Sebelum 2024, Bupati Jekek Janjikan Motor Dinas Baru Bagi Kepala Desa

Sebelum 2024, Bupati Joko Sutopo akan membagi-bagikan motor dinas baru bagi seluruh kepala desa di Wonogiri

 Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (berdiri di mimbar) saat memberi pengarahan kepada Kepala Desa dalam rangka Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintah Desa di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Kamis (23/6/2022). Acara tersebut dihadiri perwakilan 251 desa di Kabupaten Wonogiri. (Solopos/Luthfi Shobri Marzuqi)

SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (berdiri di mimbar) saat memberi pengarahan kepada Kepala Desa dalam rangka Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintah Desa di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Kamis (23/6/2022). Acara tersebut dihadiri perwakilan 251 desa di Kabupaten Wonogiri. (Solopos/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI–Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (Jekek), memastikan bakal mendistribusikan sepeda motor baru kepada kepala desa sebelum 2024.

Hal itu diungkapkannya di pengujung acara pengarahan menyoal penyelenggaraan pemerintah desa, yang dilaksanakan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Kabupaten Wonogiri, Kamis (23/6/2022).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Pernyataan itu adalah jawaban atas harapan dari Kepala Desa Krandegan, Kecamatan Bulukerto, Purwanto, yang hadir pada kegiatan itu.

Sebenarnya, sebelum berharap mendapat kendaraan dinas baru, Purwanto mengharapkan adanya tunjangan pensiun bagi kepala desa. Namun hal itu tak bisa langsung terpenuhi karena tersendat regulasi.

“Karena jelas gagal, kami ingin jawaban oleh-oleh yang ngayem-ngayemi dari Pak Bupati. Posisinya dengan harapan dapat meningkatkan pelayanan masyarakat di tingkat desa. Karena kendaraan dinas sudah tidak layak dan itu tidak perlu payung hukum, sing penting di APBD [Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah] ada, tolong sebelum Pak Bupati purna tugas, agar dapat membeli kendaraan dinas buat desa,” harapnya.

Baca Juga: Libur Tahun Baru, Ratusan Kendaraan Dinas Pemkot Solo Dikandangkan

Penyampaian Purwanto sontak memeriahkan suasana di Pendapa Rumah Dinas Bupati Kabupaten Wonogiri.

Mayoritas peserta yang merupakan perwakilan 251 desa di Kabupaten Wonogiri, bertepuk tangan karena setuju sembari tertawa seusai mendengar harapan Purwanto.

Kendati demikian, harapan itu langsung dijawab Bupati Jekek.

Ia mengaku telah melakukan penghitungan anggaran. Untuk menganggarkan sepeda motor baru bagi kepala desa, kata dia, kira-kira membutuhkan anggaran senilai Rp7 miliar.

Ia memastikan pnganggaran sepeda motor dinas yang baru, bakal diadakan pada perencanaan APBD 2023 mendatang.

Baca Juga: Pemkab Wonogiri Genjot Capaian Vaksinasi Booster

“Sebelum 2024, saya pastikan sepeda motor kepala desa baru. Akan kami alokasikan APBD untuk sepeda motor untuk meningkatkan kinerja kepala desa yang lebih profesional,” ucap Jekek.

Saat menerangkan jawabannya, ia seringkali menyebut kata “Sebelum 2024”.

Dalam catatan Solopos.com, kata itu dikatakan Jekek sebanyak delapan kali.

Namun terkait seringnya menyebut kata “Sebelum 2024”, Solopos.com belum mendapat alasannya secara jelas. Meski demikian, Jekek menerangkan bahwa pengadaan sepeda motor dinas baru bagi kepala desa merupakan aspirasi yang sudah timbul sejak 2019.

Karenanya ia merasa yakin merencanakan anggaran yang dibutuhkan senilai Rp7 miliar.

Baca Juga: Pemkab Wonogiri Minta Petani Tak Lagi Andalkan Pupuk Subsidi, Kenapa?

“Aspirasinya 2019 akhir, karena usianya sudah 10 tahun lebih kendaraan dinasnya. Angkanya sudah oke, Rp7 miliar, udah akan kami realisasi kena Covid-19. Ditunda lagi dan sekarang muncul lagi. Kinerja yang paling berat itu kan stabilitas kamtibmas [keamanan dan ketertiban masyarakat], beliau-beliau [kepala desa/lurah] yang bertanggungjawab. Kami saat ini fokus di kepala desa,” jelasnya.

Mendengar jawaban Jekek, Kepala Desa Krandegan, Purwanto, mengaku puas.

Sebab selama ini ia mengaku butuh kendaraan dinas baru untuk menunjang kinerjanya sebagai kepala desa.

Saat ini, sepeda motor dinas yakni Honda Supra. “Saya menjabat kali pertama kira-kira 2006 kalau enggak salah. Sampai sekarang udah berapa tahun itu umurnya,” imbuh Purwanto saat ditemui wartawan seusai acara, Kamis.

Sepeda motor dinas yang baru ia nilai penting. Sebab, kondisi sepeda motornya saat ini dinilai sudah tak layak.

“Kalau kendaraan dinasnya loyo kami nanti saat ke lapangan kurang maksimal kinerjanya. Saya enggak minta kendaraan barunya berjenis apa, tapi yang penting pelat merah dan aset daerah,” ujarnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Indonesia Butuh Cetak Biru Pedagogi Digital

      + PLUS Indonesia Butuh Cetak Biru Pedagogi Digital

      Indonesia membutuhkan cetak biru pedagogi digital. Kebutuhan ini urgen berdasarkan pengalaman penyelenggaraan pendidikan pada masa pandemi Covid-19. Pandemi kini telah masuk tahun ketiga.

      Berita Terkini

      Pengumuman Penting! CFS Wonogiri 14 Agustus 2022 Ditiadakan

      Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri memutuskan untuk sementara waktu meniadakan car free sunday (CFS), Minggu (14/8/2022).

      Solo Batik Carnival Bakal Kembali Digelar, Kali Ini di 2 Dunia

      Solo Batik Carnival (SBC) akan kembali digelar di Kota Solo setelah dua tahun terhenti. SBC kali ke-13 ini akan digelar pula di dunia maya melalui aplikasi Kotamaya.

      Sejarah Wonorejo Sukoharjo, Desa Pelosok Kediaman Guru Ngaji PB IV

      Desa Wonorejo, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, konon kabarnya telah ada sejak masa pemerintahan Raja Ketiga Keraton Kasunanan Surakarta, Sri Susuhunan Paku Buwana (PB) IV atau yang kerap disapa Sunan Bagus.

      Kejar Momen Akhir Tahun, Proyek TSTJ Digeber Agar Bisa Buka 23 Desember

      Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo berupaya agar sudah bisa kembali beroperasi sebelum Natal tahun ini. TSTJ Solo mulai ditutup pada September 2022.

      Catat! Aturan Wajib Nonton Padi Reborn di Alun-Alun Wonogiri Malam Ini

      Penyelenggara konser Padi Reborn di Alun-alun Wonogiri merilis aturan menonton konser melalui akun instagram resmi mereka @Seven.co.pro.

      BPBD Sragen Imbau Warga Waspadai Cuaca Ekstrem

      Cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang dan petir diprediksi terjadi merata di semu wiayah di Sragen. BPBD mengimbau warga untuk waspada.

      1.500 Peserta Meriahkan Gowes Wonogiri, Doorprize Sepeda jadi Incaran

      Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menggelar fun bike  bertajuk Gowes Nyawiji yang diikuti sedikitnya 1.500 peserta dari berbagai daerah di Wonogiri, Sabtu (13/8/2022) pagi.

      Bakal Jadi Ikon Wisata Konservasi Jateng, TSTJ Solo Direvitalisasi

      Proyek revitaliasi Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo dimulai dengan acara groundbreaking pada Sabtu (13/8/2022). Dalam proyek ini, TSTJ menggandeng Taman Safari Indonesia.

      Seru! Ratusan Murid SMK di Boyolali Ikuti Seminar Motivasi Pascapandemi

      SMK Karya Nugraha Boyolali mengadakan acara seminar motivasi dalam rangka menumbuhkan semangat belajar siswa pascapandemi.

      Cocok buat Liburan, 4 Hotel Murah dan Nyaman di Selo Boyolali

      Ulasan beberapa hotel di wilayah Selo Boyolali yang layak dikunjungi berdasarkan hasil review local guide di Google Maps.

      Kenalkan Empat Lurah Baru yang Dilantik Wali Kota Solo

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta para lurah yang dilantik untuk berhati-hati.

      Cara & Syarat Nobar Pengabdi Setan 2 di Bioskop Tua Singosaren Solo

      Berikut ini terdapat cara dan syarat untuk nobar film Pengabdi Setan 2: Communion di bioskop tua Plaza Matahari Singosaren Solo, besok, Minggu (14/8/2022).

      Jelang Pentas Ketoprak "Brandall Sukowati", Sutradara Kasih Bocoran

      Sutradara ketoprak menyebutkan adanya kekeliruan dalam pemaknaan brandal. Pentas ketoprak nanti malam akan meluruskan pemahaman yang kurang pas soal brandal.

      Ini Pesan Terakhir Pegawai Dishub Sragen yang Laka Saat Kawal Pejabat

      Pegawai Dishub Sragen yang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas saat mengawal pejabat Pemkab, sempat menuliskan status WA.

      Inilah Pejabat Pemkot yang Dilantik, 2 Lurah Berusia 31 Tahun

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melantik pejabat eselon termasuk dua lurah yang masih berusia 31 tahun.