Sebelum 2024, Bupati Jekek Janjikan Motor Dinas Baru Bagi Kepala Desa

Sebelum 2024, Bupati Joko Sutopo akan membagi-bagikan motor dinas baru bagi seluruh kepala desa di Wonogiri

 Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (berdiri di mimbar) saat memberi pengarahan kepada Kepala Desa dalam rangka Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintah Desa di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Kamis (23/6/2022). Acara tersebut dihadiri perwakilan 251 desa di Kabupaten Wonogiri. (Solopos/Luthfi Shobri Marzuqi)

SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (berdiri di mimbar) saat memberi pengarahan kepada Kepala Desa dalam rangka Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintah Desa di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Kamis (23/6/2022). Acara tersebut dihadiri perwakilan 251 desa di Kabupaten Wonogiri. (Solopos/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI–Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (Jekek), memastikan bakal mendistribusikan sepeda motor baru kepada kepala desa sebelum 2024.

Hal itu diungkapkannya di pengujung acara pengarahan menyoal penyelenggaraan pemerintah desa, yang dilaksanakan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Kabupaten Wonogiri, Kamis (23/6/2022).

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Pernyataan itu adalah jawaban atas harapan dari Kepala Desa Krandegan, Kecamatan Bulukerto, Purwanto, yang hadir pada kegiatan itu.

Sebenarnya, sebelum berharap mendapat kendaraan dinas baru, Purwanto mengharapkan adanya tunjangan pensiun bagi kepala desa. Namun hal itu tak bisa langsung terpenuhi karena tersendat regulasi.

“Karena jelas gagal, kami ingin jawaban oleh-oleh yang ngayem-ngayemi dari Pak Bupati. Posisinya dengan harapan dapat meningkatkan pelayanan masyarakat di tingkat desa. Karena kendaraan dinas sudah tidak layak dan itu tidak perlu payung hukum, sing penting di APBD [Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah] ada, tolong sebelum Pak Bupati purna tugas, agar dapat membeli kendaraan dinas buat desa,” harapnya.

Baca Juga: Libur Tahun Baru, Ratusan Kendaraan Dinas Pemkot Solo Dikandangkan

Penyampaian Purwanto sontak memeriahkan suasana di Pendapa Rumah Dinas Bupati Kabupaten Wonogiri.

Mayoritas peserta yang merupakan perwakilan 251 desa di Kabupaten Wonogiri, bertepuk tangan karena setuju sembari tertawa seusai mendengar harapan Purwanto.

Kendati demikian, harapan itu langsung dijawab Bupati Jekek.

Ia mengaku telah melakukan penghitungan anggaran. Untuk menganggarkan sepeda motor baru bagi kepala desa, kata dia, kira-kira membutuhkan anggaran senilai Rp7 miliar.

Ia memastikan pnganggaran sepeda motor dinas yang baru, bakal diadakan pada perencanaan APBD 2023 mendatang.

Baca Juga: Pemkab Wonogiri Genjot Capaian Vaksinasi Booster

“Sebelum 2024, saya pastikan sepeda motor kepala desa baru. Akan kami alokasikan APBD untuk sepeda motor untuk meningkatkan kinerja kepala desa yang lebih profesional,” ucap Jekek.

Saat menerangkan jawabannya, ia seringkali menyebut kata “Sebelum 2024”.

Dalam catatan Solopos.com, kata itu dikatakan Jekek sebanyak delapan kali.

Namun terkait seringnya menyebut kata “Sebelum 2024”, Solopos.com belum mendapat alasannya secara jelas. Meski demikian, Jekek menerangkan bahwa pengadaan sepeda motor dinas baru bagi kepala desa merupakan aspirasi yang sudah timbul sejak 2019.

Karenanya ia merasa yakin merencanakan anggaran yang dibutuhkan senilai Rp7 miliar.

Baca Juga: Pemkab Wonogiri Minta Petani Tak Lagi Andalkan Pupuk Subsidi, Kenapa?

“Aspirasinya 2019 akhir, karena usianya sudah 10 tahun lebih kendaraan dinasnya. Angkanya sudah oke, Rp7 miliar, udah akan kami realisasi kena Covid-19. Ditunda lagi dan sekarang muncul lagi. Kinerja yang paling berat itu kan stabilitas kamtibmas [keamanan dan ketertiban masyarakat], beliau-beliau [kepala desa/lurah] yang bertanggungjawab. Kami saat ini fokus di kepala desa,” jelasnya.

Mendengar jawaban Jekek, Kepala Desa Krandegan, Purwanto, mengaku puas.

Sebab selama ini ia mengaku butuh kendaraan dinas baru untuk menunjang kinerjanya sebagai kepala desa.

Saat ini, sepeda motor dinas yakni Honda Supra. “Saya menjabat kali pertama kira-kira 2006 kalau enggak salah. Sampai sekarang udah berapa tahun itu umurnya,” imbuh Purwanto saat ditemui wartawan seusai acara, Kamis.

Sepeda motor dinas yang baru ia nilai penting. Sebab, kondisi sepeda motornya saat ini dinilai sudah tak layak.

“Kalau kendaraan dinasnya loyo kami nanti saat ke lapangan kurang maksimal kinerjanya. Saya enggak minta kendaraan barunya berjenis apa, tapi yang penting pelat merah dan aset daerah,” ujarnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

+ PLUS Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

Garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Tengah menyempit masuk lebih ke dalam membentuk lekukan (indentasi) dibandingkan dengan garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Barat dan Jawa Timur diduga merupakan hasil pertemuan sepasang sesar mendatar besar yang saling berlawanan arah.

Berita Terkini

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini: Tanpa Potensi Hujan

Prakiraan cuaca di Sagen hari ini, Jumat (1/7/2022) akan sama seperti kemarin. Cuaca berawan mendominasi tanpa ada potensi turun hujan.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Lebih Bersahabat

Cuaca cerah berawan akan menemani Anda, warga di Karanganyar, mengawali  Jumat (1/7/2022) pagi ini. Tak perlu khawatir akan turun hujan karena prakiraan cuaca Karanganyar hari ini akan didominasi berawan.

Hari Ini Cerah Berawan, Cek Prakiraan Cuaca Sukoharjo Jumat 1 Juli 2022

Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo hari Jumat (1/7/2022) yang tersaji secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Solo 1 Juli: Cerah Berawan, Waspada Angin Dari Timur

Cuaca Kota Solo hari ini, Jumat (1/7/2022), berdasarkan prakiraan BMKG Solo akan berawan dan cerah berawan.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini 1 Juli 2022: Cerah Berawan Ada Hujan

Simak prakiraan cuaca wilayah Boyolali hari Jumat (1/7/2022) dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Jumat Ini: Cerah Berawan Pagi

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 1 Juli 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Berawan Pagi-Malam

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 1 Juli 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Pedagang Tak Tahu Pasar Jongke-Kabangan Digabung, Ini Kata Disdag Solo

Dinas Perdagangan Kota Solo belum melakukan sosialisasi secara menyeluruh mengenai rencana penggabungan Pasar Jongke-Kabangan.

Penuhi Kebutuhan PLTSa Putri Cempo, DLH Solo Siap Impor Sampah 10 Tahun

DLH Solo saat ini tengah berdiskusi dengan pemerintah daerah sekitar mengenai rencana impor sampah untuk memenuhi kebutuhan PLTSa Putri Cempo yang akan beroperasi Desember 2022.

Mobil Meluncur ke Jurang di Boyolali Sempat Terbang dan Tabrak Pohon

Video tentang mobil berwarna merah yang hilang kendali di sebuah jalan turunan hingga akhirnya terjun ke jurang viral di media sosial.

Heboh, Gubernur Ganjar Diserbu Emak-Emak Saat Kunjungi Sukoharjo 

Gubernur Ganjar datang ke Sukoharjo untuk memantau pelaksanaan vaksinasi PMK pada hewan ternak.

Ada Kecamatan Tak Punya SMA Negeri Di Solo, Ombudsman Bilang Begini

Ombudsman RI menyoroti tidak adanya SMA negeri di Pasar Kliwon saat kunjungan ke Kota Solo, meminta Pemprov Jateng segera mencari solusi.

Bawang Merah Langka, Pengepul Luar Kota Datangi Petani di Selo Boyolali

Kelangkaan bawang merah terjadi karena para petani bawang merah mengalami gagal panen.

Polemik Holywings, Apa Pengaruhnya ke Pembangunan Holywings Solo Baru?

Holywings Solo Baru dibangun oleh PT Alpha Solo Berjaya yang menyewa lahan seluas 1.500 meter persegi di sisi timur The Park Mall Solo Baru.

Uji Coba PLTSa Putri Cempo Solo: Jenis Sampah Ini Tidak Bisa Diolah

Sampah basah sehabis hujan sempat menjadi kendala saat uji coba PLTSa di TPA Putri Cempo, Mojosongo, Solo, yang dimulai Selasa (28/6/2022).

3 Penganiaya Nasabah Bank Plecit Wonogiri Divonis 5 Bulan Penjara

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Wonogiri memvonis lima bulan penjara kepada tiga terdakwa kasus penganiayaan kepada nasabah bank plecit di Kabupaten Wonogiri, Kamis (30/6/2022).