SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Palembang – Setelah 12 hari tergelar, pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara, SEA Games, edisi ke-26 resmi berakhir pada Selasa (22/11/2011) malam. Tuan rumah Indonesia tampil sebagai juara umum.

Wakil Presiden RI Boediono menghadiri acara penutupan di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, sekaligus menutup secara resmi event ini pada sekitar pukul 19.50 WIB.

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Dalam sambutannya Boediono juga menyinggung insiden tewasnya dua suporter Indonesia dalam pertandingan final sepakbola kemarin malam, dan menyatakan bela sungkawa atas nama pemerintah Indonesia.

Ekspedisi Mudik 2024

Sebelumnya, Ketua Umum KONI/KOI Rita Subowo dan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng juga memberikan sambutan, yang antara lain memberi ucapan selamat kepada kontingan “Merah Putih” yang berhasil keluar sebagai juara umum.

Indonesia berhasil mengumpulkan medali terbanyak dengan rincian 182 emas, 151 perak, dan 143 perunggu. Thailand, juara umum di dua edisi terakhir, berada di urutan kedua dengan 109 emas, 100 perak, dan 120 perunggu. Vietnam menduduki peringkat ketiga dengan 96 emas, 92 perak, dan 100 perunggu.

Ini adalah kali pertama Indonesia menjadi kontestan terbaik di SEA Games, setelah menjadi juara umum SEA Games 1997 di Jakarta.

Upacara penutupan berlangsung menarik, antara lain dengan pesta kembang api, tata cahaya, lampu laser dan berbagai atraksi dari para penari, serta parade atlet dari semua kontestan. Sejumlah penyanyi papan atas seperti Agnes Monica, Afgan,Nidji dan  Joy Tobing tampil memeriahan suasana. SEA Games berikutnya akan digelar di Naypyidaw, Myanmar, tahun 2013.

(dtc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya