Pimpinan Universitas Negeri Semarang menjelaskan pelaksanaan ujian seleksi mandiri di perguruan tinggi tersebut, Minggu (21/7/2019). (Antara-Unnes)

Semarangpos.com, SEMARANG — Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggelar ujian seleksi mandiri, Minggu-Senin (21-22/7/2019). Tak kurang dari 12.322 calon mahasiswa mengikuti ujian masuk perguruan tinggi tersebut. Sebagian di antara ujian mandiri itu masih berbasis cetak.

Rektor Unnes Fathurrahman mengatakan dari 21.658 pendaftar terdapat 12.322 calon mahasiswa baru yang mengikuti ujian. Ujian untuk jalur mandiri terbagi menjadi dua, yakni ujian berbasis komputer (UBK) dan ujian berbasis cetak (UBC).

"Ada sekitar seribu komputer yang digunakan untuk peserta ujian berbasis komputer yang berlokasi di kampus Unnes," katanya di Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (21/7/2019).

Peserta ujian tertulis menempati lokasi yang tersebar di 23 titik. Pada hari kedua, Senin (22/7/2019), dilaksanakan ujian keterampilan bagi calon mahasiswa yang mengambil jurusan seni dan olahraga.

Pada ujian tahun ini, lanjut dia, ada sedikit perbedaan tentang materi soal yang diujikan. Dalam soal ujian juga terdapat materi yang berkaitan dengan konservasi, wawasan kebangsaan, serta antikorupsi.

"Mulai masuk Unnes sudah diberi pendidikan antikorupsi," kata pimpinan perguruan tinggi negeri yang kerap dikaitkan dengan isu plagiasi itu.

Kuota mahasiswa yang nantinya diterima dari jalur seleksi mandiri, kata dia, akan mencapai 30% dari total 7.205 kursi yang disediakan. Hasil ujian seleksi mandiri akan diumumkan pada 30 Juli 2019 melalui laman www.unnes.ac.id.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten