SOLOPOS.COM - Ilustrasi pasien Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, WONOGIRI – Ustaz pimpinan ponpes di Sempon, Jatisrono, Wonogiri, diketahui menerima banyak tamu sebelum berangkat ke Demak dan dinyatakan positif Covid-19 setelah pulang.

Posisi sebagai pinpinan Ponpes Al Amanah membuat KH. Saefudin Arifin Al Khafidz tidak mungkin menghindari pertemuan dengan banyak orang. Dengan demikian sumber penularan Covid-19 kepadanya masih misterius.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ustaz Arifin kemungkinan tidak tertular Covid-19 saat di Demak. Sebab, selama dua hari di sana dia hanya bertemu dengan keluarganya dan tidak mampir ke mana pun.

Ekspedisi Mudik 2024

“Beliau [Ustaz Saefudin Arifin] mengeluhkan sakit memang beberapa hari setelah dari Demak. Namun, faktanya keluarganya di Demak negatif semua. Beliau sendiri yang menginformasikan kepada saya,” kata Mubarok yang juga Ketua PCNU Wonogiri tersebut saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (1/8/2020).

Peretas Akun Twitter Barrack Obama dan Elon Musk Ternyata Pemuda 17 Tahun

Dia melanjutkan sebelum ke Demak, Ustaz Arifin menerima tamu dari berbagai daerah, seperti Jawa Timur dan Jawa Tengah di ponpes Sempon itu. Mubarok menilai hal itu tidak bisa dihindari karena status Ustaz Arifin sebagai pengasuh ponpes dan tokoh NU Wonogiri.

Sumber Penularan

Pada posisi itu dia tak bisa menolak orang datang bersilaturahmi. Pada sisi lain di kalangan NU, berjabat tangan, mencium tangan, dan berpelukan sebagai tanda penghormatan sudah menjadi tradisi.

“Selain itu banyak orang dari berbagai daerah yang salat di masjid pondok. Masjid itu memang untuk umum, letaknya di tepi jalan. Tak jarang rombongan dari berbagai daerah mampir untuk salat di masjid,” imbuh Mubarok.

Sejarah Bakso Wonogiri hingga Moncer ke Pelosok Negeri

Atas kondisi tersebut, menurut dia belum bisa dipastikan Ustaz Arifin terinfeksi Covid-19 dari seseorang saat berada di Demak, meski Demak pernah menjadi zona merah Covid-19. Pasalnya, banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Terlebih, ada banyak orang yang pernah bertemu dengan Ustaz Arifin sebelum ke Demak.

Kini Ustaz Arifin pengasuh ponpes di Sempon itu sudah dinyatakan sembuh. Dia telah dua kali menjalani tes swab dan hasilnya negatif secara berturut-turut. Dia dibawa pulang ke kediamannya di kompleks pondok pesantren atau ponpes, Kamis (30/7/2020) sore lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya