Sebelum Ganti Oli Setelah Mudik, Simak Tips Pengecekan Berikut Ini

Pertanyaan yang kerap bikin penasaran adalah perlukah ganti oli setelah mudik?

 Ilustrasi pengecekan untuk ganti oli. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengecekan untuk ganti oli. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Setelah menempuh perjalanan mudik dan balik kembali, apakah perlu oli mesin itu diganti?  Terlebih lagi perjalanan panjang membuat mesin bekerja lebih lama dari biasanya.

Terlebih lagi berada konstan di rpm tinggi lebih lama, beban motor yang lebih berat akibat barang bawaan, dan hambatan angin serta suhu yang lebih tinggi selain dari pengaruh cuaca juga dampak suhu panas yang  ditimbulkan dari mesin motor dan mobil di sekitarnya. Simak ulasannya di tips otomotif kali ini.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Senior Instruktur Astra Motor Jateng Oke Desiyanto, menjawab pertanyaan perlukah ganti oli mesin setelah mudik tersebut. Dia menjelaskan bahwa untuk mengetahui perlu ganti oli atau tidak, harus melalui pengecekan motor terlebih dahulu dan pengecekan ini sebenarnya bisa dilakukan sendiri oleh bikers.

Baca Juga: MOTOR HONDA : Ganti Oli Mesin, Warga Sukoharjo Menangi Vario

“Menjaga kesehatan mesin sangat dianjurkan karena mempengaruhi usia mesin. Penting bagi bikers memiliki mesin yang terawat karena akan berpengaruh terhadap pengendalian serta menjaga kelancaran mesin mengirim tenaga yang dibutuhkan, serta suhu mesin yang terjaga,” ungkap Oke dalam siara pers yang diterima Solopos.com pada Rabu (18/5/2022).

Sebelum memutuskan ganti oli, simak tips pengecekan dari Honda Motor Jateng berikut ini.  Pertama, posisikan motor kondisi tegak kemudian buka dipstick oli, bersihkan dari oli yang menempel, kemudian masukkan kembali putar hingga menutup sempurna untuk mengambil permukaan ketinggian volume oli dalam mesin, jika oli masih menempel hingga level garis maksimal, artinya kapasitas oli dalam kondisi aman.

Berikutnya periksa warna dan kondisi oli, pastikan warna tidak hitam pekat dan tidak keruh, gunakan alas berwarna putih sebagai alas meneliti. Langkah terakhir adalah adalah periksa jarak tempuh motor apakah masih di dalam jarak tempuh siklus penggantian oli yang disarankan dalam buku pedoman pemilik.

Baca Juga:  Astra Motor Jateng Berjaya di Honda National Bikers Gathering

Bila ketiga hal tersebut di atas terpenuhi aman maka oli tidak perlu diganti. Sejumlah bikers memilih untuk mengganti kembali oli mesin walaupun masih aman karena terdorong faktor psikologis yaitu menambah ‘rasa’ aman dan memanjakan kendaraan. Jika ditinjau dari sisi perawatan yang dianjurkan yaitu volume oli, kondisi oli dan jarak tempuh siklus penggantian oli masih dalam kondisi aman, maka mesin akan bekerja normal dan optimal.

Siklus penggantian oli dengan durasi jarak tempuh masing–masing jenis motor dan tipe bisa berbeda, contoh Beat, Genio, Vario memiliki siklus setiap 4000 km, sedangkan PCX dan ADV setiap 6.000 km. Sedang untuk tipe oli yang digunakan adalah Jaso MB untuk motor Matik dan Jaso MA untuk kopling basah seperti motor Sport dan Bebek (Japan Automobile Standart Organization).

Baca Juga: Astra Motor Jateng Rilis Honda New CB150X Spesialis Adventure – Touring

Kekentalan oli untuk motor matik, bebek dan sport menggunakan SAE 10W – 30 (Society of Automotive Engineer). Sedangkan untuk motor sport terdapat pilihan lain menggunakan 20W-40. Dan Standar klasifikasi kualitas oli yaitu american petrolium institute (API) untuk motor Honda dianjurkan mulai dari SL.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Dana Abadi Rp7 Triliun untuk Mencapai Status Kampus Kelas Dunia

+ PLUS Dana Abadi Rp7 Triliun untuk Mencapai Status Kampus Kelas Dunia

Pemerintah mengalokasikan dana abadi Rp7 triliun untuk menunjang peningkatan kualitas perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH) menjadi perguruan tinggi kelas dunia.

Berita Terkini

Kecelakaan Cipularang, Kenapa Rem Bus Sering Blong?

Kecelakaan beruntun terjadi di ruas Tol Cipularang diduga karena bus mengalami rem blong. Kenapa rem bus sering blong?

Berapa Biaya Balik Nama Sepeda Motor 2022? Siapkan Dana Segini...

Membeli sepeda motor bekas dari orang lain memang perlu dibalik nama. Namun berapa kira-kira biaya balik nama motor 2022?

Rekomendasi Mobil Bekas di Bawah Rp100 Juta Terbaik untuk Keluarga

Jika pandai memilih, ada banyak pilihan yang tersedia dan berikut rekomendasi mobil bekas di bawah Rp100 juta.

City Car Bekas Rp50 jutaan, Ini Pilihannya Buat Anda

City Car masih jadi pilihan, berikut City Car bekas Rp50 jutaan yang bisa Anda bawa pulang.

Mengenal Kakek Buyut Honda CB yang Banyak Digandrungi di Indonesia

Honda CB merupakan salah satu produk sepeda motor jadul yang diluncurkan Honda sebelum sang bos, Soichiro Honda, pensiun. Honda CB450K0 yang diluncurkan pada 1965 merupakan generasi pertama dari Honda CB yang digandrungi banyak pecinta motor di Indonesia hingga saat ini.

Alessa eX3000 Motor Listrik Buatan Dalam Negeri, Ini Spesifikasinya

Pasar kendaraan listrik di Indonesia semakin ramai dengan kehadiran sepeda motor listrik Alessa eX3000

Triumph Luncurkan Street Triple RS 2022 Warna Baru di India

Tampil dengan pilihan warna baru, sepeda motor Triumph Motorcycles India yakni Street Triple RS meluncur di pasar otomotif India.

Isi Bensin Full Tank Apakah Bahaya? Ternyata Begini Jawabannya

Isi bensin full tank apakah bahaya? Pertanyaan ini sering dilontarkan beberapa pemilik kendaraan bermotor.

Gonta Ganti Merek Oli, Awas Ini Dampaknya Buat Sepeda Motor

Waktu pergantian oli, yang harus diperhatikan adalah tidak boleh gonta-ganti merek oli karena akan ada dampaknya untuk sepeda motor Anda.

Faktor Sejarah dan Budaya Bikin Mobil Jepang Rajai Jalanan di Indonesia

Sejak kali pertama mengaspal di Indonesia pada 1960-an, produk otomotif asal Jepang langsung menggeser dominasi produk serupa asal Amerika dan Eropa.

Ingin Baterai Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 Awet, Ini Caranya

Penurunan pemakaian baterai pada mobil listrik dipengaruhi cara dan kebiasaan mengisi daya. Umur baterai akan berbeda tergantung cara mengisi dayanya.

Cara Naik KRL Tanpa Kartu Yang Berlaku Mulai Hari Ini

Penumpang KRL atau Kereta Rel Listrik Commuter Line semakin dimudahkan untuk naik KRL tanpa kartu. Mau tahu cara naik KRL tanpa kartu?

Berapa Tarif Isi Daya Kendaraan Listrik di SPKLU PLN

Untuk pengisian daya baterai kendaraan listrik sudah ada SPKLU PLN. Lantas berapa tarif di SPKLU PLN.

Catat! Jenis Pelanggaran Tilang ETLE & Dendanya

Inilah sederet pelanggaran lalu lintas yang akan dikenai sanksi tilang elektronik atau ETLE.

Isi Radiator Mobil Masih Gunakan Air Biasa? Ini Efek Negatifnya

Mengisi radiator mobil dengan air biasa atau air dalam kemasan, bisa menimbulkan efek negatif pada radiator.

Tips Merawat Sepeda Motor Baru, Agar Performa Tetap Oke

Perawatan kendaraan, apalagi sepeda motor yang masih baru sangat diperlukan, agar tetap awet dan performa mesin tetap oke.