SOLOPOS.COM - Ilustrasi Corona (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SOLO — Setiap daerah kini waspada dalam melawan virus corona atau Covid 19, termasuk di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng). Melalui laman informasi resmi virus corona dari Pemkab Karanganyar, covid19.karanganyarkab.go.id, sebanyak 32 orang dalam pemantauan (ODP) corona dan tiga pasien dalam pengawasan (PDP).

Hingga Rabu (25/3/2020) tidak ada pasien yang dinyatakan positif virus corona di Karanganyar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sang Ibu Meninggal, Presiden Jokowi Tetap Ikuti KTT G-20 di Jakarta

Adapun 32 ODP dan 3 PDP corona tersebar di berbagai kecamatan di Karanganyar. Berikut data sebaran ODP & PDP corona di Karanganyar yang Solopos.com pantau di situs resmi Covid19 Pemkab Karanganyar, Kamis (26/3/2020).

1. Colomadu 3 ODP & 1 PDP
2. Gondangrejo 1 ODP
3. Jaten 4 ODP
4. Kebakkramat 4 ODP & 1 PDP
5. Mojogedang 2 ODP
6. Tasikmadu 2 ODP
7. Karanganyar 3 ODP
8. Karangpandan 3 ODP
9. Matesih 4 ODP
10. Jatiyoso 3 ODP
11. Jumapolo 3 ODP & 1 PDP

1.200 Personel Gabungan Amankan Pemakaman Ibu Jokowi

Sementara itu, sebanyak enam kecamatan lainnya, yakni Kecamatan Tawangmangu, Jumantono, Jatipuro, Ngargoyoso, Jenawi, Kerjo masih bebas dari ODP & PDP corona.

Lawan Corona

Untuk menghentikan persebaran atau penularan virus corona antar manusia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menerapkan beberapa kebijakan yang meliputi meliburkan sekolah, meniadakan car free day (CFD), dan juga menyediakan wastafel atau tempat cuci tangan di berbagai fasilitas umum.

Minuman Soda Badak: Legendaris dengan Sensasi "Menggigit"

Berbagai upaya pencegahan juga dilakukan oleh Satpol PP Karanganyar dengan cara membagikan sekitar 400 gelas jamu yang dinamakan Jamu Jokowi kepada masyarakat di Taman Pancasila Karanganyar, Minggu (22/3/2020).

Plt. Kepala Satpol PP Karanganyar, Yopi Eko Jati Wibowo, mengatakan Jamu Jokowi dinamai lantaran bahan-bahan yang digunakan sama dengan jamu yang diberikan Jokowi kepada tiga pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh beberapa waktu lalu. Jamu tersebut menurutnya dibuat sendiri oleh personel Satpol PP Karanganyar dan dibagikan secara gratis kepada masyarakat yang ada di Taman Pancasila.

Gubernur Ganjar Pranowo Kenang Ibu Presiden Jokowi Sebagai Teladan Kerendahan Hati

“Jamunya dari empon-empon bahannya. Sama dengan yang diberikan Pak Jokowi, itu kenapa kami menyebutnya Jamu Jokowi," ucap dia kepada Solopos.com, Minggu (22/3/2020).

"Kami mulai standby dari pukul 15.00 WIB dan jamu sudah siap dibagikan sekitar pukul 16.00 WIB. Kami membagikan jamu itu sambil sosialisasi kepada masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran covid-19,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya