SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO--Sebagian orang mungkin mempunyai begitu banyak hal dan kebiasaan yang lakukan sebelum tidur. Salah satunya ialah dengan menggesekkan kaki di tempat tidur.

Mungkin tak sedikit dari kalian yang kerap melakukannya dan berpikir ini hanyalah kebiasaan yang tak berlandasan. Tetapi, rupanya ada beberapa alasan mengapa orang kerap melakukan hal tersebut, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Murah Dan Akurat, Ini Fakta GeNose Alat Deteksi Covid-19 Buatan UGM

1. Tanda gangguan tidur

Menggesekkan kaki di tempat tidur mungkin tidak berbahaya. kondisi tersebut disebut gangguan tungkai periodik yang memengaruhi kaki. Hal ini bisa menyebabkan kaki kram dan membuat kalian tersentak berulang kali saat tidur.

Bahkan, ini dapat berdampak negatif pada kalian dan menyebabkan kantuk di siang hari. Apalagi, jika kalian menggerakkan dan menggosok kaki secara ritmis di tempat tidur secara sering.

2. Kondisi medis lain

Jika kalian merasakan sensasi di kaki saat berbaring dan menggosokkan merupakan cara untuk meredakan nyeri, itu bisa berarti kalian mengalami sindrom kaki gelisah atau Restless Leg Syndrome (RLS).

Ini adalah gangguan sensorik neurologis yang membuat kalian tidak bisa beristirahat dengan baik. Kondisi ini menimbulkan dorongan kuat untuk menggerakkan dan menggesekkan kaki. Sensasi tersebut bisa berupa rasa gatal, geli, kesetrum, kesemutan, nyeri, kram, atau seperti ada serangga sedang merayap di bawah kulit.

Hal ini biasanya terjadi ketika penderitanya sedang istirahat, terutama di malam hari, hingga dapat mengganggu waktu dan kualitas tidur Untuk memastikannya, kalian perlu berkonsultasi dengan dokter.

3. Cara menenangkan diri yang tidak disadari

Kulit dikenal sangat sensitif terhadap rangsangan luar. Menggesekkan kaki sebelum tidur, mungkin bisa menjadi hal yang ampuh untuk melepas lelah setelah seharian penuh stres.

Beda dengan Sebelumnya, Wagub Emil Sebut Mekanisme PSBB Jatim Masih Dirumuskan

4. Hanya sebuah kebiasaan

Menggesekkan kaki sebelum tidur mungkin hanyalah sebuah kebiasaan saja dan tak ada kaitannya dengan kondisi medis atau fenomena fisiologis tertentu. Banyak orang benar-benar menggosokkan kaki mereka di tempat tidur tanpa menyadarinya.

Meski pada awalnya, itu terjadi karena salah satu alasan yang disebutkan di atas. Namun, itu juga bisa saja berubah menjadi sebuah kebiasaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya