua bagian yaitu alam dunia yang terbagi menjadi tiga zona di bagian luar, dan alam Nirwana di bagian pusat.

Baca Juga: Tiket Masuk Candi Borobudur Rp750.000 Per Orang dan Wisatawan Dibatasi

Secara kesulurhan terdapat 504 Buddha dengan sikap meditasi dan enam posisi tangan yang berbeda di sepanjang candi. Selama restorasi pada awal abad ke 20, ditemukan dua candi yang lebih kecil di sekitar Borobudur, yaitu Candi Pawon dan Candi Mendut yang segaris dengan Candi Borobudur.

Candi Pawon berada 1.15 km dari Borobudur, sementara Candi Mendut berada 3 km dari Candi Borobudur. Terdapat kepercayaan bahwa ada hubungan keagamaan antara ketiga candi tersebut namun masih belum diketahui secara pasti proses ritualnya.

Ketiga candi membentuk rute untuk Festival Hari Waisak yag digelar tiap tahun saat bulan purnama pada Bulan April atau Mei. Festival tersebut sebagai peringatan atas lahir dan meninggalnya, serta pencerahan yang diberikan oleh Buddha Gautama.

Informasi Tiket

Tiket masuk wisatawan nusantara per orang untuk sekali masuk ke Taman Wisata Candi Borobudur adalah sebagai berikut:

Usia 10 tahun keatas: Rp 50.000
Usia 3 s/d 10 tahun: Rp 25.000

Baca Juga: Tiket Candi Borobudur Naik Ugal-Ugalan, Dosen UGM Jogja: Akal-Akalan!

(Termasuk premi asuransi Rp 500 per orang)

Sedangkan untuk paket terusan adalah sebagai berikut:

1. Borobudur–Prambanan

Usia 10 tahun keatas: Rp 75.000
Usia 3 s/d 10 tahun: Rp 35.000

2. Borobudur–Ratu Boko

Usia 10 tahun ke atas: Rp 75.000
Usia 3 s/d 10 tahun: Rp 35.000

Sedangkan harga tiket untuk turis mancanegara ke Candi Borobudur sebelum naik adalah sebagai berikut:

1.  TWC Borobudur: US$25 (>10 tahun), US$15 (3-10 tahun) dan pelajar US$15.



2.  Borobudur-Prambanan package: US$45 (usia >10 tahun), US$27 (3-10 tahun).

3. Borobudur-Ratu Boko US$45 (>10 tahun), US$27 (3-10 tahun)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya