SOLOPOS.COM - Sebaiknya jangan memakai kaus kaki sempit ya (ilustrasi/freepik)

Solopos.com, SOLO – Memakai kaus kaki yang sempit dapat menimbulkan berbagai masalah pada kaki. Kaus kaki yang sempit bisa juga membuat kurang nyaman dan bila diteruskan dalam waktu yang lama akan menimbulkan berbagai masalah pada kaki.

Oleh karena itu, kalian harus teliti dalam memilih kaus kaki agar tidak terlalu ketat saat digunakan pada kaki.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meskipun terkesan sepele, penggunaan kaus kaki yang sempit dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Berikut sederet dampak buruk akibat memakai kaus kaki sempit seperti dilansir dari Liputan6.com, Rabu (11/11/2020).

Waspada, Ini Dampak Buruk Kesepian Bagi Kesehatan Tubuh

Mengganggu sirkulasi darah

Penggunaan kaus kaki yang terlalu ketat dapat menghambat aliran darah. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah tertekan oleh jaringan di sekitarnya. Akibatnya, aliran darah dapat membuat kaki menjadi terasa tidak nyaman dan menimbulkan nyeri karena oksigen dalam aliran darah tidak dapat sampai ke jaringan.

Meningkatakan risiko varises

Terhambatnya aliran darah akibat penggunaaan kaus kaki yang sempit dapat meningkatkan risiko varises. Selain itu, hal ini dapat memperparah kondisi seseorang yang sudah terkena penyakit tersebut. Itulah sebabnya kalian dilarang menggunakan kaus kaki dan sepatu yang terlalu ketat dalam waktu yang lama.

Kaki mati rasa

Dampak buruk memakai kaus kaki yang terlalu sempit juga dapat menyebabkan mati rasa. Hal ini merupakan kelanjutan dari terhambatnya aliran darah yang jika dibiarkan, kaki akan terasa mati rasa. Agar terhindar dari kondisi ini, kalian harus benar-benar memperhatikan ukuran saat menggunakan kaus kaki. Jika, kaki mulai terasa tidak nyaman, sebaiknya segera lepaskan kaus kaki.

Merokok Picu Risiko Covid-19, Ini Penjelasan Ahli

Kaki bengkak

Kaki bengkak yang dalam istilah medis disebut dengan merupakan adalah efek samping lainnya dari menggunakan kaus kaki yang sempit. Hal ini terjadi karena akumulasi cairan yang tidak terdistribusi dengan lancar di seluruh bagian kaki.

Menyebabkan iritasi kulit

Memakai kaus kaki yang terlalu ketat juga dapat menyebabkan iritasi kulit. Hal ini mulanya hanya meninggalkan bekas saja pada kulit. Namun, bagi beberapa orang, memakai kaus kaki sempit dapat menyebabkan iritasi, sehingga kulit akan terlihat kemerahan dan bahkan terasa gatal. Tentunya, Kondisi ini sangat tidak nyaman dan mengganggu.

Muncul mata ikan

Mata ikan adalah kondisi ketika kulit mengalami penebalan akibat adanya tekanan dan gesekan. Salah satu penyebab adalah penggunaan kaus kaki yang tidak tepat. Meski tidak berbahaya, mata ikan dapat mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan kaus kaki yang jahitannya sesuai, tidak terlalu besar ataupun terlalu sempit hingga mengakibatkan tekanan atau gesekan.

Infeksi jamur

Infeksi jamur bisa terjadi akibat penggunaan kaus kaki yang ketat dan umumnya terjadi di antara jari jempol dan telunjuk kaki. Penggunaan kaus kaki yang terlalu sempit disertai keringat akibat beraktivitas sehari-hari menyebabkan kulit kaki menjadi lembap sehingga jamu akan bertumbuh. Jadi, pilihlah kaus kaki yang sesuai dengan ukuran kaki kamu agar nyaman dan tidak berbahaya bagi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya